Ragam dan Bentuk Sekering pada Mobil Sekering untuk keperluan kelistrikan di dalam mobil. (Foto: Pixabay/howardmizuki)

SEKERING atau fuse kadang terlupakan oleh pemilik kendaraan. Namun sudah bermasalah, sangat mengganggu mobil. Fungsi sekering adalah menjaga aliran listrik terpasok dengan baik ke seluruh organ yang ada di mobil.

Seiring dengan perkembangan zaman, sekering mengalami perubahan bentuk. Penampilannya kemudian beragam. Untuk zaman sekarang umumnya sekering yang digunakan adalah sekering jenis tabung dikenal dengan istilah fuse tube atau jenis lainnya adalah glass tube. Keduanya transparan yang gunanya untuk mengetahui kalau sekering putus.

Baca Juga: Mobil Warna Putih Jangan Keseringan Dicuci

sekering
Sekering yang ada di dalam mobil. (Foto: Pixabay/howardmizuki)

Sekering tabung terakhir digunakan pada mobil-mobil lawas atau mobil sekitar era 80an. Kemudian sekering berubah lagi dengan hadirnya sekering tancanp atau blade. Kehadiran sekering tancap ini untuk memenuhi kebutuhan arus listrik yang semakin besar pada mobil.

Sekering blade atau tancap yang umum digunakan saat ini hadir dengan berbagai kapasitas sesuai dengan kebutuhannya. Kapasitas yang ada seperti coklat kekuningan 5 Ampere (5A), hijau 30A, Biru 15A, cokalt 7,5A, merah 10A, kuning 20A dan bening 25A.

sekering
Sekering tancap yang umumnya dipakai saat ini. (Foto: Pixabay/eroyka)

Selain sekering tancap ini adapula mobil yang menggunakan sekering kotak yang memiliki warna dan kapasitas untuk memudahkan identifikasi kebutuhan. Sekering kotak ini lebih besar daripada sekering tancap yang hadir dengan kapasitas 30 Ampere (30A) berwarna merah muda, hijau 40A, merah 50A, kuning 60A, hitam 80A, dan biru 100A. Dilengkapi pula dengan bagian transparan yang dapat melihat kondisi sekeringnya.

Sementara sekering plat digunakan sebagai pengaman pada kelistrikan utama yang biasanya memiliki arus lebih besar. Sekering ini memiliki kapasitas di atas 30A. Sekeringnya dibungkus dengan plastik hitam dan dimensinya besar daripada sekering lainnya. Pemasangannya tidak semudah sekering tancap atau kotak karena harus teliti menghubungan dua kutub. (*)

Baca Juga: 'Old, but Gold', Desain Mobil Ini Masih Digemari Hingga Kini

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH