Pohon, Si Peneduh Tepi Jalan Pohon dapat menghasilkan oksigen (Foto: Pexels/Lerkrat Tangsri)

"BUNGA di tepi jalan, alangkah indahnya," begitulah Koes Plus dalam lagunya. Ya, bunga-bunga yang tumbuh di tepi jalan memang begitu indah, enak dipandang, dan rasanya ingin selalu dipetik untuk diberikan kepada sang belahan jiwa.

Sama seperti bunga, tanpa disadari, pohon yang tumbuh di tepi jalan juga tak kalah indahnya. Bahkan bukan cuma indah, pohon juga memiliki banyak fungsi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Baca juga:

Cerita Beringin, Dari Pohon Keramat Hingga Simbol Partai

Selain bikin jalanan teduh, pohon dapat menyerap co2 dan menghasilkan oksigen lho. Artinya, minimal pohon selalu siap menyediakan oksigen agar kamu bisa bernafas dengan nyaman saat menelusuri tepi jalan. Banyak jasanya ya pohon?

Nah, oleh karena itu, setidaknya kamu harus tahu nih jenis-jenis pohon yang ada di tepi jalan. Berikut selengkapnya seperti yang dirangkum merahputih.com dari berbagai sumber.

1. Pohon Tanjung

Pohon Tanjung, Tepi Jalan
Pohon Tanjung sangat rindang (Foto: Instagram/@ergoen_punya)

Pohon tanjung memang tidak memiliki ukuran besar. Tinggi pohon ini juga sedang. Meski begitu, pohon ini sangat rindang dengan tajuk luas dan pertumbuhannya yang secara simetris.

Daun pohon tanjung juga tidak mudah rontok. Sehingga tidak akan terlalu mengotori tepi jalan. Pohon setinggi 15 meter ini biasanya juga ada lo di tepi jalan tol.

2. Pohon Mangga

Pohon Mangga, Tepi Jalan
Buah mangga sangat manis rasanya (Foto: Instagram/@rossyfaradisi)

Bisa dibilang pohon mangga itu pohonnya masyarakat. Banyak pohon mangga yang tumbuh di komplek dan perumahan sehingga membuat suasana pemukiman warga begitu teduh. Pohon ini bisa tumbuh hingga 4-10 meter karena ditanam dari cangkokan, bukan dari biji.

Bahkan, beberapa pohon mangga bahkan bisa tumbuh mencapai 10-40 meter. Tentu yang menjadi paling menarik dari pohon ini karena adanya buah mangga yang rasanya begitu manis. Kalau sudah musim panen tetangga sekitar pasti akan ikut minta jatah buah mangga.

Baca juga:

Mengenal Bangsa Ent, Manusia Pohon dalam 'Lord of the Rings'

3. Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya, Tepi Jalan
Pohon Tabebuya memiliki kembang seperti bunga sakura di Jepang (Foto: Instagram/@alfan_ifantri)

Jenis pohon yang satu ini sangat identik dengan kota Surabaya. Pohon Tabebuya menjadi pemandangan paling indah saat kamu berkunjung ke jalan protokol Surabaya. Pohon Tabebuya banyak tumbuh di Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng bermekaran di Surabaya.

Yang bikin pohon ini begitu indah karena memiliki banyak kembang yang mekar daripada daunnya. Berada di Surabaya juga serasa di Jepang karena adanya pohon ini yang kembangnya serupa dengan bunga sakura.

4. Pohon Flamboyan

Pohon Flamboyan, Tepi Jalan
Pohon Flamboyan memiliki bunga berwarna merah nan cerah (Foto: Instagram/@raihaninur)

Pohon Flamboyan memiliki ciri khas berupa bunga merah nan cerah. Batangnya yang kokoh benar-benar membuat pohon ini memiliki bentuk yang begitu indah. Belum lagi ukurannya yang besar, sangat cocok untuk menjadi peneduh di tepi jalan. Tidur di bawah pohon ini nampaknya juga sangat nyaman.

Bagaimana sahabat Merah Putih, pernah melihat pohon yang mana nih? (ikh)

Baca juga:

Ternyata Kata Betawi Berasal dari Nama Pohon

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH