Ganjar Tolak Timnas Israel, Gibran Tegaskan Tugasnya Siapkan Venue

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 24 Maret 2023
Ganjar Tolak Timnas Israel, Gibran Tegaskan Tugasnya Siapkan Venue
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengecek Stadion Manahan Solo sebagai venue Piala Dunia U-20. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak Timnas Israel bermain di Solo, Jawa Tengah pada event Piala Dunia U-20, Mei-Juni 2023 mendatang. Diketahui, Stadion Manahan Solo menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20.

Ganjar menegaskan, dalam hal ini perlu mewujudkan komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan Palestina sesuai amanat Presiden RI ke-1 Soekarno.

Menanggapi penolakan tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan, venue dan persiapan Piala Dunia U-20 berjalan lancar dan aman, meskipun ada pernyataan dari sejumlah gubernur yang menolak Timnas Israel ke Indonesia.

Baca Juga:

Ganjar Tolak Timnas Israel U-20 Main di Solo

"Kami pastikan sebagai tuan rumah menyiapkan venue, sudah itu saja. Kami pastikan acara berjalan lancar dan aman di Kota Solo,” ujar Gibran, Jumat (24/3).

Gibran juga akan menunggu keputusan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Plt Menpora Muhadjir Effendy soal hal tersebut.

Sejauh ini, kata dia, PSSI menghadiri agenda Kongres FIFA di Rwanda dengan tujuan menindaklanjuti event-event olahraga setelah Piala Dunia U-20 2023.

"Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 menjadi tolok ukur event berikutnya. Jika U-20 berhasil, Indonesia bisa dapat event yang lebih besar lagi,” kata dia.

Baca Juga:

Israel Batasi Warga Palestina Masuk Al-Aqsa Selama Ramadan

Ditanya terkait penolakan Gubernur Jateng dan Gubernur Bali terkait Timnas Israel ke Indonesia merupakan bagian sikap dari PDIP, Gibran mengaku tidak mendapatkan arahan atau instruksi dari PDIP. Gibran juga tidak mau menanggapi dampak dari penolakan sejumlah gubernur.

"Tugas saya menyiapkan venue dan kami pastikan acara berjalan lancar, wis itu saja," kata dia

Gibran menambahkan, terkait venue Piala Dunia U-20 Stadion Manahan Solo, dari FIFA akan melakukan pengecekan terakhir pada Sabtu (25/3). Pengecekan juga menyasar empat lapangan latihan.

"FIFA besok ke Solo cek akhir venue setelah itu ke Surabaya," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Dubes Palestina Tanggapi Lolosnya Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023

#Piala Dunia U-20 #Gibran Rakabuming #Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan