Rekomendasi Film Indonesia untuk Temani Libur Hari Kemerdekaan Film kisah sejarah Indonesia tambah kemeriahan HUT RI (Foto: Pexels/Jeshoots)

17 Agustus merupakan hari libur nasional, di 2019 bertepatan dengan akhir pekan. Sebagian yang bekerja hingga hari Sabtu bisa bergembira. Merasakan libur akhir pekan dua hari. Hari libur tahunan ini memperingati sejarah Indonesia. Perjuangan para pahlawan. Penolakan jajahan. Memerdekakan Tanah Air.

Ramai perlombaan dan upacara. Kegiatan lain juga bisa dilakukan saat menghabiskan waktu luang. Daripada menghabiskan waktu berdiam diri, baiknya menonton film-film bersejarah. Membangun nuansa kemerdekaan, sekaligus belajar sejarah. Berikut rekomendasi film yang telah dirangkum dari berbagai sumber, cocok untuk temani libur hari kemerdekaan Indonesia.

Baca juga:

Perkembangan Industri Film Indonesia, Sempat Mati Suri

1. Perjuangan perempuan di film Kartini

Rekomendasi Film Indonesia untuk Temani Libur Hari Kemerdekaan
Film Kartini memperjuangkan perempuan (Foto: antaranews/Legacy Pictures)

Mengenal sosok Kartini lebih dekat. Film berjudul Kartini ini diperankan Dian Sastrowardoyo. Mengisahkan pahlawan perempuan di Indonesia. Perjuangan dalam mengubah hak. Ketangguhan Kartini dalam melawan penjajah mengutamakan kaum miskin. Menuntut kesetaran hak pendidikan hingga mendirikan sekolah.

Dampaknya, mencerdaskan bangsa Indonesia. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Beberapa kali tercipta lapangan pekerjaan di Jepara. Perjuangan Kartini didukung oleh kedua saudarinya. Roekmini, diperankan Acha Septriasa. Juga Kadinah, yang diperankan Ayushita.

Tak hanya perempuan, penonton laki-laki juga perlu menonton film ini. Perjuangan perempuan Indonesia patut diapresiasi seluruh kalangan.

2. Romantika pemuda dalam film Adriana

Rekomendasi Film Indonesia untuk Temani Libur Hari Kemerdekaan
Kisah romantis pahlawan bersejarah dalam film Adriana (Foto: anataranews)

Mengisahkan cinta segitiga. Melibatkan Soekarno, Muhammad Hatta dan Adriana van den Bosch semasa muda. Melalui film berjudul Adriana, digambarkan sejarah Jakarta di masa lalu. Pembelajaran penting tentang memendam impian dan kegigihan cinta.

Diperankan oleh Adipati Dolken, Kevin Julio dan Eva Celia. Film Adriana berhasil menyentuh hati penonton. Cerita biografi tokoh bersejarah di Indonesia ini cocok ditonton generasi muda bangsa. Mengisi waktu luang di hari libur.

Baca juga:

Bertemakan Olahraga, 6 Film Indonesia ini Menginspirasi

3. Film komedi Naga Bonar

Rekomendasi Film Indonesia untuk Temani Libur Hari Kemerdekaan
Film Naga Bonar sempat menemani televisi nasional selama tiga dekade (Foto: YouTube/DC Channel)

Penonton humoris diajak tertawa bersama. Cerita lucu dari tahun 1987. Diperankan Deddy Mizwar. Film komedi berjudul Naga Bonar, bisa menemani hari liburmu. Konyol namun tetap bijak. Julukkan Naga Bonar pada masanya, menyinggung perseteruan dengan pasukan Belanda di Sumatra Utara.

Naga Bonar sebagai jenderal mayor. Keluar dari zona heroisme, peran pahlawan perang digambarkan lebih humanis. Sempat jadi tahanan penjara, Naga Bonar termasuk pahlawan legendaris Indonesia. Lebih dari tiga dekade, film Naga Bonar jarang terlewatkan tayang di televisi nasional. Apalagi jelang hari kemerdekaan.

4. Bumi Manusia

Rekomendasi Film Indonesia untuk Temani Libur Hari Kemerdekaan
Film Bumi Manusia di layar lebar (Foto: antaranews/falcon pictures)

Kisah cinta dua anak manusia yang bergelut di tanah kolonial, awal abad ke-20. Pemuda pribumi dalam pergulatan batin tak berujung. Kisah cinta Minke dan Annelies. Sutradara Hanung Bramantyo menggarap film ini. Memilih pemain handal seperti Iqbaal Ramadhan Mawar De Jongh dan lainnya.

Tak hanya kisah cinta, film Bumi Manusia menggambarkan perjuangan Nyai Ontosoroh yang mengalami diskriminasi. Film ini juga menceritakan perselisihan ras antara kaum pribumi dengan kulit putih. Tayang 15 Agustus 2019, tambahkan ke dalam daftar tontonanmu.

5. Rumah Merah Putih

Rekomendasi Film Indonesia untuk Temani Libur Hari Kemerdekaan
Kisah anak NTT yang cinta Tanah Air dalam film Rumah Merah Putih (Foto: Youtube/Alenia Pictures)

Unjuk rasa cinta pada Tanah Air. Film berjudul Rumah Merah Putih mengisahkan aksi anak-anak di bagian Timur Indonesia. Diperankan oleh Pevita Pearce. Sambut H, film ini jadi pilihan menarik untuk ditonton seluruh kalangan.

Diperankan oleh Farel dan Oscar. Keduanya asli kelahiran NTT. Kisah kehidupan sederhana di perbatasan. Kecintaan pada Tanah Air yang luar biasa.

Film ini menunjukkan lika-liku persiapan hingga hari kemerdekaan Indonesia tiba. Banyak pesan emosional yang disampaikan. Satu di antaranya rasa nasionalisme dan makna sakral Merah Putih bagi negeri. Berhasil mengundang rasa haru penontonnya. (dys)

Baca juga:

Film Gundala Siap Guncang Bioskop Indonesia



Ananda Dimas Prasetya