Pria Thailand Dijebloskan ke Penjara Hanya Karena Kalender Bebek Karet

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 09 Maret 2023
Pria Thailand Dijebloskan ke Penjara Hanya Karena Kalender Bebek Karet
Hanya karena ilustrasi bebek karet di kalender, pengadilan di Thailand jatuhkan hukuman penjara dua tahun ke Narathorn Chotmankongsin. (Foto: Pexels/Ylanite Koppens)

BEBEK karet biasanya digunakan untuk menemani balita atau anak-anak saat mandi. Sedangkan bagi orang dewasa, bebek karet juga acap kali menjadi hiasan motor unik yang biasanya diletakan dia area dashboard motor atau mobil.

Namun bagi masyarakat muda di Thailand, mainan berbentuk bebek ini menjadi simbol khusus dalam perjuangan demokrasi mereka. Sehingga tak heran bila pemerintah di Negeri Gajah sangat anti dengan bebek karet.

Baca juga:

Teledisko, Klub Malam Terkecil Dunia Hadir di Madrid

Pria Thailand Dijebloskan ke Penjara Hanya Karena Kalender Bebek Karet
Pengadilan memutuskan bahwa gambar bebek karet itu menghina Raja Thailand. (Foto: Pexels/Danilo Marcelino)

Salah satu contoh imbas sentimen Pemerintah Thailand terhadap bebek karet bisa dilihat dari kabar pada pekan ini. Di mana pengadilan di Thailand telah menjatuhkan hukuman penjara dua tahun (sebelumnya tiga tahun) terhadap seorang pria bernama Narathorn Chotmankongsin.

Hakim mengetuk palu yang menyatakan pria berusia 26 tahun itu bersalah mencemarkan nama baik Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Bagaimana cara pencemaran nama baik itu? Ini dilakukan hanya karena Chotmankongsin menjual kalender bergambar bebek karet.

Hakim menyatakan bahwa ada enam gambar ilustrasi bebek karet itu dibuat untuk menghina Raja Thailand dan memicu kekecewaan dari organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) internasional.

“Kasus ini mengirim pesan ke semua warga dan seluruh dunia, bahwa Thailand semakin menjauh dari (negara yang) menghormatik hak demokrasi,” tulis Direktur Asia di Human Right Watch Elaine Pearson, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Rabu (8/3).

Baca juga:

Ilmuwan Buat Piringan Hitam Terkecil di Dunia

Pria Thailand Dijebloskan ke Penjara Hanya Karena Kalender Bebek Karet
Sejak demonstrasi pro-demokrasi besar-besaran di Thailand pada tahun 2020, Pemerintah Thailand sentimen terhadap bebek karet. (Foto: Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Mungkin di antara kamu akan kebingungan, mengapa bebek karet tampaknya dibenci oleh Kerajaan Thailand. Sekadar informasi, ini bisa ditarik benang merahnya ke tahun 2020 ketika generasi muda yang sudah jengah dengan monarki di Thailand ingin mendorong demokrasi di negara tersebut.

Pemerintah Thailand memukul mundur gerakan pro-demokrasi itu dengan menggunakan respons polisi yang keras menggunakan gas air mata, water cannon, dan tak sedikit demonstran yang ditangkap.

Menariknya saat itu ada demonstran yang iseng membawa bebek karet besar pada demonstrasi tersebut dan saat mereka ditembak dengan gas air mata serta semprotan air, bebek karet itu dijadikan tameng oleh para demonstran.

Mendadak banyak media yang memperlihatkan, seorang demonstran menyeret bebek karet yang rusak serta babak belur. Gambar itulah yang mendorong bebek karet dijadikan simbol perjuangan para demonstran pro-demokrasi dan Pemerintah Thailand mengecam mainan serta ilustrasinya. (aru)

Baca juga:

Seniman Jepang Bikin Aksesori Unik Mirip Organ Tubuh Manusia

#Thailand #Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan