Teknologi

Pintek Gandeng Pusdatin Kemendikbud dan DUGI Dorong Literasi Digital

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 30 November 2020
Pintek Gandeng Pusdatin Kemendikbud dan DUGI Dorong Literasi Digital
Pintek bersama Pusdatin Kemendikbud dan DUGI. (Foto: Istimewa)

PERUSAHAAN teknologi finansial, Pintek menyelenggarakan sesi diskusi dengan tajuk “Pintek Edutalk #YangPentingBelajar: Tingkatkan Literasi Digital Bagi Pendidikan 4.0”, pada Senin (30/11). Diskusi kali ini menjadi ruang biacara untuk mengembangkan ekosistem pendidikan melalui implementasi teknologi, sekaligus menguatkan komitmen terhadap pentingnya literasi digital.

Literasi digital merupakan salah satu literasi dasar yang telah ditetapkan oleh World Economic Forum pada 2015 lalu. Literasi ini tidak hanya penting bagi peserta didik, tetapi juga orang tua, lembaga pendidikan, hingga masyarakat luas.

Hal yang bisa dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan literasi digital adalha penyediaan kelas virtual sehingga peserta didik dapat belajar kapanpun dan di mana pun.

Baca juga:

Pintek Instant Tawarkan Solusi Dana Pendidikan

Menurut Co-Founder dan Direktur Utama Pintek Tommy Yuwono, #YangPentingBelajar merupakan sebuah gerakan dari Pintek dalam mendukung sektor pendidikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi apapun.

“Melalui acara ini, kami ingin berbagi pengetahuan, pandangan, dan tren teknologi untuk pendidikan agar literasi digital pada dunia pendidikan dapat ditingkatkan lebih baik lagi sehingga dapat sejalan dengan misi pemerintah,” kata Tommy.

“Kami berharap institusi pendidikan dapat terinspirasi dari materi-materi yang disediakan dan menjadi learning point bahwa tantangan yang dihadapi selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dapat teratasi melalui penggunaan media digital untuk pendidikan, tentunya kami juga mendukung dari sisi finansial,” lanjutnya.

Adanya pemberlakuan sistem PJJ, menjadi dorongan keras bagi lembaga pendidikan untuk memaksimalkan implementasi teknologi pada dunia pendidikan, seperti penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar, pembukuan, hingga sarana komunikasi.

Baca juga:

Kolaborasi di Sektor Pendidikan Menerapkan Pembelajaran Secara Digital

Ahli Utama PTP Pusdatin Kemendikbud Gogot Suharwoto menyatakan, Indonesia dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan milenial memiliki misi yang kuat untuk membawa Indonesia kepada Pendidikan 4.0.

Seiring dengan itu, lembaga pendidikan dan sdm pendidikn perlu diberikan pengetahuan mengenai pentingnya literasi digital dalam pembelajaran, khususnya pada masa penuh tantangan saat ini.

Pintek Gandeng Pusdatin Kemendikbud dan DUGI Dorong Literasi Digital
Upaya peningkatan literasi digital oleh Pintek. (Foto: screenshot)


“Kami meyakini bahwa literasi digital mampu menciptakan ekosistem pendidikan di Indonesia yang semakin kuat sekaligus dapat mencetak generasi penerus bangsa yang paham akan teknologi, kreatif, dan dapat menyaring informasi dengan baik,” papar Gogot.

Sebagai mitra resmi Google untuk pendidikan di Indonesia, PT Duta Digital Informatika (DUGI) percaya bahwa teknologi dan solusi pembelajaran untuk seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia dapat memanfaatkan dan menggunakan G Suite for Education.

“Kami percaya bahwa peningkatan literasi digital membutuhkan dukungan dari seluruh pihak agar dapat terciptanya ekosistem pendidikan yang bermutu. Kami mendukung sekolah untuk memaksimalkan teknologi digital agar Pendidikan 4.0 dapat terwujud,” kata Arya Sanjaya, Direktur Utama DUGI.

“Pada ujungnya, penggunaan teknologi digital yang terpadu akan memberikan penggunanya untuk memiliki kompetensi dasar yang diperlukan dalam kehidupan di era Industri 4.0, yaitu kemampuan bekerjasama, berkomunikasi, berpikir kreatif, serta memiliki berpikir komputatif,” tutup Arya. (and)

Baca juga:

Segala Hal Tentang Teknologi Pendidikan di Edutech Expo & IIETSE 2020

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan