Rambut Rontok Teratasi dengan Cara Berikut Rambu rontok mudah untuk diatasi. (Foto: Unsplash/Element5 Digital)

RAMBUT rotok pasti bikin kesal terutama kaum perempuan. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut. Bisa jadi karena faktor genetika, hormon, atau bertambahnya usia.

Ada banyak juga perawatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Seperti dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Terapi hormon agar rambut lebih sehat. Dilansir dari Medicalnewstoday.com, berikut adalah beberapa hal yang dapat mengurangi rambut rontok.


Baca Juga:

Berhenti Pakai Makeup Jadi Lebih Muda

1. Terapi hormon

rambut
Terapi hormon dapat menolong mengatasi rambut rontok. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Ketidakseimbangan hormon akibat menopause dapat menyebabkan rambut rontok. dokter bisa merekomendasikan beberapa bentuk terapi hormon untuk memperbaikinya. Beberapa faktor lainnya adalah konsumsi pil KB atau terapi hormon lainnya dapat membuat rambut semakin cepat rontok. Dengan terapi hormon Antiandorgen dapat menghentikan produksi androgen dan membantu mencegah kerontokan rambut. Namun dibutuhkan dokter spesialis untuk dapat memakainya.

2. Transplantasi rambut

rambut
Transplantasi rambut pilihan yang terbaik. (Foto: Pexels/Pixabay)


Ada kasus meskipun sudah melakukan perawatan rambut dengan baik namun hasilnya masih tidak memuaskan. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk transplantasi rambut. Prosedur yang dilakukan biasanya mengambil kulit kepala dan ditambahkan ke bagian yang mengalami kebotakan. Dengan demikian diharapkab mampu membantu meningkatkan pertumbuhannya secara alami. Burtuh biaya besar untuk melakukan prosedur ini.

3. Gunakan sampo khusus

rambut
Pakai sampo khusus untuk mencegah rambut rontok. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)


Beberapa rambut rontok terjadi karena pori-pori tersumbat di kulit kepala. Dengan menggunakan sampo yang dirancang khusus untuk membersihkan pori-pori dan sel kulit mati, dapat membantu rambut kembali sehat. Sampo khusus rambut rontok ini bisa membantu menghilangkan tanda-tanda dari rambut rontok.

Baca Juga:

Tidur Bisa Buat Badan Kamu Ideal

4. Makanan bergizi

rambut
Makanan bergizi juga bisa membantu memenuhi nutrisi untuk rambut. (Foto: Pexels/Ella Olsson


Konsumsi makanan bergizi dapat membantu menormalkan pertumbuhan rambut. Diet sehat membawa nutrisi yang baik seperti dari berbagai jenis sayur dan buah. Ini bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi yang bisa membuat kulit dan rambut semakin sehat. Kemudian kadar zat besi yang cukup pada tubuh dapat memberikan peran pada rambut yang sehat. Dokter biasanya merekomendasikan untuk konsumsi vitamin yang kaya akan kadar zat besi.

5. Pijat kulit kepala

rambut
Setelah keramas mintalah pijat di kepala untuk hasil lebih maksimal. (Foto: Pixabay/SocialButterflyMMG)

Memijat kulit kepala meningkatkan sirkulasi di area kepala dan membantu untuk membersihkan ketombe. Ini membantu menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Yang harus diperhatikan dan tak kalah penting adalah stres. Karena jadi salah satu pemicu rambut rontok. Semoga rambutmu bisa kembali sehat dan tidak lagi ya! (lio)


Baca Juga:

Biji Nangka Meredakan Rambut Rontok



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH