Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan Bawang putih bagus untuk kesehatan. (Foto: Pixabay/pameladebutler)

HAMPIR semua menu masakan di wilayah Asia menggunakan bawang putih. Salah satu bumbu wajib ini memang dapat meningkatkan cita rasa. Tetapi sayangnya banyak orang yang menghindar dari bawang putih karena dapat membuat mulut mengeluarkan aroma tidak sedap. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari healthline.com, bawang putih ternyata biasa digunakan sebagai obat-obatan medis sejak zaman dahulu. Hanya saja kamu seringkali tidak menyadarinya. Bawang putih bahkan disebut-sebut sebagai salah satu antibiotik alami paling ampuh dan aman dikonsumsi oleh tubuh dalam jumlah banyak. Terdapat zat alami di dalamnya yang bekerja sebagai antimikroba. Yuk simak manfaatnya untuk kesehatan.

Baca juga:

5 Obat Herbal Atasi Kolesterol Tinggi

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan
Konsumsi bawang putih untuk turunkan tekanan darah. (Foto: Pixabay/qimono)

Tidak perlu pusing lagi jika tekanan darah sedang tinggi. Selain menjaga pola makan yang sehat, bawang putih bisa dijadikan obat andalanmu dalam menstabilkan tekanan darah.

Dalam dunia medis pun bawang putih digunakan sebagai obat hipertensi generik. Kamu bisa mengkonsumsinya secara mentah atau dikeringkan terlebih dahulu.

2. Kesehatan Jantung

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan
Bawang putih membersihkan arteri koroner. (Foto: Pixabay/geralt)

Bawang putih mampu menurunkan kadar kalsium di dalam arteri koroner. Sifat tersebut akan menurunkan risiko kolesterol dan penyakit jantung. Sehingga sangat wajar jika kamu diwajibkan mengkonsumsi bawang putih setelah mengkonsumsi berbagai jenis daging berlemak.

Baca juga:

Cara Kilat Turunkan Kolesterol: Makan Bawang Putih

3. Kesehatan Kulit

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan
Menunjang produksi kolagen. (Foto: Pixabay/mjps)

Masalah jerawat memang sudah menjadi musuh utama hampir semua orang. Di usia tertentu jerawat akan muncul sebagai akibat dari perubahan hormon dalam tubuh manusia. Kabar buruknya dalam beberapa kasus jerawat tersebut bertahan hingga tahunan.

Kamu tidak perlu khawatir lagi karena bawang putih ternyata bisa menyelesaikan masalah tersebut. Kandungan allicin di dalamnya bekerja sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin C yang bisa mengurangi produksi minyak di dalam kulit wajah dan meningkatkan produksi kolagen.

4. Mengobati Flu

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan
Bawang putih mengandung antivirus yang dapan menyembuhkan berbagai penyakit. (Foto: Pixabay/sweetlouise)

Karena mengandung antivirus, bawang putih sangat ampuh menyembuhkan penyakit ringan seperti batuk, pilek, dan flu. Kamu tidak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan kimia yang keras. Bawang putih juga bisa menjaga imun sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. (mar)

Baca juga:

3 Cara Alami Mengatasi Mata Bintitan dengan Cepat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH