Populer di Seluruh Dunia, 5 Makanan Khas India Ini Wajib Dicoba Sudah terkenal ke penjuru dunia (Foto: pixabay/pikuchiku)

INDIA terkenal dengan kekayaan budayanya yang beraneka ragam. Satu hal yang paling menarik dari India dan sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia adalah makanan khasnya. Menawarkan cita rasa dengan beragam rempah-rempah yang melimpah.

Kepopulerannya di mancanegara terbukti dengan banyak ditemukannya restoran hampir diseluruh kota di dunia. Bagi pencinta kuliner, untuk menemukan dan menikmatinya, bukanlah sesuatu yang sulit. Berikut adalah beberapa makanan khas India yang paling terkenal di dunia.

Baca juga:

5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia

Ayam Tandoori

Populer di Seluruh Dunia, 5 Makanan Khas India Ini Wajib Dicoba
Memiliki warna khas merah.pixabay. (Foto: Tan2003)

Merupakan ayam yang dipanggang dengan oven tandoori yang sangat panas dengan bumbu khas India. Banyak digemari oleh orang asing, termasuk orang Indonesia.

Ayam tandoori banyak dimasak dengan cara yang sama namun dengan bahan-bahan berbeda. Ayam Tandoori memiliki warna khas merah.

Naan

Populer di Seluruh Dunia, 5 Makanan Khas India Ini Wajib Dicoba
Di Indonesia terkenal dengan nama Roti India. (Foto: pixabay/cegoh)

Di Indonesia populer dengan nama roti India. Terbuat dari tepung ragi dan berbentuk seperti roti ini, merupakan roti tradisional khas India.

Naan merupakan makanan pengganti masyarakat India ketika mereka sedang bosan dengan makanan pokok. Dapat dimakan dengan ayam tandoori dan palak paneer. Sekarang, Naan menawarkan beberapa variasi rasa, seperti Butter Naan.

Baca juga:

6 Negara Ini Jadi Surga Kebab di Dunia, Termasuk Indonesia

Rogan Josh

Populer di Seluruh Dunia, 5 Makanan Khas India Ini Wajib Dicoba
Menggunakan cabai Khasmir. (Foto: sbs)

Menggunakan bahan dasar daging kambing atau domba yang berasal dari Persia atau Kashmir. Rogan josh juga merupakan salah satu makanan India yang populer di dunia.

Memakai yoghurt, daun salam dan bumbu rempah lainnya saat dimasak. membuat rogan josh lezat dan gurih. Menawarkan cita rasa gurih, dan pedasnya dari paprika dan cabai Kashmir.

Kheema

Kheema
Biasa dipadu dengan Naan (Foto: two sleever)

Adalah hidangan dengan memakai bahan dasar daging yang sudah digiling. Daging giling dibumbui memakai berbagai rempah dengan kombinasi irisan kentang atau kacang polong.

Kheema biasanya ditemani dengan Naan. Kheema diletakkan di tengah Naan, lalu dilipat, pas dinikmati saat udara dingin.

Dosa

Populer di Seluruh Dunia, 5 Makanan Khas India Ini Wajib Dicoba
Merupakan sejenis crepes. (Foto: justdelhiing)

Merupakan makanan India yang sejenis dengan crepes. Terbuat dari bahan utama beras dan bubuk gram hitam hasil fermentasi lalu menjadi adonan halus dan diberi sedikit garam.

Di daerah asalnya sering juga disebut dosay atau dosai. Dosa isinya terdiri dari sayuran, daging dan saus. Menawarkan banyak pilihan rasa, seperti masala dosa, rava dosa, chilli paneer dosa dan lainnya. (lgi)

Baca juga:

Panduan Berburu Menu 'Street Food' ketika Kamu Melancong ke Kuala Lumpur

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH