Penyisihan Grup Pala Afrika 2019 Rampung, Duo Liverpool Masuk Jajaran Top Skor

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 03 Juli 2019
Penyisihan Grup Pala Afrika 2019 Rampung, Duo Liverpool Masuk Jajaran Top Skor
Ilustrasi. (Antaranews)

MerahPutih.com - Piala Afrika 2019 di Mesir telah rampung menggelar fase penyisihan grup pada Rabu (2/7) dini hari WIB. Hingga kini sudah ada sebanyak 68 gol tercipta sejak turnamen dibuka pada Sabtu (22/6) WIB.

Dalam gelaran itu, belum ada pemain yang bisa mencetak lebih dari dua gol. Mereka yang telah berhasil di antaranya dua penyerang Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane yang masuk jajaran puncak pencetak gol di Piala Afrika 2019.

Bintang tuan rumah, Salah lebih dulu mencapai jumlah tersebut setelah mencetak gol ke gawang Republik Demokratik Kongo pada laga kedua dan ke gawang Uganda pada pertandingan ketiga.

Sedangkan bintang Senegal, Mane, yang baru main di dua laga terakhir karena menjalani hukuman akumulasi kartu di pertandingan pertama harus menanti hingga laga ketiga timnya untuk mencetak dua gol.

Liverpool. (Twitter/LFC)
Liverpool. (Twitter/LFC)

Baca Juga: Man City Hancurkan Liverpool 5-0

Mane sebetulnya berpeluang mengemas trigol di laga melawan Kenya, namun eksekusi penalti pertamanya dimentahkan kiper lawan.

Di antara seluruh pemain yang berhasil mencapai raihan dua gol adalah sayap Benin Mickael Pote yang memborong gol-gol timnya saat menahan imbang Ghana 2-2 di pertandingan pertama.

Sedangkan Adam Ounas, yang melewatkan dua laga awal menghangatkan bangku cadangan Aljazair berhasil mengemas dwigol langsung saat diberi kepercayaan pelatih Djamel Belmadi ketika mengalahkan Tanzania.

Piala Afrika 2019 juga diwarnai satu gol bunuh diri yang dicetak oleh gelandang Namibia Itamunua Keimuine saat membuat timnya menelan kekalahan tipis 0-1 dari Maroko di pertandingan pertama.

Aljazair dan Mali jadi dua tim yang paling produktif selama penyisihan grup, masing-masing mencetak enam gol, meskipun cuma Aljazair yang membukukan sembilan poin penuh.

Sedangkan dua tim, yakni Burundi dan Guinea-Bissau gagal mencetak satu gol pun sepanjang fase penyisihan grup dan dipastikan tak akan mencetak gol sebab mereka pulang lebih awal. (*)

Baca Juga: Road to Final Liga Champions: Liverpool

#Mohamed Salah #Sadio Mane #Piala Afrika
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan