Delapan Pelajaran Berharga Yang Harus Diajarkan Ayah Pada Putrinya Cara ayah mengajari putri kecilnya berbagai hal berharga (Sumber:

SETIAP orang tua tentu ingin memiliki anak dengan sejumlah karakter unggul seperti percaya diri, mampu menggali potensi diri mereka, menghargai orang lain, serta selalu bersyukur. Supaya anaknya memiliki sejumlah kualitas diri tersebut para orang tua akan mendidik mereka sedemikian rupa dan menanamkan nilai-nilai luhur yang berguna bagi masa depan si anak.

Namun, mengasuh dan mendidik anak bukanlah perkara mudah terutama bagi seorang ayah. Mengasuh anak itu sulit bagi seorang ayah dari seorang gadis. Kamu mungkin sering menghadapi hal-hal yang tidak diketahui cara menanganinya. Jika memilih gaun yang pantas untuk boneka bukanlah kelebihanmu, ada banyak hal penting yang bisa diajarkan pada putri kecilmu untuk membuat hidupnya lebih bahagia.

Baca Juga:

Couvade Syndrome, Gejala Menjelang Jadi Ayah

Harga diri yang tinggi, kepercayaan diri, martabat, dan rasa hormat pada dirinya sendiri dan orang lain hanyalah beberapa hal yang dapat dipelajari putrimu dari ayah yang mengasihinya. Berikut hal yang bisa diajarkan pada putri kecilmu:


1. Dia Cantik

Ayah anak perempuan
Perlakukan ia seperti seorang putri (Sumber: Little Guide Detroit)


Kita hidup di dunia di mana penampilan itu penting. Fenomena tersebut sering membuat anak-anak dan orang dewasa minder akan penampilannya. Pujian dan pengakuan yang datang dari orang-orang yang dekat dengan mereka, terutama seorang ayah, akan membantu seorang gadis menjadi lebih percaya diri. Memberitahu dia betapa cantiknya dia terlihat dalam pakaian barunya atau betapa baiknya dia menyisir rambutnya membangun kepercayaan diri putri kecilmu Jangan lupa untuk memberi tahu gadis kecilmu bahwa kecantikan bukan hanya apa yang kita lihat: ada keindahan di dalam diri kita semua dan kita harus mencarinya satu sama lain.

2. Dia Penting

Ayah dan Anak
Terlibat dalam aktivitas dan hobinya (Sumber: YMM Dance Company)


Cobalah untuk tetap tertarik dengan apa yang dibaca, dimainkan, dan dipelajari gadis kecilmu di sekolah. Sebaliknya, beri tahu dia apa yang terjadi di kehidupan sehari-harimu. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya di acara-acara penting, baik itu perlombaan olahraga atau konser musik. Putrimu membutuhkan ayahnya berada di sana untuk menyaksikan pencapaiannya yang luar biasa. Psikolog percaya bahwa anak perempuan yang melibatkan ayah yang tulus tertarik pada hobi dan studi mereka menjadi lebih sukses saat tumbuh dewasa.

Baca Juga:

Anak Dekat Ayah, IQnya Tinggi

3. Dia Dicintai dan Cinta Itu Tidak Bersyarat

Ayah anak
Tunjukkan rasa cinta (Sumber: Jellytelly Parents)


Biarkan dia tahu bahwa ayahnya mencintainya bagaimanapun caranya. Dia mungkin tersandung dan melakukan hal-hal yang salah yang mungkin mengecewakanmu. Pastikan ia tahu bahwa hal tersebut tidak mengubah cintamu padanya. Para ahli percaya bahwa anak perempuan yang tidak memiliki ayah yang menunjukkan cukup cinta dan dukungan lebih mungkin mencari pengakuan dari pria lain di kemudian hari. Mereka mungkin merasa tidak aman dan ragu apakah hal yang mereka lakukan sudah cukup dan mungkin takut kehilangan pasangan mereka. Ini dapat menyebabkan mereka menjadi sangat curiga atau tergantung pada suami atau pacar mereka di masa depan.

4. Dia Bisa Melakukan Apa Saja

Ayah anak
Ayah mengajari anak memperbaiki mesin mobil (Sumber: Tinker Federal Credit Union)


Bantu putri Anda menyadari bahwa tidak ada "hal-hal laki-laki" atau "hal-hal perempuan". Tuntun ia agar ia yakin dapat melakukan apa saja jika ia mau tanpa bergantung pada orang lain. Sebagai seorang ayah, kamu dapat mengajarinya cara memperbaiki keran yang bocor atau mengganti ban saat ia cukup umur. Dengan melakukan ini, kamu meningkatkan kepercayaan diri dan harga dirinya yang dapat membantu putrimu untuk memecahkan masalah di sekolah, di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadinya kelak.

Baca Juga:

Begini Semestinya Seorang Ayah Menasihati Putrinya Tentang Pacaran

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH