Kuliner

Pencinta Sushi, Pikir Dua Kali Sebelum Mencampur Wasabi dan Kecap Asin

annehsannehs - Minggu, 09 Mei 2021
Pencinta Sushi, Pikir Dua Kali Sebelum Mencampur Wasabi dan Kecap Asin
Sushi memiliki nutrisi yang begitu tinggi (Foto: Pixabay/DrawsAndCooks)

SUSHI menjadi salah satu makanan Jepang yang cocok dengan lidah kebanyakan orang Indonesia. Tidak heran, pasti ada beberapa restoran sushi dalam setiap pusat perbelanjaan di Jakarta. Beberapa olahan hewan laut seperti salmon, tuna, dan eel pun menjadi hidangan favorit masakan Jepang.

Di Indonesia, masih ada orang-orang yang sering mencampur wasabi dan kecap asin ketika makan sushi. Kegiatan mencampurkan wasabi dan kecap asin ini dianggap tidak sesuai etika. Bahkan, laman Sora News24 melaporkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu hal tabu dalam dunia kuliner Jepang.

View this post on Instagram

A post shared by ????? (@leader568)

Sushi Sasaya Korin, restoran sushi ternama di Kyoto dan Itamae Sushi Edo di Tokyo percaya bahwa wasabi tidak seharusnya dicampur dengan kecap asin. Ini disebabkan karena melarutkan wasabi dalam kecap tidak hanya menodai rasa kecap, tetapi juga mengurangi kepedasan dan aroma wasabi.

Baca juga:

Jadi 'Salmon' demi Sushi Gratis

Kegiatan mencampur kecap asin dan wasabi dikenal sebagai wasabi joyu, gabungan dari kata wasabi dan shoyu (kecap asin). Menurut Sushi Sasaya Korin, wasabi joyu tidak hanya menjadi pelanggaran etika ketika makan sushi, tetapi juga menjadi pelanggaran ketika memakan semua makanan Jepang.

Itamae Sushi Edo mempercayai bahwa wasabi harus dioleskan langsung dari ikan tersebut, terutama dalam kasus ikan berlemak seperti chuutoro (tuna berlemak sedang), ootaro (tuna lemak merah muda). Ini disebabkan karena wasabi membantu menetralkan lemak sehingga bisa membuatnya terasa lebih lezat.

Baca juga:

Mengenal Setsubun, Tradisi Melempar Kacang pada Setan di Jepang

Dilansir dari Hypebeast, sebuah survei terhadap 15,558 pengunjung di Jepang menunjukan bahwa 40,8% pengunjung di Jepang selalu mengoleskan wasabi ke ikan mereka dan tidak pernah membuat wasabi joyu.

Meski begitu, 27,75% (4,317 pengunjung) mengatakan bahwa mereka masih mencampurkan kecap asin dan wasabi ketika makan sushi. 31% lainnya mengaku bahwa mereka membuat wasabi joyu tergantung pada menu makanan yang dikonsumsi.

Di sisi lain, ada beberapa hidangan yang cocok untuk dimakan bersama wasabi joyu. Beberapa hidangan tersebut antara lain kaisendon (seafood bowls). Ketika menikmati Don dan Kotetsu, dianjurkan untuk menggabungkan wasabi dan kecap asin di wadah kecil, kemudian dituang di atas mangkok sebelum dinikmati. (shn)

Baca juga:

Buat Pola Tak Biasa, Formasi Kawanan Domba Ini Viral di Internet

I
#Sushi #Kuliner #Kuliner Jepang #Makanan Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan