Tips Memilih Telur yang Aman dan Sehat

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 07 Mei 2020
Tips Memilih Telur yang Aman dan Sehat
Telur ayam (Foto: Pixabay/Couleur)

DI masa pandemi seperti sekarang, penting rasanya untuk memastikan apakah makanan yang kita konsumsi itu benar-benar aman dan sehat. Tujuannya tentu agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Khusus telur, ada beberapa cara untuk mengenali apakah telur tersebut sehat dikonsumsi. Dilansir dari Antaranews.com, Kamis (7/5) Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) menjelaskan jika telur yang sehat punya beberapa ciri di antaranya warna cangkang kulit telur sesuai jenis unggasnya.

Baca juga:

4 Fakta Parasit Toxoplasma Gondii dapat Mengontrol Pikiran

Ada ciri-ciri apakah telur yang dikonsumsi aman dan sehat (Foto: Pixabay/monicore)
Ada ciri-ciri apakah telur yang dikonsumsi aman dan sehat (Foto: Pixabay/monicore)

Telur bebek berwarna biru dengan bobot rata-rata 55-65 gram. Telur ayam lokal atau buras berwarna putih kecokelatan berbobot 40-50 gram. Telur ayam arab memiliki warna putih seberat 45-55 gram. Ayam ras memiliki warna telur cokelat dengan berat 50-60 gram. Terakhir telur ayam bibit yang kurang dar 50 gram.

Selain itu, telur yang sehat memiliki permukaan cangkang halus, mengkilap, tidak retak serta tak ada kotoran ayam, noda hitam atau pengapuran. Ada pula trik lain untuk mengetahui apakah telur memiliki kualitas baik atau kurang layak dikonsumsi. Caranya yakni menggunakan larutan garam.

Baca juga:

Viral! Robot ini Mampu Basmi Virus Corona Dalam 2 Menit

Salah satunya kenali dari warna cangkang (Foto: Pixabay/stevepb)
Salah satunya kenali dari warna cangkang (Foto: Pixabay/stevepb)

Telur yang baik akan tenggelam dalam larutan garam 10 persen. Sebaliknya, telur yang jelek akan mengapung karena banyak kantung udara di dalam cangkang. Hla itu mengindikasikan jika telur sudah berusia lama.

Ketika dipecahkan, telur ayam baru dan sehat punya batas ketebalan antara putih telur dan kuning telur yang jelas. Bentuk kuning telur bulat dan berada di tengah putih telur.

Sedangkan untuk telur ayam yang sudah lama ciri-ciri tersebut tak ada. Terdapat pula bercak darah atau benda asing di putih telur. Bentuk kuning telur tak lagi bulat dengan posisinya di pinggir putih telur. (Yni)

Baca juga:

Yuk Intip Tips Tetap Nyaman Berpuasa Bagi Pengidap Sakit Mag

#Telur #Kuning Telur #Info Kesehatan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan