Ridwan Kamil Sikapi Polemik Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 25 Maret 2023
Ridwan Kamil Sikapi Polemik Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyikapi polemik penolakan keikutsertaan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Menurut Kang Emil - Sapaan akrab Ridwan Kamil - Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Hal ini pun berdampak terhadap semua urusan.

Baca Juga

Gus Yahya tak Permasalahkan Timnas Israel Main di Piala Dunia U-20

Termasuk di bidang olahraga khususnya sepakbola. Apalagi, Indonesia mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei mendatang.

"Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia lebih tepat untuk merespons hal ini," ujar Kang Emil di Bandung, Sabtu (25/3).

Kang Emil memastikan bahwa dukungan masyarakat Indonesia kepada kemerdekaan Palestina tak akan berkurang.

"Tetap mendukung kemerdekaan Palestina apapun yang terjadi dalam percaturan olahraga maupun yang berhubungan dengan (tim) Israel di Indonesia (ajang Piala Dunia U-20)," pungkasnya.

Baca Juga

Ganjar Tolak Timnas Israel U-20 Main di Solo

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Indonesia menegaskan bahwa keikutsertaan timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 tidak akan menggoyahkan dukungan RI untuk Palestina.

“Posisi Pemerintah Indonesia terkait isu Palestina tidak akan pernah berubah dan sangat konsisten. Indonesia termasuk dari sedikit negara yang terus konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina,” tutur Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah pekan lalu.

Mengenai teknis penyelenggaraan Piala Dunia U-20, pemerintah telah menyiapkan jalur politik, diplomatik, dan keamanan untuk mengantisipasi pro dan kontra atas keikutsertaan Israel dalam turnamen tersebut.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah menuai pro-kontra. Beberapa pihak di Indonesia mengecam Israel karena konfliknya dengan Palestina. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga

Ganjar Tolak Timnas Israel, Gibran Tegaskan Tugasnya Siapkan Venue

#Timnas Israel #Piala Dunia U-20 #Piala Dunia 2023 #Ridwan Kamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan