Mobil Warna Putih Jangan Keseringan Dicuci Mobil putih harus mendapatkan ekstra perawatan. (Foto: Pexels/Trace Constant)

MERAWAT mobil tidak sulit, namun juga tidak sederhana. Dibutuhkan trik-trik khusus agar mobil tetap dalam kondisi prima dan kinclong. Seperti belakangan ini, mobil berwarna putih tengah menjadi tren. Mobil seperti ini sangat cocok di wilayah tropis yang bermandikan sinar matahari.

Mobil warna putih terkesan bersih bila dikendarai. Produsen mobil saat ini merilis produknya tanpa melupakan warna putih. Banyak ragam jenis warna putih, bahkan setiap pabrikan memiliki jenis warna putih yang berbeda.

Baca Juga: Xiaomi Luncurkan Redmi Car, Mobil Canggih Harga Bersahabat!

Wax

mobil putih
Mencuci bisa membuat mobil putih kusam pula. (Foto: Pexels/Pixabay)

Hanya sayangnya bila tidak dirawat dengan baik maka warna putihnya berubah menjadi kusam dan kekuningan. Bisa jadi ini karena berbagai faktor seperti polusi bahkan air yang digunakan saat mencuci mobil.

Menurut laman KabarOto, selain faktor polusi dan air, ternyata kebiasaan sering dicuci tidak baik pula. Karena terjadinya gesekan dan malah membuat mobil menjadi kusam. Jadi sebaiknya selain dicuci juga harus menggunakan wax. Tidak perlu ke salon mobil, bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Wax ini seperti lotion yang kerap digunakan untuk perawatan kulit. Wax ini memberikan perlindungan terhadap sinar UV matahari, seperti halnya sunblock untuk kulit.

Wax yang baik tentunya memberikan perlindungan seperti itu selain menginclongkan mobil. Wax seperti itu tidak memberikan dampak negatif pada badan mobil, seperti pengerasan dan sejenisnya.

Baca Juga: 'Old, but Gold', Desain Mobil Ini Masih Digemari Hingga Kini

Coating Ceramic

mobil putih
Sebaiknya mobil putih diwax atau coating ceramic. (Foto: mobil putih-Pexels-Mike Bird


Menurut laman KabarOto, wax hanya memberikan perlindungan pada badan mobil selama tiga hari. Usahakan dapat memberikan wax pada mobil untuk kebutuhan seminggu. Kalau enggak mau melakukannya sendiri, banyak salon mobil terpercaya yang memberikan hasil memuaskan. Pilih yang memberikan layanan coating ceramic.

Coating ceramic merupakan perawatan yang memberikan melapisi bodi mobil dengan cairan yang mengeras. Teknik ini tidak bisa dilakukan sendiri, sebaiknya diberikan pada profesional yang ahli mengerjakannya.

Ada pilihan lainnya yakni protection film, untuk perawatan ini mobil akan dilapisi dengan kaca film bening. Jadi kotoran maupun gesekan yang terjadi pada mobil akan menyentuh lapisan ini, bukan cat mobil. (*)


Baca Juga: Tips Ampuh Membeli Mobil Bekas agar Kamu Untung Besar

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH