Sains

Planet Mana yang Paling Ingin Dikunjungi Manusia?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 23 Februari 2021
Planet Mana yang Paling Ingin Dikunjungi Manusia?
Planet yang paling ingin dikunjungi oleh manusia. (Foto Unsplash/@David Menidrey)

SETELAH Frank Sinatra merilis lagu Fly Me to the Moon pada 1964 silam, banyak orang yang memimpikan pergi ke bulan. Tak sedikit pula yang penasaran dan bertanya: seperti apa musim semi di planet Jupiter dan Mars? Pertanyaan itu menjadi populer hampir setengah abad yang lalu. Bagaimana dengan saat ini? Apakah masih banyak orang yang tetap ingin mengunjungi bulan?

Berdasarkan jajak pendapat terbaru yang dilakukan laman Grunge terhadap 518 responden Amerika Serikat, ternyata ada satu planet yang paling menarik perhatian. Tak lain dan tak bukan adalah planet keempat dari tata surya bernama Mars. Planet merah tersebut duduk di urutan pertama dengan 35,91 persen suara.

Baca juga:

Astronom Temukan Lubang Hitam Supermasif Tertua di Alam Semesta

Planet Mana yang Paling Ingin Dikunjuni Manusia?
Mars jadi planet yang paling ingin didatangi oleh manusia saat ini. (Foto: Pexels@/Tom Leishman)

Tidak mengherankan karena akhir-akhir ini banyak ilmuwan dan ahli bintang memang lagi gencar-gencarnya meneliti Mars.

Perusahaan antariksa terbesar AS, NASA dilaporkan sedang dalam proses pengembangan teknologi mutakhir agar bisa membawa manusia ke sana.

Agensi yang ditemukan pada 1958 itu dikabarkan dalam proses perancangan pakaian astronaut berteknologi tinggi serta pelindung panas agar bisa bertahan di Mars.

Begitu pula dengan perusahaan SpaceX buatan Elon Musk yang saat ini bekerja keras untuk menerbangkan pesawat ke Mars.

Baik NASA dan SpaceX sedang berlomba-lomba untuk segera mengangkut manusia ke Mars. Jika SPaceX janjikan pendaratan manusia pertama terjadi pada 2026, NASA menjadwalkannya tahun 2030.

Baca juga:

Heboh! Ahli Astronomi Temukan Sebuah Planet Seperti 'Neraka'

Planet Mana yang Paling Ingin Dikunjuni Manusia?
Ukuran Jupiter yang besar sepertinya menarik perhatian banyak orang. (Foto: Pixabay/@8385)

Di posisi kedua planet yang paling ingin dikunjungi ialah Jupiter. Ada 20,46 persen suara yang mengaku ingin mampir ke planet tersebut. Tampaknya popularitasnya ini tidak terlepas berkat fakta bahwa Juipter merupakan planet terbesar di tata surya.

Menurut NASA, Jupiter dua kali lebih masif dari gabungan semua planet lain. Selain itu, ukuran planet kelima dari matahari ini setara dengan 11 Bumi. Jadi kalau bisa pergi ke Jupiter, sepertinya manusia bisa punya lahan yang lebih luas untuk hidup. Tak perlu lagi berdesak-desakan seperti halnya ketika menetap di Bumi.

Planet lainnya yang masuk dalam daftar keinginan adalah Venus (15,25%), Neptunus (8,11%), Uranus (6,37%), dan Merkurius (3,68%). Lebih dari 10 persen sisanya memilih opsi lainnya dan dalam pilihannya, Bumi jadi yang paling populer. Apakah artinya masih banyak orang yang tetap ingin tinggal di sini? (sam)

Baca juga:

'Mission To Mars', Menjelajah Planet Merah dengan Teknologi AR

#Planet #NASA #SpaceX #Planet Mars #Luar Angkasa #Sains
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan