Saat Pepsi tak lagi Ada, Pilih Minuman Soda Lokal Aja Indonesia juuga punya minuman bersoda yang khas. (foto: pixabay/cote62)

APAKAH kamu penggemar minuman soda segar? Jika iya, bersiaplah kehilangan salah satu brand soda ternama, yakni Pepsi.

Minuman bersoda dengan kemasan dominan biru itu akan menghilang dari pasar Tanah Air mulai pertengahan Oktober ini. Kontrak yang tak diperpanjang dan beberapa faktor lain jadi penyebab hengkangnya Pepsi dari pasar Indonesia.

BACA JUGA: Menikmati Craft Beer Lokal Bali

Namun, jangan khawatir kehabisan pilihan minuman segar bersoda ya. Indonesia juga punya loh minuman soda dengan cita rasa khas. Beberapa mungkin pernah kamu coba. Soal rasa, soda buatan Indonesia boleh diacungi jempol. Beberapa bahkan bertahan selama puluhan tahun meskipu hanya beredar di pasar terbatas.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut minuman soda segar asli buatan Indonesia. Kamu wajib cobain deh!


1. Badak

soda badak
Minuman kebanggan orang Sumatra. (foto: pinterest/konsumenreview.com)

Orang Sumtara punya soda merek Badak yang jadi kebanggaan dan kegemaran. Minuman ini pertama kali diproduksi di Pulau Sumatra, tepatnya di Kota Pemantang Siantar, Medan.

Percaya deh, minuman soda cap Badak ini amat legendaris. Usianya hampir 100 tahun. Pembuatannya berawal dari seorang Heinrich Surbeck asli Swiss. Ia mendirikan pabrik bernama NV Ijs Fabriek Siantar pada 1916. Nama pabrik kemudian diubah menjadi PT Pabrik Es Siantar setelah berpindah kepemilikan.

Merek Badak awalnya memicu perbedatan. Namun, karena Surbeck merupakan sarjana teknik kimia sekaligus pecinta alam, nama itu cukup beralasan.

Dalam perjalanannya, minuman bersoda milik Surbeck berkembang pesat. Ia bahkan melakukan inovasi dengan menciptakan berbagai varian rasa soda, mulai dari sarsaparila, anggur, dan jeruk.

Rasa sarsaparila jadi yang paling disuka karena keunikannya. Varian itu dibuat dari ekstrak tanaman herbal asal Meksiko. Rasanya lezat dan segar. Cara terbaik menikmati minuman soda dalam kemasan botol kaca dengan gambar badak bercula satu ini ialah dengan mencampurnya bersama susu kental manis dan es batu. Pilihan lain, kamu bisa membuat float soda Badak dengan tambahan es krim. Segar!

2. Indo Saparella

indo saparella
Dulunya minuman para bangsawan. (foto: Instagram @j3p39e)


Lain Sumatra, lain lagi di Yogyakarta. 'Kota Gudeg', minuman Indo Saparella jadi idola. Awalnya sih, sarsaparilla merupakan minuman favorit kaum bangsawan di sana.

Namun, setelah tahun 1970-an, mulai banyak yang penasaran dengan segar semriwingnya minuman cola ala Jawa ini. Minuman ini merupakan minuman berkarbonasi perisa limun dan berasal dari Yogyakarta.

Lucunya, karena efek yang bisa menyebabkan sendawa, minuman ini malah dipercaya bisa menyembuhkan masuk angin. Padahal sih, belum terbukti juga ya.

Kini, Indo Saparella bisa mudah ditemukan di warung, tempat makan, atau wisma di Yogyakarta, bahkan bisa jadi oleh-oleh juga.

3. Limun Linggardjati

limun linggardjati
Limun Linggardjati bahkan sampai dikoleksi. (foto: Instagram @linggardjati_limun_jadul)

Beberapa minuman limun atau soda khas Indonesia bertahan karena rasanya yang legendaris. Salah satunya Limun Liggardjati ini. Minuman khas dari Pasuruan ini bisa dibilang sangat langka karena hanya beredar di daerah Jawa Timur.
Setidaknnya ada enam varian rasa dari minuman ini. Saking melegendanya minuman dalam botol gelap ini, banyak kolektor yang mengincar minuman Limun Linggardjati. Salah satu alasannya ialah botolnya yang unik desain khas zaman dulu.

4. Coffee Beer

coffee beer
Beer tanpa alkohol sama sekali. (foto: beergembira.com)

Selain di Pasuruan, Jawa Timur juga punya soda khas lainnya. Ada satu lagi soda yang cukup populer dan berasal dari daerah tempat wisata tersebut. Namanya memang Coffee Beer.

Biarpun namanya Coffee Beer, minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Cuma soda. Coffee Beer dikemas dalam botol unik berbentuk gendut.(mar)

BACA JUGA: Puente Austral, Wine Spesial Asal Cile Telah Hadir di Indonesia



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH