Kesehatan

Pentingnya Operasi Lasik, Solusi Alternatif untuk Atasi Kekurangan Penglihatan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 08 Mei 2023
Pentingnya Operasi Lasik, Solusi Alternatif untuk Atasi Kekurangan Penglihatan
Operasi lasik sering menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mengembalikan penglihatan seperti semula dengan cepat. (Foto: KMN EyeCare)

PEMAKAIAN kacamata dan lensa kontak saat ini menjadi solusi nan dipilih banyak orang untuk mengatasi kekurangan penglihatan. Seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silinder atau astigmatisme.

Meski kelihatannya praktis, nyatanya pemakaian kacamata dan lensa kontak juga bisa membawa sejumlah kerumitan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya kacamata berembun kala makan makanan panas dan radang serta iritasi pada mata akibat pemakaian lensa.

Baca Juga:

Enggak Usah Takut Melakukan Lasik

Salah satu solusi alternatif untuk mengembalikan ketajaman penglihatan adalah melalui operasi lasik atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. Mengacu dari laman Halodoc, operasi lasik adalah operasi untuk mengoreksi kornea dan fungsi mata dengan memakai laser. Operasi ini membantu agar cahaya yang masuk ke mata bisa jatuh di titik fokus nan tepat pada retina.

Kacamata tak selamanya praktis digunakan, terlebih jika penggunanya banyak melakukan aktivitas fisik. (Foto: Pexels/Francesco Paggiaro)

Operasi lasik sering dipilih oleh orang sebagai solusi karena memiliki hasil akhir yang cenderung memuaskan dalam waktu singkat. Banyak orang menilai bahwa penglihatan mereka jauh lebih baik setelah menjalani operasi lasik sekali atau lebih.

Selain itu, operasi lasik biasanya hanya menimbulkan sedikit rasa sakit saja. Pasien akan diberikan anestesi mirip obat tetes mata sebelum mulai menerima laser untuk operasi. Tindakan lasik juga tidak memerlukan jahitan. Oleh sebab itu, perawatan pascaoperasi lasik juga tergolong cepat. Biasanya hanya dalam waktu beberapa hari, seorang pasien sudah bisa beraktivitas seperti biasa.

Baca Juga:

Mata Minus Menghalangi Aktivitasmu? Atasi dengan Cara-Cara Ini

Saat ini, ada banyak rumah sakit dan klinik mata yang menyediakan layanan operasi lasik. Salah satunya adalah KMN (Klinik Mata Nusantara) EyeCare. Hal ini disampaikan oleh klinik medis tersebut dalam rilis terbarunya yang diterima oleh Merahputih.com pada Jumat (5/5).

Operasi lasik cenderung mampu mengatasi masalah penglihatan dalam waktu yang relatif singkat. (Foto: Pexels/Alexander Krivitskiy)

Klinik mata asal Tanah Air ini menghadirkan tindakan operasi lasik serta perawatan mata yang bertahap. Misalnya saja, pasien bisa melakukan cek lapisan retina serta saraf mata sebelum dan sesudah operasi lasik. Selain itu, para dokter juga menawarkan pengecekan kondisi ketebalan kornea sebelum memulai tindakan lasik. Prosedur ini dipilih agar penggunaan laser yang digunakan saat operasi dapat lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi mata pasien.

Sejauh ini, sudah ada beberapa YouTuber asal Indonesia yang melakukan operasi lasik di klinik mata tersebut. Sebut saja Anasiha Putri yang merupakan istri dari YouTuber Tanboy Kun, mantan pembalap dan jurnalis otomotif Fitra Eri, serta reviewer kuliner kanal Ken and Grat Gratiana. Rata-rata, para YouTuber ini melakukan operasi lasik karena merasa kehadiran kacamata menjadi salah satu penghambat dalam proses kerja mereka selama ini. (mcl)

Baca Juga:

Mengenal Ablasi Retina, Kondisi yang Dialami Shownu Monsta X

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan