Pintek Instant Tawarkan Solusi Dana Pendidikan Pintek Instant tawarkan solusi dana pendidikan anak. (Foto: fitzvillafuerte.com)

PERUSAHAAN teknologi finansial (peer-to-peer lending) Pintek baru saja meluncurkan layanan Pintek Instant pada Kamis (15/10) secara virtual. Pintek Instant diharapkan dapat membantu menjawab keluhan orangtua mengenai pembiayaan pendidikan anak, terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

Pintek Instant merupakan salah satu bentuk inovasi dari Pintek dan menjadi bagian dari produk Pintek Students. Melalui layanan ini, Pintek ingin memberikan keringanan orangtua agar dapat mencicil biaya pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi. Pintek Instant juga dapat digunakan untuk membayar semua tagihan sekolah, seperti uang buku, e-learning, wisuda, hingga skripsi.

BACA JUGA:

Pandemi Memotivasi Wanita Ini Wujudkan Cita-cita Jadi Pengusaha Pakaian hingga Kuliner

“Kami ingin turut menjadi pendorong bagi pertumbuhan sektor pendidikan di Indonesia. Dengan adanya Pintek Instant ini kami berharap bisa menjawab kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia,” ujar Co-Founder Pintek, Tommy Yuwono.

Pintek Instant juga memberikan layanan kebutuhan pendidikan dalam wujud digital, seperti laptop maupun gawai lainnya. Salah satu motivasi Tommy dan tim meluncurkan layanan ini karena mereka menganggap bahwa pendidikan merupakan sebuah kunci dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul di masa depan.

Kehadiran Pintek Instant berangkat dari keluhan orang tua mengenai biaya pendidikan anak, terlebih yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Berdasarkan data yang dipaparkan Pintek, sebanyak 17 persen buruh/karyawan di Indonesia mengalami PHK dan 57 persen mengalami penurunan pendapatan.

“Sejak awal, kami menjaga komunikasi baik dengan mitra kami yaitu lembaga pendidikan swasta. Melalui tim yang melakukan pendekatan di lapangan, memang banyak ditemukan adanya kesulitan pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi orang tua didik,” tutur Tommy.

Pintek Instant memiliki limit pinjaman hingga Rp5 juta dengan tenor mulai dari 30 hari hingga tiga bulan. Bunganya pun cukup ringan, yakni mulai dari nol persen. Syarat dokumen yang diperlukan hanya KTP saja.

Biaya Pendidikan Jadi Lebih Aman Lewat Pintek Instant
Data yang dipaparkan oleh Pintek. (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

Namun, Pintek Instant hanya bisa digunakan bagi institusi pendidikan yang sudah bekerja sama dengan Pintek saja. Hal ini untuk memudahkan pengolahan data dan keamanan peminjam. Tommy pun membukakan pintu bagi siapa saja yang ingin bekerja sama dengan Pintek.

Layanan ini juga didukung oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

“Kami sangat mendukung penuh dengan adanya Pintek Instant ini. Kami berhahrap dengan adanya inovasi dari Pintek ini dapat meningkatkan kontribusi fintech lending terhadap sektor pendidikan di Indonesia,” ujar Ketua Harian AFPI, Kuseryansyah. (and)

BACA JUGA:

Ikan Terbesar di Dunia Berjenis Kelamin Betina

Kredit : andreas_pranatalta

Tags Artikel Ini

Andreas Pranatalta

LAINNYA DARI MERAH PUTIH