Pohon Cinta dan Kisah Romantis di Baliknya Ternyata pohon menyimpan banyak kisah. (Foto: Pixabay/dimitrisvetsikas1969)

BICARA soal cinta di Indonesia, rasanya tidak akan habis-habis. Kisah cinta di Indonesia sangat unik dan beragam. Semua dipengaruhi oleh banyaknya budaya serta tradisi yang mengikat masyarakat kita. Tak hanya itu, sebagian masyarakat juga masih percaya dengan mitos-mitos yang sudah ada sejak dulu terutama yang berkaitan dengan hubungan percintaan. Kebenarannya memang belum terbukti secara ilmiah, tetapi sampai saat ini masih ada orang yang ingin menguji walau untuk kesenangan semata saja.

Melansir dari sejumlah sumber, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara yang menganggap pohon adalah sesuatu yang sakral. Tak jarang keberadaannya dikaitkan dengan cerita mitos dan mistis. Bahkan ada banyak kisah cinta yang menyelimuti rindangnya pepohonan. Kira-kira apa ya hubungannya? Simak ulasan menarik berikut ini.

Baca juga:

Cerita Beringin, Dari Pohon Keramat Hingga Simbol Partai

1. Pohon Jodoh Keraton

Pohon Cinta dan Kisah Romantis di Baliknya
Pohon jodoh di keraton seperti sepasang kekasih. (Foto: Pixabay/jplenio)

Keberadaannya kerap diburu oleh anak muda yang sedang mencari jodoh. Pasalnya kedua pohon ini berbentuk menyerupai kelamin pria dan wanita sehingga dianggap sebagai pasangan.

Mitos yang beredar di tengah masyarakat pun cukup unik. Siapapun yang menyentuh pohon ini katanya akan bertemu dengan jodohnya dalam waktu dekat.

2. Pohon Beringin Kembar Alun-Alun Yogyakarta

Pohon Cinta dan Kisah Romantis di Baliknya
Dipercaya bisa mengabulkan permintaan. (Foto: Pixabay/liggraphy)

Siapa yang tidak tahu mitos terkenal tentang pohon di alun-alun Yogyakarta? Katanya jika kamu berhasil berjalan ke tengah-tengah antara dua pohon beringin di sana dengan keadaan mata tertutup kain, segala permintaan akan dikabulkan. Permohonan tersebut juga termasuk soal perjodohan.

Rupanya mitos ini masih melekat dalam diri warga sekitar dan akan terus turun temurun. Buktinya masih banyak yang berusaha melakukan hal tersebut.

Baca juga:

Kisah Viral Perempuan yang Menikah dengan Pohon, Alasannya Bikin Elus Dada

3. Pohon Jodoh Pulau Bidadari

Pohon Cinta dan Kisah Romantis di Baliknya
Siapapun yang datang akan bertemu dengan jodohnya. (Foto: Pixabay/Bessi)

Sementara dari wilayah Kepulauan Seribu terdapat pohon yang sarat akan mitos bernama Pohon Jodoh Pulau Bidadari. Berangkat dari cerita sebuah komunitas yang memegang komitmen untuk tidak menikah, mereka datang ke pulau tersebut untuk berlibur.

Tetapi anehnya setelah pulang, salah satu anggota komunitas tersebut malah bertemu dengan jodohnya dan melangsungkan pernikahan. Sejak saat itu banyak turis berbondong-bondong mencari pohon ini untuk membuktikan kebenarannya.

4. Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Pohon Cinta dan Kisah Romantis di Baliknya
Datang bersama pasangan akan membuat hubungan semakin langgeng. (Foto: Pixabay/Picography)

Ternyata kota yang dijuluki dengan kota hujan ini juga menyimpan banyak mitos menarik. Salah satunya berasal dari Kebun Raya Bogor.

Di sana terdapat dua pohon yang sudah berusia kurang lebih 140 tahun dan dinamai ‘pohon jodoh’. Konon katanya jika ada pasangan yang duduk di antara pohon tersebut, niscaya hubungannya akan awet sampai ke jenjang pernikahan. (mar)

Baca juga:

Pohon, Si Peneduh Tepi Jalan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH