5 Profesi Ini Bisa Bikin Jalan-Jalan Jadi Ladang Cuan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 15 Maret 2022
5 Profesi Ini Bisa Bikin Jalan-Jalan Jadi Ladang Cuan
Ilustrasi travelling. (Foto: Unsplash/Tron Le)

HOBI jalan-jalan atau travelling menjadi kegiatan menyenangkan yang disukai banyak orang karena dapat menikmati indahnya berbagai tempat sekaligus menghilangkan beban pikiran dari kesibukan sehari-hari. Meski jalan-jalan biasanya hanya dilakukan sesekali, namun ada juga profesi yang bisa jalan-jalan sambil bekerja.

Ada sejumlah profesi yang bisa mengambil kesempatan di tengah agenda jalan-jalan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan ada pula yang bisa bekerja atau usaha sambil jalan-jalan seperti profesi-profesi berikut ini.

Baca Juga:

'Backpacking vs Luxury Travelling', Kamu Pilih yang Mana?

1. Usaha jasa titip (Jastip)

Ilustrasi belanja. (Foto: Unsplash/charlesdeluvio)

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan kegiatan yang satu ini, di mana teman-teman bisa menitip sejumlah oleh-oleh atau barang agar kamu belikan saat kamu berkunjung ke suatu kota atau negara. Kamu bisa mengambil satu hari di tengah agenda jalan-jalan untuk membeli barang dan oleh-oleh tersebut.

2. Tour guide

Ilustrasi tour guide. (Foto: Unsplash/Kentaro Toma)

Profesi yang satu ini memang sangat berhubungan dengan jalan-jalan. Buat kamu yang punya hobi jalan-jalan dan memiliki kemampuan komunikasi baik maka sangat cocok bekerja sebagai tour guide. Kamu bisa menikmati liburan gratis sambil mendapatkan penghasilan.

3. Fotografer

Ilustrasi fotografer. (Foto: Unsplash/Jakob Owens)

Saat jalan-jalan pasti orang akan berfoto ria untuk mengabadikan momen berkunjung ke suatu tempat. Bila kamu punya hobi dan kemampuan fotografi yang baik bisa memanfaatkan kebiasaan tersebut sebagai sumber penghasilan terlebih bila ada proyek pemotretan di luar negeri.

Baca Juga:

Penggemar K-pop Bisa Cari Cuan Lewat Hobi

4. Jurnalis

Ilustrasi jurnalis. (Foto: Unsplash/Sam McGhee)

Wartawan atau jurnalis juga bisa jadi profesi seru untuk dijalani terlebih dengan mobilitas yang tinggi dan ranah topik bahasan yang luas kamu bisa bekerja sambil jalan-jalan ke berbagai tempat seru, unik, dan baru. Namun kamu harus memiliki daya pikir yang kritis dan wawasan luas terkait topik yang akan kamu liput.

5. Akun travelling TikTok

Ilustrasi TikTok. (Foto: Unsplash/Olivier Bergeron)

Akun travelling di TikTok nyatanya cukup ramai penonton dan bisa jadi opsi ladang cuan yang menarik. Kuncinya adalah konsisten mengunggah konten-konten menarik dan bila telah memiliki banyak pengikut kamu bisa mengadakan kerja sama dengan berbagai merek sebagai sponsor untuk video kamu.

Itulah lima profesi yang bisa kamu jadikan sebagai cara menyiasati keinginan atau hobi jalan-jalan dan keharusan untuk tetap bekerja dan mendapatkan penghasilan. Sesuaikan profesi dengan passion kamu agar bekerja jadi terasa menyenangkan. (WAF)

Baca Juga:

Pemuda, 'Healing' Tak Harus 'Travelling'

#Traveling
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan