hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Cegah Sakit di Musim Liburan dengan Pola Makan Sehat Penambah Stamina Yuk intip pola hidup sehat penambah stamina (Foto: pixabay/089photoshootings)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

PADA saat musim penghujan tiba, tubuh seseorang rentan terkena berbagai penyakit. Karena itu tubuh butuh penambah stamina.

Dalam hal ini penambah stamina tak melulu lewat suplemen maupun obat, karena bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan kamu. Sebaiknya gunakanlah cara alami untuk menambah stamina kamu dengan cara menerapkan pola makan sehat.

Baca Juga:

Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi, Apakah Aman?

Adapun beberapa cara mengatur pola makan agar stamina tetap terjaga seperti dilansir dari laman alodokter, yang pertama yaitu jangan lewatkan sarapan. Saat memulai aktivitas tentu membutuhkan energi. Energi tersebut diperoleh dari sarapan kamu setiap pagi. Jika melewatkan sarapan, maka otomatis tubuh kamu tak memiliki cukup energi dan stamina.

Jangan melewatkan sarapan (Foto: pixabay/free-photos)

Beberapa menu sarapan penambah energi yang bisa kamu coba, yakni bubur, telur dadar, roti, bubur ataupun oatmeal.

Langkah yang kedua untuk pola makan sehat penambah stamina yakni mengonsumsi karbohidrat. Dalam hal ini karbohidrat terbaik untuk menambah stamina dan energi ialah karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini memiliki rantai gula yang lebih panjang.

Sehingga membutuhkan waktu cukup laman untuk dicerna. Alhasil, kamu akan merasa berstamina dan benergi lebih lama. Makanan yang kaya karbohidrat kompleks yaitu buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Langkah ketiga yaitu makan secara teratur. Karena makan secara teratur setiap hari akan membuat tubuhmu terbiasa menerima makanan di jam yang sama Hal itu bisa membantu tubuh kamu untuk mempertahankan energi di sela waktu makan.

Biasakanlah makan 3 kali sehari, diselingi 2 kali makan makanan selingan. Tapi dengan catatan batasi makanan selingan yang mengandung tinggi lemak serta gula.

Baca Juga:

Amankah Olahraga Saat Perut Kosong? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Langkah keempat yakni penuhilan kebutuhan zat besi, Karena kekurangan zat besi bisa membuatmu merasa lelah, bahkan bkamu isa sampai pingsan. Nah, agar stamina tetap prima, penuhi kebutuhan zat besi kamu dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, hati sapi, hati ayam atau kerang dalam jumlah yang cukup.

Kelima yaitu kamu harus memperhatikan asupan cairan. Karena kekuarangan cairan atau dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab stamina kamu menurun. Agar stamina tetap terjaga, penuhi asupan cairan tubuhmu, caranya dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

Jaga asupan air minimal 8-10 gelas per hari (Foto: pixabay/silviarita)

Keenam yakni batasilah makanan yang mengandung gula. Meski gula memang bisa berubah menjadi energi di dalam tubuh, tapi energi dan stamina yang dihasilkan dari gula tak bisa bertahan lama. Tubuh kamu pun akan cepat memerlukan asupan energi kembali dalam waktu singkat.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula. Pun bisa membuat kamu cepat gemuk, karena itu batasilah konsumsi gula serta makanan yang mengandung banyak gula. seperti permen, cokelat dan kue.

Langkah yang ketujuh ialah Batasi kafein. Meski kafein dalam kopi atau teh dipercaya bisa memberikan suntikan energi dan menambah stamina, nyatanya itu tidak benar. Karena kafein hanyalah stimulan. Usai mengonsumsi kafein energi kamu memang akan meningkat. Namun setelah itu tubuh kamu justru akan terasa lebih lelah dari sebelumnya.

Nah, selain menerapkan 7 langkah pola makan sehat penambah stamina, kamu pun perlu istirahat yang cukup dan olahraga ruti untuk menambah staminamu. Dalam hal ini jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan dokter gizi, tentang pola makan dan jenis makanan sehat penambah stamina yang sesuai dengan fisik serta kebutuhanmu. (Ryn)

Baca Juga:

Kenali Beberapa Gangguan Kondisi Kesehatan Akibat Kedinginan di Tempat Liburan

Kredit : raden_yusuf

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5