Dilarang Tukar Pakai! Bahkan dengan Teman Dekat Beberapa barang pribadi jangan sampai dipakai orang lain karena terkait kesehatan. (Foto: Pixabay/AllNikArt)

TERKADANG kita kurang memerhatikan dampak buruk yang ditimbulkan saat tukar pakai barang, terutama kalau sama teman dekat. Misalnya untuk kamu perempuan, ada yang terbiasa bertukar pakaian hingga kosmetik.

Nah, berikut 5 barang yang harus kamu perhatikan untuk enggak bertukar pakai, agar kesehatan kamu tetap terjaga.

Baca Juga:

Yuk Tampil Cantik, Berikut Makeup Look yang Sedang Hits


1. Handuk

dampak buruk tukeran barang
Jangan pinjamkan handuk pribadi kamu ya. (Foto: Pixabay/domas)

Ketika ada teman yang menumpang mandi di rumah atau indekosmu, jangan pernah meminjamkan handukmu padanya. Berbagi pakai handuk bisa menjadi media perpindahan berbagai penyakit kulit. Untuk antisipasi, sebaiknya kamu menyediakan handuk khusus untuk tamu.


2. Spons and brush

bahaya tukar pakai barang
Brush dan spons ingin dipinjamkan langsung segera dibersihkan. (Foto: Pixabay/free-photos)

Berbagi spons atau brush bisa menyebabkan perpindahan jerawat, lho. Hal itu karena setiap dari kita memilki tipe jenis kulit berbeda-beda. Jadi, jangan pernah meminjamkan spons dan brush kamu yah, jika kamu tidak mau berjerawat.


3. Sisir

Dampak Buruk Pinjam Barang
Sisir bisa jadi sarana perpindahan kutu ketika ditukar pakai. (Foto: Pixabay/aiacPL)

Mungkin kamu berpikir, tidak ada salahnya berbagi sisir dengan orang lain. Meski tidak menimbulkan penyakit yang serius, berbagi sisir rambut bisa menjadi sarana berpindahnya kutu rambut, ketombe, dan telur kutu yang menempel di sisir. Jadi kamu harus tetap berhati-hati ya. Enggak mau kan punya kutu?

Baca Juga:

Jangan Asal Potong Rambut Kalau Tak Mau Menyesal


4. Underwear

Bahaya Tukeran Banrang
Jangan pinjamkan pakian dalam pribadi kalian. (Foto: Pixabay/stux)

Jangan pernah sesekali berbagi pakaian dalam dengan teman atau sahabatmu. Berbagi pakaian dalam merupakan hal yang fatal, lho. Berbagai penyakit kelamin bisa saja menular kepadamu. Selain itu, agak menggelikan bukan berbagi pakaian dalam dengan orang lain? Untuk itu jangan pernah coba-coba, ya.

5. Sabun batang

Dilarang Tukar Pakai Barang
Hindari pemakaian sabun batang secara bersamaan karena banyak menimbulkan kuman. (Foto: Pixabay/Silviarita)

Benda yang satu ini tidak boleh kamu share dengan orang lain. Hal itu karena kuman dan bakteri yang ada pada tubuh orang tersebut bisa saja berpindah kepadamu. Meski sudah dicuci, tetap saja kuman dan bakteri pada sabun batang tersebut tidak hilang. Jika kamu ingin berbagi pakai dengan temanmu, sebaiknya gunakan sabun cair saja.

Sekarang sudah tahu kan benda apa saja yang sebaiknya gak dipakai bebarengan dengan orang lain? Bahaya! (Iel)

Baca Juga:

Bikin Kurang Percaya Diri, Ini Tips Jitu Menyembunyikan 'Double Chin'


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH