Heboh! Ahli Astronomi Temukan Sebuah Planet Seperti 'Neraka' Sebuah planet baru bak 'Neraka' ditemukan oleh ahli astronomi (Foto: university of warwick)

BELUM lama ini seorang ahli Astronomi menemukan planet dengan temperatur permukannya yang sangat panas, yakni mencapai 1.000 derajat celcius.

Selain memiliki temperatur permukaan yang seperti 'neraka', waktu revolusi planet tersebut pun sangat singkat, yakni satu tahun di planet itu hanya berdurasi 18 jam.

Baca juga:

Perusahaan Wisata Ini Tawarkan Perjalanan ke Luar Angkasa

Dilansir dari laman New York Post, planet yang dinamakan NGTS-10b berjarak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi.

Karena bersuhu panas, planet NGTS-10b termasuk sebagai 'Jupiter Panas' (foto: spidersweb)

Lantaran berbentuk planet gas raksasa bersuhu permukaan tinggi, planet itu pun termasuk sebagai 'Jupiter panas'. Karena ukurannya yang menyerupai Jupiter dan memiliki suhu permukaan yang panas.

"NGTS-10b merupakan planet seukuran Jupiter yang mengorbit bintang tak begitu jauh dari Matahari," ucap James McCormac.

Planet tersebut merupakan sebuah pelanet yang mengalami penguncian pasang surut. Atau satu sisi planet itu terus menghadap bintangnya selama mengorbit.

Karena jarak planet itu yang cukup dekat dengan bintangnya, temperatur di salah satu planet NGTS-10b itu bisa mencapai 1.000 derajat celcius.

Baca Juga:

328 Hari di Luar Angkasa, Astronot Perempuan Ini Akhirnya Kembali ke Bumi

Planet baru itu diprediksi akan hancur (Foto: theregister)

Namun ahli astronomi memperkirakan jika planet itu sudah hampir hancur. Karena jaraknya yang dekat dengan bintang, kekuatan pasang surutnya dapat menghancurkan planet tersebut.

Para peneliti pun akan terus mengawasi planet tersebut dalam waktu puluhan tahun ke depan, guna mengetahui apa yang akan terjadi pada planet NGTS 10-b itu.

Selain itu, para penliti pun berharap jika temuan itu bisa membantu untuk memahami komposisi dari Jupiter panas.

Salah satu penulis Studi tersebut, Daniel Bayliss pun menambahkan, selama beberapa puluh tahun ke depan, ada kemungkinan kita bisa melihat planet ini dapat tersedot oleh bintang. Hal itu dianggap bisa membantunya untuk melihat struktur dari planet yang belum pernah diketahui sebelumnya. (Ryn)

Baca Juga:

Sejarah Baru! Astronot Berhasil Membuat Biskuit Cokelat di Luar Angkasa

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH