Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih Manfaat Bawang Putih yang masih jarang diketahui (Foto: pexels/Luca Nardone)

SEBAGIAN orang mungkin tidak suka dengan bawang putih karena berbagai alasan, tetapi kenyataannya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bawang putih di kehidupan sehari-hari. Bawang putih digunakan sebagai bumbu masakan hampir di semua makanan Indonesia, dengan kata lain bumbu dapur yang satu ini wajib ada di dapur rumah. Tak hanya di Indonesia, bawang putih juga menjadi bumbu masakan yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Belakangan banyak keluhan tentang bumbu dapur yang satu ini, hal itu terjadi karena harga bawang putih yang melonjak di pasaran. Ditambah kontroversi tetang impor bawang putih yang dilakukan pemerintah khususnya Kementan, padahal dikabarkan stok bawang putih masih aman.

Baca juga:

Bawang Putih Mahal, Kerugian Konsumen Capai Rp247 Miliar

Terlepas dari hal itu semua, kebutuhan akan bawang putih ternyata tidak hanya digunakan untuk masakan. Banyak orang yang mengambil manfaat lain dari bumbu dapur yang satu ini, termasuk manfaat kesehatannya yang ternyata tidak sedikit. Memang apa saja khasiat dan manfaat bawang putih untuk kesehatan? Melansir beberapa sumber, berikut tujuh di antaranya.

1. Bawang Putih Herbal Anti Kanker

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang Putih sehat bila dimakan dengan sayur (Foto: pexels/Ponyo Sakana)

Bukti nyata yang ditemukan oleh peneliti merupakan kandungan PhIP, jadi bentuk dari amina heterosiklik (HCA), merupakan zat yang memicu kanker payudara bagi perempuan.

Sedangkan, menurut beragam penelitian bahwa zat diallyl sulfida terdapat dalam bawang putih bisa menghambat pertumbuhan juga transformasi PhIP menjadi karsinogen, pada gilirannya itu bisa menyebabkan kanker payudara.

Tetapi kamu juga perlu mengetahui bahwa bawang putih punya zat anti kanker yang sangat efektif, dalam mencegah pertumbuhan sel dari beragam jenis kanker.

2. Rendah Kalori Tinggi Nutrisi

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Banyak orang beli bawang putih karena kalori yang rendah (Foto: pexels/Sunyu Kim)

Bawang putih punya kalori yang sangat rendah, jika dibandingkan dengan nutrisinya. Faktanya, satu ons bawang putih mengandung beberapa gram serat, banyak kalsium dan kalium sebesar 6% dari tunjangan selenium harian yang direkomendasikan. Kamu akan menemukan 15% RDA vitamin C, 17% vitamin B6, dan 23% mangan.

Kamu tak perlu makan bawang putih yang belum dimasak, lebih baik dimasak seperti biasanya dan hal itu bisa menambah dimensi yang berbeda untuk makanan kamu.

3. Membantu Mencegah Penyakit

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang putih mencegah segala penyakit (Foto: pexels)

Bawang putih bisa mencegah kamu dari sakit pilek dan beberapa penyakit lainnya. Menurut studi jika mengonsumsi bawang putih secara teratur atau suplemen bawang putih setiap hari, 63% terkena flu.

Jika kamu kerap pilek atau sering terkena virus, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih. Ini sangat bisa kamu masukkan pada daftar diet kamu dan membuat hidupmu jadi mudah, apalagi di musim dingin.

Baca juga:

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan

4. Ampuh Menangkis Kolestrol Jahat (LDL)

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Selain menangkis kolesterol jahat, bisa membuat kulit lembab (Foto: pexels)

Salah satu hal ajaib dari bawang putih adalah kemampuannya menurunkan kolesterol jahat. Banyak riset yang membuktikan bahwa bawang putih bisa menangkis LDL (kolesterol jahat) pada tubuh secara signifikan sebesar 10-15%. Hal ini tak ada efeknya untuk HDL, jadi kamu tetap sehat.

Produksi insulin dengan mengonsumsi bawang putih, sama dengan manfaat kopi yang harus dikonsumsi secara bijak. Meningkatkan insulin mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Bawang Putih untuk Detoksifikasi

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang putih yang tak diragukan khasiatnya (Foto: pexels)

Dari sekian banyak manfaat kesehatan bawang putih, ternyata bisa digunakan untuk detoksifikasi. Metode yang penting untuk dilakukan semua orang yaitu membersihkan tubuh dari racun.

Faktanya bawang putih mengandung berbagai senyawa yang mengandung belerang dan dikenal untuk mengaktifkan enzim hati yang bertanggung jawab mengusir racun dari tubuh. Jangan lupa allicin dan selenium, dua nutrisi yang punya peran dalam melindungi kerusakan hati.

Menurut studi yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research, jika satu sendok teh bawang putih dan setengah cangkir bawang per hari bisa mengeluarkan racun dalam sel darah. Karena meningkatnya produksi untuk menghapus enzim.

6. Bawang Putih Efektif untuk Kecantikan Kulit

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang Putih untuk Kecantikan Kulit (Foto: papasemar)

Bawang putih juga bisa membersihkan komedo yang muncul didaerah hidung dan mengganggu penampilan, bisa menghilangkan noda bekas luka, dan bisa menjadi obat jerawat.

7. Mencegah Dimensia dan Alzheimer

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang putih untuk mencegah penuaan dini (Foto: aryantoherbal)

Jangan ragukan suplemen bawang putih yang sudah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, juga sangat signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat lainnya yakni bisa mengurangi kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan bisa membantu mencegah penyakit alzheimer dan demensia.

Nah, apakah kamu masih takut untuk mengonsumsi bawang putih setelah tahu tentang manfaatnya? Yuk coba perlahan! (Bfm)

Baca juga:

Cara Kilat Turunkan Kolesterol: Makan Bawang Putih



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH