Saba Mackerel, Salah Satu Ikan Paling Sehat dan Terjangkau

annehsannehs - Rabu, 18 Agustus 2021
Saba Mackerel, Salah Satu Ikan Paling Sehat dan Terjangkau
Shio yaki. (Foto Favy.jp)

KETIKA mengunjungi restoran ala Jepang, mungkin kamu akan familiar dengan hindangan ikan Saba. Ada yang dijadikan sashimi, ada juga yang digoreng dan ditambahkan mayonais dan lemon.

Saba merupakan tipe mackerel yang terkenal manfaat kesehatan yang tinggi, oily, dan gurih. Ikan asal Norwegia ini pun sangat populer di Jepang. Di Negeri Sakura tersebut, Saba Mackerel disajikan dengan berbagai cara mulai dari dimakan mentah-mentah (sashimi), digoreng, dibakar, sampai dikemas ke dalam kaleng.

Kucing pun menyukai ikan Saba. (Foto Favvy)
Kucing pun menyukai ikan Saba. (Foto Favvy)

Ikan Saba memiliki yang gurih dan berminyak. Sebagian orang pun tidak menyukainya karena Saba dianggap terlalu amis. Namun dengan cara masak yang sesuai dan tepat, Saba bisa menjadi hidangan yang nikmat dan bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga:

Tren Baru, Merawat Kulit dengan DNA Salmon

Dilansir dari savy.jp, saba merupakan ikan yang sangat kaya protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Dilansir dari U.S. National Institutes of Health, EPA dan DHA sangat penting bagi perkembangan sel tubuh dan baik untuk perkembangan janin dan penuaan yang sehat.

Simpelnya, semakin banyak memakan ikan yang sehat seperti saba, maka kamu bisa hidup lebih lama dan memiliki risiko rendah terkena penyakit. Apalagi, ikan saba tergolong murah dan mudah didapatkan.

Bahkan, sebuah program televisi Jepang mengabarkan bahwa ada seorang pria berusia 80 tahun yang mengaku tidak pernah pilek selama 40 tahun. Tipsnya? Ia selalu makan-makanan yang sehat, termasuk ikan saba kalengan untuk makan siang setiap hari.

Bingung ingin mengolah ikan saba seperti apa? Ada banyak menu makanan yang bisa kamu coba. Jika ingin yang simpel, kamu bisa mengolahnya menjadi menu Shio yaki. Taburkan garam di atas ikan saba, kemudian panggang ikan tersebut sampai garing.

Baca juga:

Pencinta Sushi, Pikir Dua Kali Sebelum Mencampur Wasabi dan Kecap Asin

Selanjutnya, kamu bisa membuat sushi dari ikan saba. Potong ikan saba mentah, letakkan irisannya di atas nasi. Kemudian, cocol bawang putih dan jahe agar lebih nikmat.

Saba kalengan. (Foto favy-jp)
Saba kalengan. (Foto favy-jp)

Paling simpel, kamu bisa mencoba saba kalengan. Bahkan, ada berbagai rasa-rasa pada saba kalengan mulai dari miso, teriyaki, spicy sesame, sampai original asin. Kamu bisa langsung memakannya saat dikeluarkan dari dalam kaleng, atau dimasak. Hidangan ini bisa dimakan dengan nasi atau diselipkan pada sandwich. Jika makan saba kalengan, kamu pun bisa mengonsumsi tulangnya juga karena tergolong lunak. (SHN)

Baca juga:

Baik bagi Orang Dewasa, Bahan Pangan Ini Tidak Penting untuk MPASI Si Kecil

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan