Sains
Astronom Temukan Lubang Hitam Supermasif Tertua di Alam Semesta Astronom temukan supermassive blackholes tertua yang pernah diketahui. (Foto: Pixabay/12019)

PERNAH dengar istilah 'supermassive black holes'? Bukan, bukan lagunya Muse. Melainkan tipe lubang hitam yang massanya jutaan hinga miliaran kali dari massa matahari. Beberapa waktu lalu, astronom baru saja menemukan lubang hitam supermasif tertua yang pernah diketahui.

Massanya 1,6 miliar kali lebih besar dibandingkan matahari dan berjarak lebih dari 13,03 miliar tahun cahaya dari planet Bumi. Uniknya, para ahli memperkirakan lubang hitam ini muncul kira-kira 670 juta tahun setelah alam semesta terbentuk. Mengalahkan bekas lubang hitam pemegang rekor sebelumnya, J1342+0982 yang eksis saat alam semesta baru berusia 690 juta tahun.

Baca juga:

Komet C/2020 Melintas Bumi Mengejutkan Dunia Astronomi

Mengutip CNET, pengetahuan baru menakjubkan ini diumumkan pada 'Meeting of the American Astronomical Society' ke-237. Disebut sebagai J0313-1806, lubang hitam itu berada di dalam sebuah kuasar besar. Kuasar merupakan inti galaksi aktif yang memancarkan radiasi sangat besar dan kuat yang bersumber dari lubang hitam.

Peneliti memperkirakan lubang hitam ini muncul 670 juta tahu setelah Big Bang. (Foto: Pixabay/geralt)

Berkat penemuan tersebut, ilmuwan mendapatkan pelajaran baru mengenai lingkungan di alam semesta kuno. Tapi seperti kisah astrofisika lainnya, hal itu justru semakin menimbulkan sejumlah pertanyaan yang membingungkan.

Ahli astronomi berhasil menemukan kuasar itu menggunakan beberapa observatorium. Seperti Atacama Large Milimeter/submilimeter Array (ALMA) di Chili, teleskop radio terbesar di dunia, dan dua observatorium di Mauna Kea, Hawaii.

Baca juga:

Cahaya Merah Misterius Terdeteksi di Pusat Bima Sakti

Setelah mengetahui massa kuasarnya, hal ini menimbulkan perdebatan. Sebab lubang hitam tidak mungkin lebih tua dari 670 juta tahun. Selain itu, teori tradisional mengenai pertumbuhan lubang hitam tidak dapat menjelaskan ukuran raksasanya yang terbentuk dalam periode waktu singkat.

Akan tetapi penemuan lubang hitam raksasa ini menimbulkan pertanyaan baru karena ukurannya yang besar terbentuk dalam waktu cepat. (Foto: Pixabay/geralt)

Sampai saat ini, pemahaman manusia tentang pembentukan 'black holes' melibatkan bintang-bintang yang runtuh dengan sendirinya. Hal ini membuat peneliti tidak bisa menjelaskan mengapa lubang hitam J0313-1806 bisa begitu besar.

"Agar lubang hitam tumbuh menjadi ukuran yang kita lihat di J0313-1807, itu harus dimulai dengan lubang hitam benih setidaknya 10.000 massa matahari," jelas astronom Universitas Arizona, Xiaohui Fan.

Masih menurut Fan, lubang hitam ini mungkin telah terbentuk melalui runtuhnya sejumlah besar gas hidrogen purba atau lubang benih yang terbentuk melalui keruntuhan bintang.

Namun, artinya teori tradisional tentang kecepatan tumbuhnya 'black holes' tidak berlaku lagi. Oleh sebab itu, lebih banyak lagi penelitian angkasa luar yang diperlukan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan akibat penemuan J0313-1806. (sam)

Baca juga:

Menakjubkan, Foto Kilat 'Red Sprite' di Prancis

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hentikan Makanan Olahan ini, Berbahaya bagi Kesehatan
Fun
Hentikan Makanan Olahan ini, Berbahaya bagi Kesehatan

ada perbedaan besar antara makanan olahan yang sehat dan tidak sehat

Enggak Biasa, Louis Vuitton Pamerkan Koleksi Spring 2021 di Dermaga
Fashion
Laris Manis, The Last of Us 2 Jadi Gim dengan Penjualan Tercepat di PlayStation 4
Fun
Mengenal Lebih Jauh Kawasaki Disease
Fun
Mengenal Lebih Jauh Kawasaki Disease

Di saat pandemi, juga merebak kawasaki disease.

Brie Larson Incar Peran Samus Aran Jika Metroid Digarap Jadi Film Live-Action
Fun
Brie Larson Incar Peran Samus Aran Jika Metroid Digarap Jadi Film Live-Action

Katakter perempuan pemburu alien tersebut sudah melekat pada Brie Larson sejak kecil.

Festival Film Sundance 2021 Hanya Berlangsung Seminggu
Fun
Festival Film Sundance 2021 Hanya Berlangsung Seminggu

Festival Film Sundance biasanya berlangsung selama 11 hari.

Mobil Listrik Tetap Awet Selama WFH, Begini Kiatnya!
Fun
Mobil Listrik Tetap Awet Selama WFH, Begini Kiatnya!

Cara merawat mobil listrik yang jarang dipakai karena WFH.

Serial TV Harry Potter akan Dibuat, Penggemar Murka
ShowBiz
Serial TV Harry Potter akan Dibuat, Penggemar Murka

Ide-ide luas telah dibahas dalam pertemuan tahap awal.

Mobil Terbang Canggih Terkecil di Dunia ala Jepang
Fun
Mobil Terbang Canggih Terkecil di Dunia ala Jepang

Dirancang untuk menjadi kendaraan listrik terkecil di dunia yang mampu take off dan landing secara vertikal.