Perlu Tahu, Begini Cara Raup Cuan lewat Konten TikTok

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 07 Juli 2022
Perlu Tahu, Begini Cara Raup Cuan lewat Konten TikTok
Cara dapat uang dari TikTok. (Foto: Unsplash/Olivier Bergeron)

MENYUSUL perkembangan berbagai platform media sosial video pendek seperti TikTok, kini pengguna tak lagi hanya menggunakannya sebagai cara mengekspresikan diri. Tak jarang pengguna mulai menggunakan TikTok sebagai sarana untuk meraup cuan atau menghasilkan uang.

Bahkan TikTok kini digunakan sebagai sarana mencari nafkah, artinya tidak sedikit orang yang mengandalkan platform tersebut untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Aplikasi yang meluncur pada 2016 itu baru mulai hits sejak awal pandemi, tepatnya 2020 lalu.

Video yang diunggah ke platform tersebut juga bermacam-macam, mulai dari konten edukatif, menghibur, motivasi, olahraga, hobi, dan lain-lain. Tak mengherankan bila hingga 2021 lalu, TikTok sudah 1 miliar pengguna di seluruh dunia, dan lebih dari 92 juta pengguna di Indonesia.

Baca juga:

Jual Buah Pakai TikTok, Petani ini Cuan Maksimal

Jumlah pengguna yang banyak itu juga tentunya mendukung TikTok sebagai salah satu cara orang mendapatkan cuan. Bekerja sebagai kreator konten, TikTok bisa jadi tempat yang tepat untuk meraup pundi-pundi rupiah. Bagaimana caranya? Simak rangkuman informasinya berikut ini:

1. Membuka sponsored content post

Sponsored Content Post bisa bantu kreator raup cuan. (Foto: Unsplash/Aaron Weiss)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan sebagai kreator konten untuk meraup cuan di TikTok adalah dengan membuka sponsored content post. Kamu sebagai kreator konten akan menjalin kerja sama berbayar dengan brand tertentu yang akan meminta kamu untuk menyertakan produk mereka lewat konten.

Misalnya kamu merupakan seorang kreator konten yang kerap membahas segala hal tentang otomotif, maka bisa saja sebuah perusahaan produsen peralatan cuci mobil meminta kamu untuk mempromosikan produk mereka di konten kamu, dan sebagai kreator kamu akan menerima bayaran berupa uang.

2. Endorsement

Kreator bisa menerima endorse dan mendapat imbalan. (Foto: Unsplash/Josh Rose)

Sedikit mirip dengan sponsored content post, namun endorsement berbeda dari jenis video yang diunggah. Biasanya materi sponsored content post dibuat oleh perusahaan dan disisipkan di video kreator, sementara endorsement meliputi cara kreatif kreator mempromosikan produk perusahaan itu.

Baca juga:

5 Profesi Ini Bisa Bikin Jalan-Jalan Jadi Ladang Cuan

3. Donasi atau payout coins

Melakukan live streaming di TikTok bisa mendapatkan donasi dari penonton. (Foto: Unsplash/Harry Cunningham)

Berikutnya, kamu juga bisa menghasilkan uang dari TikTok lewat fitur donasi atau payout coins yang bisa kamu dapatkan saat melakukan live streaming. Nantinya pada saat kamu sedang live streaming, platform akan memungkinkan penonton memberi sticker gift yang kemudian dapat ditukar dengan uang.

4. Membuka TikTok shop

Membuka TikTok Shop bisa langsung jual barang. (Foto: Unsplash/Harry Cunningham)

Mungkin beberapa pengguna belum tahu, bahwa TikTok Shop adalah cara untuk melakukan transaksi jual beli online bagi para pengguna aplikasi TikTok langsung dari aplikasi tersebut. Jadi kamu bisa mempromosikan suatu produk dan menjualnya langsung pada platform tersebut tanpa pindah ke aplikasi lain.

Sedikit banyak, beberapa cara di atas bisa kamu terapkan untuk mendapatkan keuntungan lewat TikTok.

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara mulai membuat konten dan bisa meraup cuan dari sana, kamu bisa ikutan webinar 'Ngonten Dapat Cuan!' dari Merahputih.com. Nanti kamu bisa mendengar langsung pengalaman dan diskusi dengan pembicara yang sudah berhasil mendapatkan cuan dari kontennya.

Kegiatan webinar akan diadakan pada Sabtu 16 Juli 2022, pukul 10.00-11.00 WIB via Zoom Meeting. Webinar ini gratis dan terbuka untuk umum, bila tertarik kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui tautan berikut: http://bit.ly/registerNDC. (waf)

Baca juga:

Mengenal Keunggulan TikTok Jump

#Konten Kreator #TikTok #Aplikasi TikTok #Media Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan