Prediksi Tren Transportasi 2020, Apa Aja Sih? Yuk intip ragam tren transportasi di tahun 2020 (Foto: pixabay/tayebmezahdiah)

TAK terasa saat ini penghujung tahun sudah semakin dekat. Jika kita kilas balik kebelakang, sejak awal 2019 lalu banyak sekali sarana transportasi dengan berbagai teknologi baru dan inovasi yang mengagumkan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang kian bergelora. Tentunya dari tahun ke tahun tren transportasi akan terus berganti. Hal itu tentunya disesuaikan dengan perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini.

Baca Juga:

Makanan yang Ngehits di 2020

Seperti halnya pada tahun 2020 nanti, ada beberapa transportasi yang diprediksi akan menjadi tren. Seperti yang dilansir dari laman greenbiz, tahun 2020 akan menjadi tahun yang sangat menarik untuk transformasi transportasi.

1. Truk Listrik

Truk Listrik
Truk listrik mulai dilirik di tahun 2020 (Foto: greenbiz)

Semakin banyak perusahaan akan memesan truk listrik dalam jumlah besar. Hal itu digunakan untuk pengiriman jarak jauh maupun distribusi jarak pendek. Amazon mengejutkan semua orang tahun ini, saat mengumumkan bahwa mereka berencana membeli 100.000 van pengiriman listrik dari startup Rivian.

Sementara UPS, FedEx dan DHL semuanya membeli truk listrik dalam jumlam yang sedikih. Lalu perusahaan industri minuman asal Belgia, Anheuser-Busch, sudah memesan 21 truk semi listrik BYD tahun ini, yang merupakan pesanan untuk truk listrik kelas 8 di Amerika Serikat.

Untuk tahun 2019 ini sendiri jumlahnya cukup sedikit, lebih banyak truk listrik dari produsen mobil besar yang akan diproduksi selama dua tahun kedepan. Seperti halnya Volvo Trucks North America berencana untuk mulai menjual truk listrik VNR secara komersial di tahun 2020. Lalu Daimler Trucks North America juga berencana untuk memulai seri truk listriknya, Freightliner eCascadia dan Freightliner eM2, di tahun 2021, dengan pelanggan percontohan pada tahun 2020.

2. Skuter Listrik

Skuter Listrik
Skuter listrik semakin menjadi hype di tahun 2020 (Foto: pixabay/3005398)

Baca Juga:

Intip Tren Warna Rambut untuk 2020

Tahun 2018 lalu merupakan tahun yang buruk bagi skuter, dimana beberapa kota melarang kendaraan roda dua dan banyak pengendara lain yang melecehkan mereka. Namun taun 2020 nanti dipredisksi akan menjadi tahun kejayaan skuter.

Karena pengendara skuter telah tumbuh pada tingkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dibandingkan dengan bentuk transportasi lainnya. Kini banyak kota yang mulai merangkul pengguna skuter, guna membuat penduduki keluar dari mobil dan mengurangi kemacetan.

Pada tahun 2020 sendiri, skuter seara resmi akan menjadi arus utama serta muncul sebagai alat yang tak kontroversial untuk digunakan oleh wisatawan maupun anak-anak sekolah ke tempat yang mereka inginkan.

Orang-orang tak akan mengeluh tentang skuter, mereka hanya akan mengendarainya. Namun kontroversi yang kacau akan tetap terjadi tentang bagaimana kota dan perusahaan skuter akan berbagi dan menggunakan data.

3. Mobil Listrik

Mobil Listrik
Mobil listrik ramah lingkungan diprediksi akan tren di 2020 (Foto: pixabay/joenomias)

Seiring pertumbuhan industri kendaraan listrik. Banyak orang yang mulai melirik dan tertarik menggunakan mobil listrik. Karena dengan menggunakan mobil listrik, maka kita akan membuat lingkungan lebih bersih.

Hanya saja dibeberapa negara, perusahaan pengisian daya listrik masih jarang ditemukan. Namun tahun ini ada perusahaan pengisian daya EVgo yang berkomitmen untuk menghadirkan jaringan pengisian cepat yang memberikan daya hingga 100 persen.

Dalam upaya untuk mencocokan pengisian kendaraat listrik dengan energi bersih di California, produsen mobil BMW pun telah bermitra dengan Straus Organic Dairy Farm untuk memasang metan biodigestor. Biodigestor menangkap metana dari limbah sapi lokal, dan metana bisa dikonversi menjadi listrik baru untuk jaringan listrik.

BMW pun memiliki percontohan "Charge Forward" di San Francisco Bay Area, yang memungkinkan pengemudi BMW EV mengisi mobil mereka dengan tenaga surya. Menurut Adam Langton, yang bekerja pada e-mobilitas untuk BMW Amerika Utara, mengatakan jika produsen mobil itu tengah menjajaki apakan teknologi itu bisa untuk skala besar, atau memungkinkan semua driver EVs untuk mengisi dengan energi bersih. Dirinya berharap jika para produsen mobil di tahun 2020 jumlahnya terus tumbuh.

4. Bus Komuter Listrik

Bus Komuter Listrik
Bus komuter listrik diprediksi akan menjadi tren 2020 (Foto: pixabay/udavis)

Saat ini sangat sedikit perusahaan teknologi yang menggunakan angkutan komuter listrik, namun diprediksi akan berubah pada tahun 2020. Karena akan lebih banyak model bus komuter listrik yang akan tersedia pada tahun depan, dan adanya tekanan dari perusahaan teknologi untuk mendekarbonasikan armada antar jemput karyawan.

Selama beberapa tahun terakhir, batasan baterai bus-bus listrik tersebut telah meningkat pesat dan bisa menempuh perjalanan jarak jauh. Seperti halnya ujar Marin County dari Facebook HQ di Menlo Park yakni hampir 70 mil, dan bisa dilakukan dengan sekali pengisian daya.

Nah itu dia gengs beberapa prediksi transportasi yang akan menjadi tren di tahun 2020. Apakah akan berlaku juga di Indonesia? Hmm kita lihat saja nanti. (Ryn)

Baca Juga:

Tren Fesyen Baru untuk Perempuan, Bisa Dipakai Hingga 2020 Mendatang Lo!

Gaya Kencan Anyar di Tahun yang Baru
Fun
Gaya Kencan Anyar di Tahun yang Baru
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Selain Kopi, Minuman Berkafein Ini Punya Segudang Manfaat
Fun
Selain Kopi, Minuman Berkafein Ini Punya Segudang Manfaat

Minuman ini mengandung kafein seperti kopi.

Tiongkok Punya Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia
Fun
Tiongkok Punya Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia

Mengalahkan rekor sebelumnya dari jembatan kaca Lembah Hongya.

Sebelum Berkunjung, Ketahui Dulu Peraturan di 5 Negara Ini
Fun
Sebelum Berkunjung, Ketahui Dulu Peraturan di 5 Negara Ini

lima negara ini memiliki peraturan yang cukup menarik.

Daredevil Ramaikan 'Spider-Man 3'?
Fun
Daredevil Ramaikan 'Spider-Man 3'?

Daredevil untuk pertama kalinya akan hadir di MCU?

Kado Akhir Tahun dari Iggy Pop, Godfather of Punk Rock
ShowBiz
Kado Akhir Tahun dari Iggy Pop, Godfather of Punk Rock

Jelang penghujung 2020, Iggy Pop rilis lagu tentang COVID-19

Main Gim Sepanjang Hari Bisa Dibayar Rp85 Juta?
Fun
Main Gim Sepanjang Hari Bisa Dibayar Rp85 Juta?

Perusahaan gim sedang mencari Influencer gim yang andal untuk merayakan peluncuran terbaru Xbox Series X.

Setelah 70 Tahun, Ikea Berhenti Cetak Katalog
Fun
Setelah 70 Tahun, Ikea Berhenti Cetak Katalog

Pada masa kejayaannya, katalog Ikea dikatakan memiliki sirkulasi yang lebih besar dari pada Alkitab.

Ingkari Kesepakatan Rp 241 Triliun, Tiffany & Co Gugat Louis Vuitton
Hiburan & Gaya Hidup
Ingkari Kesepakatan Rp 241 Triliun, Tiffany & Co Gugat Louis Vuitton

Pengambilalihan ini tadinya akan menjadi akuisisi terbesar bagi LVMH.

Terlalu Tampan, Foto Jin BTS Tidak Perlu Diedit Sama Sekali
ShowBiz
Terlalu Tampan, Foto Jin BTS Tidak Perlu Diedit Sama Sekali

Saking tampannya Jin BTS memiliki julukan 'worldwide handsome'.

Mark Hamill Pensiunkan Luke Skywalker
ShowBiz
Mark Hamill Pensiunkan Luke Skywalker

Memulai era baru di Star Wars Saga, Mark Hamill berikan kesempatan untuk aktor baru berlaga di film besutan George Lucas ini.