Cara Kilat Turunkan Kolesterol: Makan Bawang Putih Bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. (foto: pixabay/stevepb)

SETELAH menyantap berbagai olahan daging saat Hari Raya Idul Adha, enggak sedikit orang yang mengalami lonjakan kadar kolestrol. Konsumsi daging merah yang berlebih memang rentan membuat kolesterol melonjak.

Meskipun begitu, kamu enggak perlu buru-buru mengonsumsi obat penurun kolesterol. Ada beberapa bahan alami kok yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterolmu. Salah satunya bawang putih.

BACA JUGA: Ini nih Kaitan antara Kolesterol Tinggi dan Daging Kambing

Seperti dilansir Hellosehat, bawang putih atau yang dikenal dengan nama latin Allium sativum sudah dikenal sejak era 1500 sebelum Masehi sebagai obat herbal dan bumbu masakan. Bahkan sejak dulu, banyak yang menganggap bahwa bawang putih bisa dijadikan obat sakit jantung. Dipercaya, makan bawang putih bisa menurunkan kolesterol yang menyebabkan berbagai penyakit jantung.

Sebuah penelitian menemukan manfaat makan bawang putih terhadap kesehatan jantung dan kadar kolesterol. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa orang yang rutin makan bawang putih memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah ketimbang yang menghindari bawang putih.

veal
Jangan ragu menambahkan bawang putih ke dalam masakanmu. (foto: pixabay/couleur)

Tak hanya kolesterol, bawang putih juga menurunkan tekanan darah. Selain itu, bumbu masakan ini mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berlebihan. Para ahli menyebut bahwa bawang putih memiliki zat yang menghambat kerja hormon angiotensin II.

Hormon angiotensin II berfungsi membuat pembuluh darah menyempit sehingga membuat aliran darah tak lancar dan tekanan darah pun meningkat. Jika kerja hormon tersebut dihambat, tekanan darah akan perlahan-lahan turun dan kembali normal.

Selain itu, bawang putih juga merangsang pelebaran ukuran pembuluh darah, jadi tak akan membuat tekanan darah meningkat.

Agar khasiatnya lebih terasa, disarankan untuk mengonsumsi bawang putih secara teratur. Kamu bisa menambahkan bawang ini ke dalam masakan yang kamu bikin.(*)

BACA JUGA: Daging Kambing Baik untuk Penambah Darah saat Anemia



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH