Film

Rumor Kelam di Balik Lucunya Karakter Film Animasi dan Fakta Sebenarnya

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Rabu, 19 Januari 2022
Rumor Kelam di Balik Lucunya Karakter Film Animasi dan Fakta Sebenarnya
Benarkah sosok asli Upin dan Ipin sudah meninggal puluhan tahun yang lalu? (Foto: ist.)

ANIMASI adalah salah satu jenis film yang paling menghibur. Lewat karakter yang menggemaskan dan jalan cerita yang lucu membuat jenis film ini bisa jadi pilihan segar. Namun ternyata, ada sebagian orang yang tidak rela jika film animasihanya untuk hiburan semata. Sejumlah konspirasi pun bermunculan.

Tersiar kabar bahwa karakter-karakter yang ditampilkan dalam film animasi terinspirasi dari orang yang sudah mati! Ada narasi kelam yang mengiringi karakter tertentu dalam film animasi. Berikut sejumlah rumor tentang karakter dalam film animasi.

Baca Juga:

Meski Beda, Virgin The Series dan Virgin versi 2004 masih Punya Benang Merah

Upin Ipin sudah meninggal dalam kecelakaan

kartun upin ipin meninggal
Upin dan Ipin yang katanya sudah meninggal. (Foto: ist)

Upin Ipin adalah karakter kartun Asia Tenggara yang begitu diminati banyak orang. Ada saja tingkah laku si kembar yang mengundang rasa gemas para penonton. Mulai dari interaksinya dengan teman-teman di TK Tadika Mesra. keakraban dengan Kak Ros, hingga kegemaran mereka pada ayam goreng. Setelah mengudara selama 15 tahun tiba-tiba saja ada rumor kelam yang menggelayuti kisah si kembar ini.

Sebuah kisah viral di Tik-Tok menyoroti makam bertuliskan "Upin" dan "Ipin". "Alasan kenapa Upin & Ipin enggak pernah dewasa karena ceritanya berdasarkan khayalan si Opah," tulis pemilik akun. Dia mengungkapkan bahwa kedua bocah kembar tersebut meninggal dalam kecelakaan bersama kedua orang tuanya dalam perjalanan ke rumah neneknya.

Tidak ingin semakin simpang siur, pihak tim produksi animasi Upin Ipin, Les Copaque Production akhirnya angkat bicara. Mereka menyebut bahwa tokoh Upin dan Ipin adalah hasil kreativitas dari tim alias karakter rekayasa. "Cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Tidak diambil atau inspirasi dari kisah siapapun yang masih hidup maupun yang telah tiada," demikian klarifikasi resmi mereka dalam laman Instagram,@upinipinofficial.

Masha tewas diterkam beruang

Masha and The Bear
Masha yang rumornya menyebutkan diterkam beruang. (Foto: ist)

Film animasi asal Rusia ini pertama kali diunggah di akun YouTube pada 2014 namun secara resmi debut pada 2009. Kisah Masha and The Bear menyoroti kisah lucu gadis menggemaskan berusia tiga tahun, Masha dan teman beruangnya. Kisah gadis pemberani dan menggemaskan ini begitu memikat dunia hingga diterjemahkan dalam 35 bahasa.

Dibalik kisah Masha tiba-tiba tersiar rumor menyedihkan. Sejumlah warganet mengklaim bahwa Masha diangkat dari kisah bocah tiga tahun yang tewas saat menyaksikan pertunjukkan sirkus bersama kedua orang tua. Tragedi tersebut membuat kedua orang tua Masha depresi. Untuk mengenang kepergiannya, Masha diangkat dalam film Masha and The Bear.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Masha and The Bear diangkat dari cerita rakyat Rusia. Dalam cerita rakyat Rusia, Masha digambarkan tinggal bersama neneknya. Sementara menurut direktur proyek artistik Masha and The Bear, Oleg Kuzovkov sosok Masha terinspirasi dari gadis kecil yang ditemuinya saat berlibur di pantai pada 1990. Gadis itu begitu tulus dan terbuka pada orang asing.

Baca Juga:

Rekomendasi 5 Film Adaptasi Video Game

Bayi dalam karakter Rugrats hanya hidup di imajinasi Angelica

rugrats
Tommy dan kawan-kawan hanya ada di khayalan Angelica (Foto: ist)

Rugrats bisa dibilang sebagai kartun Nickelodeon paling ikonik. Kartun ini fokus pada petualangan sekelompok bayi yang kikuk. Bayi tersebut terdiri dari Tommy, Chuckie, Phil, Lil, dan Angelica. Dibalik kisahnya yang menghibur, muncul klaim yang menyebut kelompok bayi ini telah mati selama lebih dari satu dekade.

Bermula dari Creepypasta yang beredar di Tumbr berjudul Rugrats Never Happened yang menyebut bayi-bayi di kartun itu sudah mati dan hanya ada di imajinasi Angelica. "Tidak ada bayi di Rugrats yang benar-benar ada, tetapi mereka semua hanyalah isapan jempol dari imajinasi Angelica, sebagai akibat dari kelalaian orang tuanya," tulis pengguna Tumblr bernama radioretailiation.

"Chuckie meninggal bersama ibunya, yang menjelaskan betapa gugupnya ayahnya. Tommy adalah bayi yang lahir mati. Sementara DeVilles melakukan aborsi. Karena tidak tahu jenis kelamin bayi yang diaborsi, Angelica menciptakan karakter bayi kembar di kepalanya, satu laki-laki, satu perempuan."

"Banyak yang percaya pada konspirasi tersebut. Tentu saja itu tidak benar," ujar Arlene Klasky, pencipta Rugrats dikutip dari Buzzfed.

Itulah tiga karakter kartun dengan segala konspirasi menyeramkan di baliknya. Manakah yang paling aneh menurutmu? Dan manakah yang terdengar paling nyata? (avia)

Baca Juga:

Serial 'Layangan Putus' Pecahkan Rekor Baru

#Kartun #Tokoh Kartun #Upin & Ipin
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan