Menikmati Craft Beer Lokal Bali Nikmati craft beer buatan lokal di Bali. (foto: Pixabay/stocksnap)

CUACA panas Bali berpadu pas dengan sajian bir dingin. Tidak mengherankan jika beer garden jadi salah satu tempat nongkrong yang asyik saat berlibur di Bali. Stark Craft Beer Garden di Jalan Kartika Plaza No 20, Kuta, bisa jadi pilihan kamu.

Di beer garden ini, kamu bisa menikmati craft beer lokal dengan kualitas tinggi. Bir yang disajikan memang bir yang dibuat di Bali dengan merek Stark. Proses pengolahan bir dilakukan dengan profesional dan menggunakan bahan alami. Tempat yang telah beroperasi sejak 2016 menjadi yang pertama menyajikan craft beer di Indonesia.

BACA JUGA: Puente Austral, Wine Spesial Asal Cile Telah Hadir di Indonesia

Bir Stark dibuat di brewery di bawah kaki gunung Singaraja, Bali. Pihak produsen menggunakan sumber mata air terbaik dari pegununggan untuk bahan dasar pembuatan bir. "Kami memiliki taste sendiri yang di tempat lain tidak punya. Rasa kami beda dengan lain. Craft beer benar-benar mengolahnya tidak pakai hal lain. Benar-benar alami," kata Food & Beverage Manager Stark Craft Beer Garden Doni, seperti dilansir Antara.

stark craft beer garden
Craft beer buatan lokal. (foto: Instagram @imeyliem)

Doni menjelaskan, 97% komposisi bir ialah air. "Jadi bagian terpenting dari bir ialah air. Kalau airnya kualitas buruk, rasanya juga akan sama," tambah dia.

Sebelum digunakan, air akan dipertahankan kandungan mineralnya lewat tiga kali proses penyaringan. Air lalu diolah bersama bahan dasar barley, wheat, oats, hops, dan lainnya tergantung dari jenis bir yang diproduksi. "Makanya kita pilih air dari pegununungan karena di atas sana banyak mata air yang sangat bagus dari gunung tersebut," ujarnya.

stark craft beer garden
Craft beer dengan berbagai pilihan. (foto: Instagram @martinseq)

Ada beberapa varian bir yang tersedia di Stark Craft Beer Garden, yakni Wheat, Dark Wheat, Indonesian Pale Ale (IPA), Low Carbohydrate Lager, Lychee Ale, dan Mango Ale. Setiap varian memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda.

Saat menikmati bir, kamu juga bisa memesan aneka menu sebagai teman. Beberapa menu andalannya, antara lain Special Chicken Pramagiana, Bebek Goreng Jatra, dan Sea Food Bucket.

stark craft beer garden
Ruangan semi-outdoor yang artsy. (foto: Instagram @miyuki0525)

Buat kamu yang cuma ingin menikmati minuman nonalkohol, di sini juga tersedia. Cobain deh Manggo Mint Lazy yang favorit pelanggan.

Selain bir segar dan makanan enak, Stark Craft Beer Garden juga tampil Instagramable. Ada ruangan semi-outdoor dengan konsep industrial modern dengan banyak elemen kayu. Artsy banget. Tempatnya juga cukup luas. Bisa menampung hingga 80 orang. "Kami buka setiap hari. Pukul 21.00 sampai 01.00, ada live music setiap harinya. Akustikan dan biasanya ramai," tutup Doni.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH