'Old, but Gold', Desain Mobil Ini Masih Digemari Hingga Kini Biarpun sudah tua, desain mobil ini tak akan lekang oleh zaman. (foto: RM Sotheby)

MOBIL biasanya di desain untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, tak jarang desain mobil dibuat mengikuti zaman. Ada banyak desain mobil yang pernah dibuat hingga saat ini.

Tidak sedikit desain mobil yang jadi tidak menarik lagi seiring perkembangan zaman. Namun, ada loh desain mobil yang tak akan dilupakan begitu saja. Biasanya mobil yang tidak mudah dilupakan memiliki desain yang unik dan inovatif.

BACA JUGA: Kerja Sama Razer dan Nio Ciptakan Mobil SUV Impian Para Gamer

Berikut beberapa desain mobil yang tetap terlihat indah dan menarik meski sudah berumur tua, seperti dilansir laman Hot Cars.


1. 1958 Aston Martin DB4

aston martin DB4
Mobil legendaris milik Bond. (foto: classic drivers)

Mobil besutan Aston Martin ini menjadi mobil utama dalam franchise James Bond yang legendaris. Mobil ini diluncurkan pada 1958, memiliki mesin 3,7L DOHC dan menghasilkan sekitar 240 tenaga kuda. DB4 dianggap yang paling cepat di dunia pada masanya yaitu 1958, pada kala itu mobil ini mampu melaju hingga 226 km/h.

Untuk saat ini kecepatan seperti itu tidak terlalu dibangga-banggakan lagi melainkan desain dari mobil ini, bahkan menjadi salah satu mobil sport paling indah sejak pertengahan abad ke-20.

2. 1963 Chevrolet Corvette Stingray

Corvette
Atapnya seperti terbelah. (foto: bringa trailer)

Desain mobil-mobil Corvette aslinya berasal dari Chevy selama bertahun-tahun, tetapi banyak setuju jika Corvette Stingray 1963 menjadi yang paling indah dan mengesankan. Ini merupakan Corvette yang memiliki fitur-fitur menarik seperti lampu depan model flip dan bodi atas yang terlihat seperti terbelah.

Mobil ini dibekali mesin 5,4L V8 dan menghasilkan 360 tenaga kuda. Dengan besarnya mesin dan indahnya desain mobil ini tidak mengherankan mengapa banyak penggemar yang sangat menyukai mobil ini.

BACA JUGA: Pininfarina Battista, Hypercar Canggih yang Ramah Lingkungan

3. 1954 Mercedes Benz 300SL

mercedes Benz 300sl
Model pintu yang amat unik. (foto: opumo)

Mobil ini di desain oleh Friedrich Geiger, dan Mercedes SL300 tahun 1954 ini menjadi sebuah bayangan akan apa yang dicapai perusahaan di masa depan. Mobil ini memiliki pintu yang sangat unik, jika dibuka kedua pintunya akan terlihat seperti kupu-kupu.

Saat dirilis, mobil ini menjadi yang tercepat pada masanya bahkan mobil ini mampu melaju hingga lebih dari 220km/h. Mobil ini memiliki bodi yang ramping dan memiliki kap depan yang besar, hingga saat ini SL300 masih menjadi daftar keinginan para pecinta otomotif.

4. 1954 Maserati A6GCS Berlinetta

maserati
Hanya ada 4 unit di dunia. (foto: maserati)

Belum lama ini Berlinetta merayakan ulang tahun ke 65-nya sejak diluncurkan pada tahun 1954. Mobil ini merupakan proyek spesial dari Maserati, memiliki mesin enam silinder dengan 2,0L yang menghasilkan 170 tenaga kuda.

Mobil ini hanya diproduksi sebanyak empat unit saja, tidak mengherankan jika mobil ini sangatlah tidak dikenali oleh orang banyak. Desain yang dimiliki oleh Berlinetta ini sangat menonjolkan kemewahan di setiap lekukannya dan mengingat mobil ini sudah berusia lebih dari 60 tahun.

5. 1984 Ferrari Testarossa

ferari
Desain sederhana yang enggak bikin bosan. (foto: CarPixel)

Meskipun tidak setua mobil lainnya, mobil tahun 80-an ini masih terlihat sangat tajam, ramping, dan sederhana. Testarossa pertama kali dipublikasikan pada tahun 1984 di acara Paris Motor Show, sejak saat itu mesinnya mengalami beberapa revisi selama tahun 90-an, tetapi desainnya tidak berubah sama sekali. Selain keluaran Ferrari dengan warna khas merahnya, memang desain mobil ini membuat semua pecinta mobil sangat ingin memilikinya. (ape)

BACA JUGA: Airport Bersejarah ini Diusulkan Jadi Drive-Trough PSK



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH