Pilih Air Minum dalam Kemasan yang Baik, ini Caranya Air mineral kemasan tidak boleh dibeli secara sembarang. (Foto Gulf News)

KETIKA membeli air minum, sangat jarang kita mengetahui kandungan apa saja yang ada pada kemasan air minum tersebut. Anggapannya, asal air minum dalam kemasan, pasti terjamin kebersihan dan kandungan dalamnya. Padahal, tidak semua air minum kemasan memiliki kualitas yang baik loh.

Meskipun demikian, air minum dalam kemasan tetap jadi pilihan karena praktis tak perlu dimasak. Melansir laman Alodokter, ini nih cara memilih air minum kemasan yang aman dikonsumsi.

BACA JUGA: Home Schooling Ketika Orangtua Sibuk Bekerja

1. Perhatikan informasi terkait sumber air

air minum dalam kemasan
Air mineral mengandung beberapa kandungan mineral. (Foto New Straits Times)

Dari beragam jenis air minum kemasan, yang paling sering dikonsumsi ialah air mineral dalam botol. Seperti namanya, air mineral mengandung beragam mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kalsium, kalium, natrium, fluoride, dan magnesium.

Selain sumber air yang digunakan, proses pengolahan dalam produksi air mineral juga perlu diperhatikan. Idealnya, kemasan botol diolah dengan teknologi canggih sehingga mencegah terjadinya kontaminasi oleh kuman maupun bahan kimia berbahaya lainnya.


2. Sesuai standar pemerintah

air minum dalam kemasan
Sesuai dengan standar yang diberikan pemerintah. (Foto Engoo)

Sebelum mengonsumsi, pastikan air minum yang kamu beli memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia). Logo tersebut menandakan bahwa telah memenuhi standar keamanan dan kebersihan yang ditentukan Badan Standardisasi Nasional (BSN). Selain itu, produk air minum juga telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).


3. Perhatikan kondisi kemasan

air minum dalam kemasan
Pastikan kondisi kemasan yang dalam keadaan baik. (Foto Plastics News)

Sepertinya poin yang satu ini sudah menjadi kebiasaan sebelum membeli minuman atau makanan. Pastikan kondisi kemasan tidak dalam keadaan rusak, tidak bocor, dan masih tersegel dengan rapat. Kemasan yang rusak menadakan bahwa kemasan tersebut terpapar suhu panas dalam jangka waktu yang lama, sehingga kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin.


4. Perhatikan warna, rasa, dan aroma air

air minum dalam kemasan
Air bersih tidak memiliki aroma apapun. (Foto Food & Nutrition Magazine)

Air yang aman dikonsumsi ialah tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa. Hindari mengonsumsi air minum yang tampak keruh atua berbau tidak sedap. Amat mungkin air tersebut terkontaminasi kuman atau bahan kimia berbahaya yang menimbulkan sakit.


5. Cek tanggal kedaluwarsa

air minum dalam kemasan
Jangan lewat dari kadaluwarsa. (Foto Phox Water)

Tidak hanya makanan, air mineral kemasan juga memiliki masa kedaluwarsa. Sebelum membeli, cek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Air yang terlalu lama dalam kemasan biasanya sudah menurun kualitasnya dan tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari membeli air minum yang sudah lewat dari tanggal yang ditentukan.(And)

BACA JUGA: Tips Memilih Telur yang Aman dan Sehat



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH