Sedang Langka dan Mahal, Begini Cara Menyimpan Minyak yang Benar Beda minyak, beda car simpannya. (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

KESULITAN mendapatkan minyak goreng, dalam hal ini adalah minyak sawit, membuat kita harus memikirkan ulang cara-cara penghematan. Atau, kamu juga bisa mencari jenis minyak selain sawit untuk memasak.

Bila ingin hemat, tentu minyak untuk memasak harus disimpan dengan benar agar awet. Meskipun tidak sulit untuk disimpan dengan benar, beberapa minyak goreng bisa menjadi tengik jika tidak disimpan di tempat yang tepat di dapur. Dan, penyimpanan yang tepat pun tergantung pada jenis minyak yang kamu gunakan, serta seberapa sering kamu menggunakannya.

Baca Juga:

Tips Membiasakan Jamu Agar Tidak Traumatik

minyak
Satu hal yang tidak boleh kamu lakukan adalah menyimpan minyak di atas kompor. (Foto: freepik.com/bearfotos)

"Dalam hal menyimpan minyak, tidak ada satu aturan yang pas untuk semua. Satu hal yang tidak boleh kamu lakukan adalah menyimpan minyak di atas kompor, di mana minyak terkena panas di dalam wadah terus-menerus," jelas chef tenar dan pendiri dari Chefs Life Oils, Brian Malarkey.

"Minyak zaitun extra virgin, minyak sayur, minyak dari kacang-kacangan, dan minyak kelapa harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap yang juga kering, sebaiknya di dapur yang jauh dari peralatan dan sinar matahari karena paparan panas akan merusak minyak, dan pada gilirannya, bisa membuat mereka tengik," ujarnya seperti dituliskan dalam Real Simple.

Minyak goreng tengik tidak hanya membuat rasa masakan tidak enak, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan, kata Aysegul Sanford, food blogger dan pemilik Foolproof Living.

"Proses [oksidasi] menghasilkan radikal bebas, yang dapat masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan jangka panjang. Untuk mencegah oksidasi, tujuannya adalah untuk membatasi jumlah kelembapan dan udara yang bersentuhan dengan minyak. Wadah kaca atau logam bekerja paling baik, dan stoples kaca sangat bagus karena kedap udara dan mudah digunakan kembali," jelasnya.

Berikut tips dan trik lain tentang cara terbaik menyimpan berbagai jenis minyak untuk memasak.

Baca Juga:

Tips Masak Makanan Sehat Ala Cheft Norman

Minyak zaitun

minyak
Tempat terbaik untuk menyimpan minyak zaitun dengan aman adalah di lemari di tempat yang sejuk dan gelap. (Foto: freepik.com/freepik)

"Kita harus memperlakukan minyak zaitun extra virgin seperti jus buah segar. Minyak yang kita peras dari buah zaitun mudah rusak, dan tidak seperti anggur berkualitas, minyak ini tidak membaik seiring waktu," kata Mary Mori, VP layanan teknis di California Olive Ranch.

Dalam hal menyimpan minyak zaitun (dan minyak goreng apa pun, dalam hal ini), Mori mencatat bahwa ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan. "Ada empat musuh utama minyak goreng: waktu, panas, oksigen, dan cahaya," jelasnya.

"Oksigen dapat menyebabkan kualitas minyak memburuk dari waktu ke waktu, menyebabkan ketengikan, jadi penting untuk selalu mengencangkan tutupnya saat kamu tidak menggunakannya. Juga, saya tidak pernah merekomendasikan untuk memindahkan minyak ke wadah baru atau menggunakan jenis penuang khusus apa pun, karena itu memungkinkan oksigen mulai menurunkan kualitas minyak," Mori menambahkan.

Tempat terbaik untuk menyimpan minyak zaitun dengan aman adalah di lemari di tempat yang sejuk dan gelap.

"Omong-omong tentang cahaya, kami disengaja!" Mori menambahkan. Menurut pro minyak zaitun, rona ini, yang merupakan warna dari banyak botol minyak zaitun yang berbeda, membantu menyaring sinar UV yang merusak. Namun, bahkan dengan filter alami, Mori mencatat bahwa Anda tidak boleh meninggalkan botol minyak zaitun di meja. "Anda dapat dengan aman menyimpannya di lemari dapur Anda untuk memastikan minyak mempertahankan rasa puncaknya," katanya.

Dalam botol khusus berwarna hijau tua, minyak zaitun memiliki umur simpan sekitar dua tahun. Namun, setelah kamu membuka botol minyak zaitun extra virgin, gunakan dalam waktu 30 sampai 60 hari.

Minyak kelapa

minyak
Buang minyak kelapa yang tengik atau busuk dengan ciri-ciri warna kekuningan, tekstur tebal, dan bau asam. (Foto: freepik.com/jcomp)

"Simpan minyak kelapa dalam wadah dengan tutup kedap udara (bisa berupa wadah tempat kamu membelinya, pastikan tutupnya tertutup rapat) di lemari dapur yang jauh dari cahaya," kata Kat Marris, seorang pengembang resep di Green Chef.

"Minyak kelapa sangat tinggi lemak jenuh, yang membuatnya cukup stabil dibanding jenis lain, yang berarti tahan oksidasi dan tengik dengan baik," ujarnya

Marris menambahkan, meskipun kamu dapat mendinginkan minyak kelapa agar tetap segar untuk waktu yang lebih lama, hal itu akan mengubah teksturnya. "Ini akan mengeraskan minyak kelapa. Cara ini sangat ideal jika kamu menggunakannya untuk aplikasi tanpa panggang, tetapi dapat menyulitkan penanganannya. Seperti minyak, udara, cahaya, dan suhu tinggi lain mempercepat proses degradasi, itulah sebabnya saya suka menyimpan minyak kelapa saya dalam lemari yang gelap dan sejuk jauh dari cahaya," dia berbagi.

Buang minyak kelapa yang tengik atau busuk dengan ciri-ciri warna kekuningan, tekstur tebal, dan bau asam atau pahit.

Minyak wijen

minyak
Tidak seperti minyak zaitun, minyak wijen tidak akan mengeras sepenuhnya saat disimpan di lemari es. (Foto: freepik.com/jcomp)

"Saya selalu menyimpan minyak wijen di lemari es untuk membantu memperpanjang umur simpan. Minyak wijen sensitif terhadap panas, cahaya, dan paparan oksigen, tetapi tidak seperti minyak zaitun, minyak wijen tidak akan mengeras sepenuhnya saat disimpan di lemari es," kata Culinary Development Manager EveryPlate Sara Heilman.

"Minyak ini berisiko menjadi tengik jika tidak disimpan dengan benar, dan akan terasa pahit. Saya sarankan untuk menyimpan minyak wijen di dalam botol yang digunakan saat membeli," dia menekankan.

Heilman menambahkan, "Minyak wijen yang tidak dipanggang, khususnya, sangat bagus untuk menumis dan membantu menambahkan rasa yang lebih dalam. Ini juga bagus untuk digunakan sebagai bahan dasar untuk saus salad buatan sendiri. Jika kamu mencari rasa yang lebih intens dan pedas dari rasa, lihat minyak wijen panggang untuk menambahkan rasa di atas hidangan yang sudah jadi, atau cukup gunakan untuk membumbui." (aru)

Baca Juga:

Pentingnya Asupan Yodium untuk Tumbuh Kembang Optimal

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Produser Bloodborne Gabung ke Team Ninja, demi Final Fantasy?
Fun
Produser Bloodborne Gabung ke Team Ninja, demi Final Fantasy?

Sudah pasti akan membuat Final Fantasy terbaru ini menjadi lebih apik untuk dimainkan.

Vidi Aldiano Bikin Galau di Single 'Salam Kenal'
ShowBiz
Vidi Aldiano Bikin Galau di Single 'Salam Kenal'

Vidi Aldiano menyematkan alunan piano di single Salam Kenal.

Cara Merawat Mata Saat Bekerja dari Rumah Menurut Pakar
Fun
Cara Merawat Mata Saat Bekerja dari Rumah Menurut Pakar

Orang-orang harus bisa menjaga keseimbangan waktu antara fokus pada layar dan mengalihkan pandangan dari layar.

PEVS 2022 Tampilkan Inovasi Kendaraan Listrik
Fun
PEVS 2022 Tampilkan Inovasi Kendaraan Listrik

Periklindo Electric Vehicle Hosw (PEVS) 2022 digelar 22-31 Juli.

Kanye West Dilarang Tampil di Grammy Awards 2022
ShowBiz
Kanye West Dilarang Tampil di Grammy Awards 2022

Kanye West dikeluarkan dari daftar penampil untuk Grammy Awards 2022.

Skutik Baru Bergaya Supermoto
Fun
Skutik Baru Bergaya Supermoto

Yamaha Jepang belum lama ini meluncurkan sebuah skuter matic baru bergaya Supermoto

Menunggu Ferrari Melepas Mobil Listrik Pertamanya
Fun
Menunggu Ferrari Melepas Mobil Listrik Pertamanya

Ferrari memiliki rencana melepas mobil listrik pertamanya.

Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Cukup Pada Satu Pasangan
Fun
Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Cukup Pada Satu Pasangan

Psikologis orang yang tidak cukup dengan satu pasangan

Tsunami Setinggi 80 Meter Menghantam Maluku
Fun
Tsunami Setinggi 80 Meter Menghantam Maluku

Peristiwa yang disembunyikan oleh VOC.

Tarsok Sampai Pakaian Numpuk Ternyata Enggak Baik Bagi Kesehatan
Hiburan & Gaya Hidup
Tarsok Sampai Pakaian Numpuk Ternyata Enggak Baik Bagi Kesehatan

Terus, apakah lihat pakaian kotor numpuk jadi ingin segera cuci?