Perhatikan Hal-hal Penting Ini Sebelum Berkendara di Malam Tahun Baru

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 29 Desember 2019
Perhatikan Hal-hal Penting Ini Sebelum Berkendara di Malam Tahun Baru
Perhatikan beberapa hal penting ini sebelum berkendara di malam tahun baru (Foto: pixabay/tookapic)

TAK terasa sebentar lagi sudah akan memasuki tahun 2020. Nah biasanya nih gengs, di malam pergantian tahun setiap orang ingin melewatinya dengan penuh kemeriahan.

Rata-rata sih jarang ada yang merayakan di rumah saja. Melainkan pergi ke tempat-tempat wisata atau pusat keramaian.

Baca Juga:

Cegah Sakit di Musim Liburan dengan Pola Makan Sehat Penambah Stamina

Khususnya untuk kamu yang ingin berkendara menggunakan mobil pribadi, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan.

Tentukan rute perjalanan dengan menggunakan GPS (Foto: pixabay/dariuszsankowski)

Karena kondisi lalu lintas di malam pergantian tahun biasanya sangat pada dan tak kondusif. Apalagi ditempat-tempat wisata yang lagi hits dan pusat-pusat keramaian kota.

Untuk itulah, di malam tahun baru kamu harus berkendara dengan aman dengan beberapa tips jitu seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Rute

Hal ini terbilang sangat penting, karena dengan menentukan rute yang tepat, kamu bisa terhindar dari hambatan perjalanan.

Baca Juga:

Daftar Zodiak yang Paling Boros Belanja di Liburan Akhir Tahun

Seperti kemacetan, jalanan rusak serta mencegah jalur yang ditutup karena rekayasa lalu lintas. Sebaiknya kamu menggunakan google maps atau waze sebagai penunjuk arah. Jangan lupa juga untuk melihat berita info lalu lintas terbaru untuk mempertajam akurasi rute yang ingin kamu pilih.

Sabuk Keselamatan

Jangan lupa untuk menggunakan sabuk keselamatan. Dalam hal ini, bukan hanya sabuk keselamatan di kursi bagian depan saja, tapi untuk penumpang di kursi bagian belakang juga wajib mengenakannya.

Karena meski kamu hanya bepergian dengan jarak yang cukup dekat maupun jarak jauh. Sabuk ini sangat penting untuk menjaga keselamatan kamu jika terjadi kecelakaan.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman (Foto: transportopics)

Lampu

Pertama-tama kamu harus pastikan seluruh lampu kendaraanmu menyala dan berfungsi dengan normal.

Setelah itu, gunakanlah lampu kendaraan di situasi yang tepat, seperti menggunakan sein saat berbelok dan jangan nyalakan lamu jauh/sorot kecuali pada saat yang diperlukan. Lalu jika kondisi darurat, jangan lupa juga menggunakan lampu hazard.

Fokus

Kamu harus konsentrasi penuh dalam berkendara. Karena kejadian yang tak terduga rentan terjadi di malam tahun baru. Untuk itu, perhatikanlah sekelilingmu saat bekendara, khususnya untuk mobil dan motor yang terparkir di sisi jalan, serta pejalan kaki yang kerap menyebrang tiba-tiba di jalan raya.

Jangan Ngebut

Lalu tips yang kelima ialah batasi kecepatan kendaraanmu. Saat malam tahun baru, mengemudilah dengan kecepatan normal yang sekiranya aman untuk dijalur yang cukup padat. Hindari menyalip kendaraan jika melewati jalur yang cukup sempit, karena hal itu bisa mengakibatkan kecelakaan fatal. Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol emosi di jalanan serta tetap mempersiapkan fisik agar tetap fit. (Ryn)

Baca Juga:

Memberi Hadiah Tahun Baru Bermanfaat Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya

#Tahun Baru #Musim Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan