5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia Berbagai Makanan Jalanan Paling Populer di Asia (Foto: Recipes)

JAJANAN jalanan atau street food umumnya dijual oleh pedagang kaki lima. Berbagai makanan ini sangat digemari orang yang hobi wisata kuliner. Karena makanan ini mudah untuk dibawa dan dimakan. Saat ini makanan jalanan memiliki banyak sekali peminatnya. Bahkan tidak hanya di pinggir jalan saja. Kamu bisa menemukan makanan jalanan di beberapa pusat perbelanjaan.

Asia memiliki beragam makanan jalanan yang unik dan nikmat. Makanan jalanan memang identik dengan harganya yang relatif murah. Meskipun murah makanan jalanan memiliki rasa yang tidak kalah dengan camilan serupa dengan harga lebih tinggi.

Baca juga:

Makan 'Street Food' di Luar Negeri, Sehatkah?

Setiap negara di Asia memiliki makanan jalanan khas masing-masing. Berarti kamu bisa menemukan banyak sekali jenis makanan jalanan tersebar di seluruh penjuru benua asia. Meskipun begitu, daftar ini sudah merangkum beberapa yang paling wajib untuk di coba. Dilansir dari laman the travel, berikut beberapa makanan jalanan Asia yang wajib kamu coba.

1. Kopi telur

5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia
Kopi Ini Hanya Menggunakan kuning Telur Saja (foto: LegalNoMads)

Mungkin ini terdengar aneh. Memang keduanya sangatlah nikmat untuk hidangan sarapan. Namun, pernahkah kamu mencobanya jika keduanya dicampur? Minuman ini sangat populer di Vietnam. Mereka memasukkan telur ke dalam secangkir kopi hangat.

Untuk membuat kopi ini sangat sederhana. Kamu hanya memerlukan kuning telur dan mencampurnya dengan susu kental manis. Sebelum memasukkan krim telur, kamu harus menyaring kopi kemudian masukkan ke dalam cangkir.

Setelah kopi siap cangkir, barulah krim telur dituang ke atasnya. Biasanya kopi ini disajikan dalam mangkuk berisi air panas. Gunanya untuk menjaga kopi tetap hangat saat diminum.

2. Samosa

5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia
Samosa Adalah Makanan Jalanan Khas India (foto: MyFoodStory)

Makanan India sudah terkenal di seluruh dunia. Samosa salah satunya. Dibuat seperti gorengan dengan isian. Biasanya diisi dengan kacang, bawang, dan berbagai rempah.

Kemudian samosa digoreng sehingga warna luarnya menjadi coklat dan renyah, namun bagian dalamnya tetap matang dan lembut.

Samosa biasanya disajikan hangat beserta dengan sausnya. Karena ini makanan jalanan, membelinya dari pedagang kaki lima di India jelas cara paling sempurna untuk mencicipi samosa.

Baca juga:

Panduan Berburu 'Street Food' ketika Kamu Melancong ke Kuala Lumpur

3. Kaya toast

5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia
Roti Bakar isi Butter dan Kaya (foto: Goody Feed)

Kaya toast merupakan makanan ringan populer di Singapura. Namanya berasal dari bahan dasar roti. Menggunakan bahan dasar srikaya. Roti bakar ini meggunakan selai kelapa yang sangat lezat.

Jelas makanan ini menjadi populer di Singapura. Bisa disajikan dengan berbagai makanan. Biasanya makanan ini disajikan bersama kopi. Kaya toast sudah seperti makanan pokok di berbagai kafe di Singapura.

4. Mango sticky rice

5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia
Makanan ini Sangat Populer di Asia Tenggara (foto: Recipes)

Nasi memang menjadi makanan pokok di banyak negara Asia. Dalam makanan Thailand, terdapat nasi ketan yang dijadikan sebagai makanan penutup.

Makanan ini sangat lah populer karena kelezatannya, Nasi ketan mangga sangat populer di Asia Tenggara. Nasi ketan mangga ini terdiri dari nasi ketan, potongan mangga segar, dan santan. Makanan ini sangat cocok dimakan ketika musim panas.

5. Halo-halo

5 'Street Food' Populer yang Wajib Dicoba dari Berbagai Negara di Asia
Makanan Penutup Ini Memiliki Warna Yang Cerah nan Menarik (foto: WOW Special Foodie)

Halo-halo adalah street food paling berwarna di Asia. Makanan ini khas Filipina. Disajikan sebagai hidangan penutup yang dingin dengan rasa manis. Dibuat menggunakan es serut, susu, dan berbagai bahan lainnya.

Penjualnya menggunakan bahan makanan dengan warna cerah. Seperti ubi ungu, kelapa, rumput laut, agar-agar, es krim, dan irisan buah segar. Bagaimana ini tidak menjadi populer. Membayangkannya saja bikin ngiler. (ape)

Baca juga:

Tempat Paling Eksis untuk Berburu Street Food di Seoul



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH