Jongkok “Posisi Wenak” ala Indonesia, Terbayang dari Pose Jokowi Naik Gunung Jongkok juga bisa menjadi pose berfoto. (Foto: Instagram/syakila270918)

SETELAH makan dengan nasi, kardus mi instan untuk bepergian, makan menggunakan tangan, dan kerokan, ada satu kebiasaan unik lagi yang sering ditemui. Ya, jongkok jawabannya. Kalau kata orang-orang, jongkok adalah PW alias Posisi Wenak ketika menunggu sesuatu, buang air besar, bahkan saat makan. Apalagi sehabis bubaran kerja pabrik, langsung deh mampir ke warung terdekat untuk membeli secangkir kopi.

Jongkok tampaknya menjadi kebiasaan yang hanya bisa dilakukan sebagian orang. Di luar negeri sendiri, orang-orang kesulitan jongkok karena belum terbiasa. Bahkan ketika mencoba jongkok justru yang ada malah berujung otomatis duduk. Begitulah keunikan negara kita tercinta.

Baca juga:

Duduk atau Jongkok, Kloset Manakah yang Lebih Baik?

Tapi memang sih tidak bisa dipungkiri kalau jongkok memang posisi wenak. Malah, bagi warga Indonesia gaya berjongkok kerap menjadi pose favorit saat berada di tempat liburan. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika masih kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) kerap terlihat dalam posisi jongkok di foto-fotonya saat wisata alam naik gunung.

Paling tidak buktinya terlihat di dua foto muda Jokowi yang banyak beredar di media sosial. Dalam satu foto terlihat jelas Jokowi berjongkok di depan bus yang membawa rombongan. Foto itu diambil dalam kegiatan Ekspedisi Gunung Kerinci pada 1983 silam.

Jokowi naik gunung
Foto Presiden Jokowi sedang jongkok saat ekspedisi Gunung Kerinci 1983 bersama rekan-rekan pencinta alam dari Kampus UGM. Foto: Dok Medsos/Ist

Foto lainnya menunjukkan Jokowi terlihat sedang memasak makanan ketika tengah kamping bersama rekan-rekannya pencinta alam. Presiden RI ke-7 itu tampak memakai topi hitam dan sedang menuangkan kecap ke dalam masakan.

Memang tidak seluruhan badan Jokowi terlihat di foto lawas itu. Namun, jika dilihat dari postur badan dan posisi kakinya dapat dipastikan orang nomor satu di Indonesia tersebut ikut memasak dengan posisi sambil berjongkok. Bahkan, Jokowi sedikit tersenyum dalam foto yang beredar.

Jokowi naik gunung
Jokowi muda (kiri) saat naik gunung. (Net/Ist)

Aktivitas jongkok orang Indonesia biasanya dilakukan kalau kamu tidak ingin bagian bokong kotor atau basah. Nah orang-orang seperti ini pasti banyak kamu temui di pinggir jalan, stasiun, pelabuhan, di rumah, sampai spot-spot tempat wisata.

Starter pack jongkok biasanya ditemani secangkir teh atau kopi hitam, dan sebatang rokok yang diapit dijari manis tangan kanan. Makin asyik lagi kalau berbincang dengan rekan kerja mengenai keluh kesah selama di kantor.

Baca juga:

Siapa Sangka, Pria yang Hobi Selingkuh Punya IQ Jongkok

Namun, perlu dicatat terlalu lama jongkok juga tidak baik bagi kesehatanmu. Selain nyeri lutut, kamu juga bisa mengalami kesemutan karena saraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, sehingga aliran saraf dan darah terganggu.

Melansir Healthline, keluhan nyeri pada lutut bisa disebabkan kondisi medis tertentu, seperti patellofemoral syndrome. Melansir Healthline, penderita sindrom tersebut merasakan nyeri di bagian depan lutut saat jongkok, atau lebih dikenal sebagai runner’s knee atau jumper’s knee.

Kalau berbicara soal jongkok, tentu tidak asing lagi dengan posisi saat buang air besar. Ada yang berdebat, lebih baik posisi duduk atau jongkok?

jongkok
Jongkok, gaya khas orang Indonesia yang kerap memicu keherananan orang luar negeri. (MP)

Menurut sebuah yang diselenggarakan Ohio State University Wexner Medical Center dan College of Medicine, 52 persen responden yang mengalami sembelit diminta menggunakan toilet duduk dengan pijakan kecil untuk kaki.

Benda itu disebut sebagai squatty potty. Para responden itu kemudian diminta mengenakan alat itu selama 1 bulan untuk dilihat perkembangannya dalam mengatasi sembelit.

Hasilnya, 71 persen peserta melaporkan penggunaan squatty potty dapat membantu melancarkan BAB. Sementara itu, 90 persen mengaku bahwa mereka tidak ngeden sebanyak biasanya.

Intinya adalah kembai pada dirimu sendiri, kamu lebih nyaman yang mana. Akan tetapi jika kamu mengalami sembelit atau wasir, disarankan untuk menggunkan kloset jongkok. (and)

Baca juga:

Zaman Dahulu Orang Banten Dikubur Jongkok Dalam Tempayan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jam Matahari Masjid Agung Keraton Surakarta Peninggalan PB VIII
Travel
Jam Matahari Masjid Agung Keraton Surakarta Peninggalan PB VIII

Meskipun sudah lama dibangun dan berada di halaman masjid, jam matahari tersebut tetap dalam kondisi bagus.

Tingkatkan Pariwisata, Kemenparekraf Dukung Festival Travel Online
Travel
Tingkatkan Pariwisata, Kemenparekraf Dukung Festival Travel Online

Protokol kesehatan penting untuk selalu diterapkan.

Alun-Alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta, Tempat Nongkrong Sambil Melihat Kerbau Bule
Travel
Alun-Alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta, Tempat Nongkrong Sambil Melihat Kerbau Bule

Di Keraton Surakarta terdapat dua alun-alun atau ruang terbuka hijau (RTH) yang asik buat nongkrong di negeri aing.

Makanan Nasi Kentut, Khas Negeri Aing
Kuliner
Makanan Nasi Kentut, Khas Negeri Aing

Nasa kentut hanyalah penamaan saja yang memperkaya khazanah penyebutan kuliner Indonesia.

Kue Timpan, Sajian Manis di Hari Raya Khas Aceh
Kuliner
Kue Timpan, Sajian Manis di Hari Raya Khas Aceh

Terbuat dari bahan dasar ketan dan pisang raja.

Dendeng Lambok Nikmat Khas Minang
Kuliner
Dendeng Lambok Nikmat Khas Minang

Pedasnya dijamin bikin kamu makan banyak deh.

PPKM Diberlakukan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 50%
Travel
PPKM Diberlakukan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 50%

Penerapan PPKM sangat berpengaruh pada jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Bantul

Aroma Kayu Manis yang Menambah Selera
Kuliner
Aroma Kayu Manis yang Menambah Selera

Dengan tambahan kayu manis, seluruh ruangan akan berbau seperti roti dan kue.

Trik Agar Daging Empuk Ala Chef Haryo Pramoe
Kuliner
Trik Agar Daging Empuk Ala Chef Haryo Pramoe

Chef Haryo Pramoe membagikan sedikit trik agar daging qurban yang kamu olah menjadi empuk dan enak untuk dikonsumsi.

Bakso, Memang Tidak Ada Matinya di Negeri Aing
Kuliner
Bakso, Memang Tidak Ada Matinya di Negeri Aing

Tak ada orang akan menolak makan bakso.