Prokes Tetap Ada pada Aktivitas Liburan di Bandung Jalan Braga yang menjadi salah satu destinasi favorit di Kota Bandung. (Foto: Unsplash/Pradamas Gifarry)

MUSIM libur sekolah masih berlangsung. Wisatawan dan pengelola pariwisata di Kota Bandung diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat masa liburan sekolah ini. Tentunya untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus COVID-19.

Untuk menyambut hari libur sekolah ini, mal yang berada di Jalan Soekarno-Hatta kota Bandung mengadakan acara keluarga yang bertajuk Holiday Kids. Acara ini berlangsung pada 1-17 Juli 2022. Untuk jam bukanya mengikuti jam operasional mal.

Baca Juga:

Surga Barang Antik di Pasar Cikapundung

bandung
Holiday Kids mengisi liburan anak dengan mendekatkan pada hewan. (Foto: Humas Bandung)

Holiday Kids memikat hati anak-anak karena di dalamnya terdapat beberapa kandang dengan hewan-hewannya yang sehat. Seperti domba, kelinci, kuda, burung, bahkan kolam ikan yang difasilitasi untuk kegiatan menangkap ikan.

Marketing Communications acara tersebut, Widi mengatakan, acara ini untuk memberikan fasilitas kepada anak-anak dalam mengisi hari liburnya dengan kegiatan yang mengedukasi. Tak hanya itu, ada juga acara diperuntukkan untuk orang dewasa dengan berbagai acara hiburan yang telah disediakan

“Selain untuk anak-anak, kami juga ingin memberikan fasilitas kepada keluarga. Maka dari itu selain kendang hewan, ada juga tanaman hias terutama anggrek, panggung hiburan, dan bazar makanan,” paparnya.

Para pengisi panggung hiburan seperti tari jaipong, band, akustik, dan lain-lain memulai atraksinya dari pukul 15.00 WIB. Hal ini cukup membuat para penonton merasa terhibur.

Jajaran kios makanan yang berasal dari UMKM Margahayu ini juga menjajakan makanan yang berbeda-beda. Sehingga pengunjung tidak khawatir merasa kelaparan walaupun seharian menghabiskan waktu di acara tersebut.

“Niatnya ke sini cuma mau makan, tapi pas lihat tenda-tenda di sini langsung tertarik. Ternyata acara ini positif banget ya. Bisa jadi area belajar sambil main-main buat anak.” ujsar salah satu pengunjung, Prabowo.

Baca Juga:

Selisik Tradisi Festival Bunga dan Buah Berastagi 2022

bandung
Masa liburan Kota Bandung menjadi favorit destinasi wisata. (Foto: Unsplash/Aditya Enggar Perdana)

Pemkot Bandung sudah memprediksi terjadi lonjakan wisatawan selama liburan sekolah. Kepala Bidang Pembinaan Jasa Usaha dan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Edward Edo Parlindungan mengajak kepada para pengelola tempat dan wisatawan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat masa liburan sekolah.

"Liburan sekolah ini selalu menjadi momentum. Kita sudah berkoordinasi dengan tempat wisata untuk melaksanakan SOP (Standard Operating Procedure) dalam melaksanakan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Edo, Senin (4/7).

Edo menambahkan, agar para pengelola tempat wisata untuk memperhatikan Perwal yang berlaku saat ini di Kota Bandung pada PPKM Level 1. "Mereka menjalankan segala sesuatu sesuai Perwal yang berlaku. Nanti pada saatnya, kita juga akan monitoring tempat wisata," katanya.

Sesuai Perwal Kota Bandung Nomor 80 Tahun 2022, terkait PPKM Level 1, terdapat beberapa aturan seperti kegiatan area publik, taman umum, Museum dan galeri seni. Tempat tersebut dapat beroperasi, buka pada pukul 10.00 - 21.00 WIB dan pengunjung maksimal 75 persen dari kapasitas.

Edo menerangkan, sesuai tempat wisata ada di peresl ruang terbuka atau tematik terdapat enam tempat. Di antaranya, Saung Angklung Udjo, Trans Studio Bandung, Karang Setra, Kiara Artha Park dan Taman Lalu Lintas. "Kalau yang ada di Perwal itu, ruang terbuka atau tematik ada enam dan sembilan museum, " ujarnya.

Tak hanya kepada tempat wisata, Edo juga mengimbau wisatawan untuk memilih alternatif tempat wisata lain jika tempat tujuan wisata penuh. Dia memohon pada pengelola mohon untuk melaksanakan protokol kesehatan menjalankan sesuai aturan yang berlaku. "Kepada para wisatawan, kalau tujuan wisatanya penuh, cari alternatif lain. Sehingga tidak menumpuk pada satu tempat atau titik tujuan wisata. Karena meminimalisir terjadi kerumuman," himbaunya. (Imanha/Jawa Berat)

Baca Juga:

Rekomendasi Wisata Sandiaga Uno Pengisi Libur Sekolah Warga +62

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Harga Bunga Tabur di Pasar Kembang Solo Melonjak Seiring Tradisi Sadranan
Tradisi
Harga Bunga Tabur di Pasar Kembang Solo Melonjak Seiring Tradisi Sadranan

Tradisi Sadranan membuat harga bunga tabur melonjak.

Selisik Makna Roti Buaya Pengantin Betawi
Indonesiaku
Selisik Makna Roti Buaya Pengantin Betawi

Tanpa Roti Buaya pernikahan adat Betawi terasa kurang genap

Lingkar Barda "Si Buta" Mandrawata Sebelum Jadi Pengelana
Indonesiaku
Lingkar Barda "Si Buta" Mandrawata Sebelum Jadi Pengelana

Seluruh anggota perguruan Elang Putih meski tidak sedarah telah menjadi keluarga bagi Barda

Satai Klatak dan Mie Lethek khas Bantul Jadi Warisan Budaya Tak benda
Kuliner
Satai Klatak dan Mie Lethek khas Bantul Jadi Warisan Budaya Tak benda

Sertifikat penetapan warisan budaya takbenda DIY sudah diserahkan oleh Kemendikbud.

Mengajak Barda 'Si Buta' Mandrawata Bicara Empat Mata
Indonesiaku
Mengajak Barda 'Si Buta' Mandrawata Bicara Empat Mata

Apakah dendamnya berhasil terbalas?

Melihat Keseruan Festival Bunga dan Buah Berastagi 2022
Travel
Melihat Keseruan Festival Bunga dan Buah Berastagi 2022

Setelah terhenti karena pandemi, Festival Bunga dan Buah Berastagi digelar kembali

Sudah Bisa ke Lampung Lewat Pondok Cabe
Travel
Sudah Bisa ke Lampung Lewat Pondok Cabe

Pondok Cabe akan melayani penerbangan komersil mulai 5 Agustus 2022.

Menjawab Ulang Tahun PDIP Lebih Tua dari Umurnya
Tradisi
Menjawab Ulang Tahun PDIP Lebih Tua dari Umurnya

PDIP baru lahir Februari 1999, tetapi usia ulang tahunnya lebih tua

Soto Ayam Jadi Salah Satu Sup Terbaik Dunia
Kuliner
Soto Ayam Jadi Salah Satu Sup Terbaik Dunia

Soto ayam dideskripsikan sebagai salah satu hidangan puncak kuliner Indonesia.

Tradisi Tato Tiga Suku Adat Papua Terancam Punah
Tradisi
Tradisi Tato Tiga Suku Adat Papua Terancam Punah

Tato merupakan salah satu budaya di pesisir utara Papua.