Preferensi Musikmu Pengaruhi Kepribadian dan Pandangan Politik Preferensi musik pengaruhi kepribadian (Sumber: Axero Solutions)

KAMU adalah apa yang kamu dengar. Sepertinya demikian kesimpulan yang bisa ditarik dari studi yang dilakukan oleh Adrian North dan timnya dari Curtin University.

Berdasarkan jurnal ilmiah North dan timnya yang berjudul Psychology of Music, North mengatakan ada hubungan antara preferensi musik dengan kepribadian dan orientasi politik seseorang.

Baca Juga:

Gangguan Mental Paling Banyak Menyerang Milenial, Apa Penyebabnya?

Musik dan politik
Pengaruh musik pada pandangan politik (Sumber: Norman Musical Instruments)

"Ada banyak penelitian tentang keterkaitan musik dan kepribadian. Namun itu hanya mengindentifikasi hubungan yang lemah. Kami pikir fenomena tersebut muncul karena para ilmuwan cenderung melihat bagaimana menyukai gaya musik tertentu hanya berkaitan dengan domain yang sangat luas," ujar North.

Untuk itu, ia dan timnya berinisiatif untuk meneliti hal yang lebih spesifik namun memiliki karakter yang lebih kuat. Tercetuslah ide untuk meneliti preferensi musik mempengaruhi kepribadian dan pandangan politik seseorang.

Penelitian tersebut melibatkan 157 orang mulai dari usia pelajar, 17 tahun hingga usia matang 55 tahun, Para peneliti mengumpulkan informasi tentang selera musik mereka, kepribadian, dan orientasi politiknya. Dari hasil studi tersebut ditemukan hubungan yang signifikan antara preferensi musik dan kepribadian.

Baca Juga:

Parental Burnout, Kenali Tanda Keresahan Orangtua

Mendengarkan musik
Penelitian tentang musik (Sumber: BBVA)

Mereka yang preferensi musiknya berirama seperti rap, hip-hop. reggae dan R&B dikaitkan dengan aspek keramahan. Penggemar musik ini mencetak skor tinggi untuk sifat-sifat yang terkait dengan kasih sayang namun memiliki skor yang rendah saat berkaitan dengan aspek kesopanan.

Dalam hal orientasi politik, mereka yang suka dengan musik intens seperti punk, rock, metal, indie atau musik "mapan" seperti jazz, blues, dan klasik cenderung memiliki pandangan politik yang liberal. Mereka memiliki potensi besar untuk mengadvokasi perubahan sosial dan kesetaraan. (avia)

Baca Juga:

Delapan Pelajaran Berharga Yang Harus Diajarkan Ayah Pada Putrinya

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH