Mengenal Ablasi Retina, Kondisi yang Dialami Shownu Monsta X Shownu Monsta X mengalami ablasi retina. (allkpop.com)

LEADER Monsta X, Shownu, tengah mengalami ablasi retina. Kondisi itu diketahui saat ia akan lasik untuk kedua kalinya. Dalam pemeriksaan, dokter menemukan adanya ablasi retina pada mata kiri Shownu.

Apa itu ablasi retina?

BACA JUGA:

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Hemofilia

Ablasi retina atau retinal detachment adalah kondisi lepasnya lapisan retina dari penopang atau posisi aslinya. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Seperti halnya Shownu, penderita tidak akan merasakan kondisi karena tidak ada rasa sakit sama sekali. Meskipun demikian, ada beberapa gejala yang menandakan lepasnya lapisan retina.

eye
Ablasi mata kerap tak disadari. (foto: pixabay)


Dilansir Alodokter, ablasi retina menimbulkan gejala seperti adanya bercak hitam yang melayang-layang (floaters) di penglihatan, pandangan menjadi kabur atau tertutup bayangan, dan adanya kilatan cahaya pada pandagan. Selain itu, Klinikmatanusantara menyebut ablasi retina juga membuat mata terasa berat dan menurunkan ketajaman penglihatan.

Retinal detachment bisa berbahaya kalau tidak segera dioperasi loh. Orang-orang sering kali tidak menyadari sebenarnya lapisan retina mereka terlepas. Namun, tidak semuanya harus melewati operasi yang serius. Beberapa cara dapat dilakukan jika retinanya belum terlepas sepenuhnya, seperti kriopeksi dan terapi laser (fotokoagolasi). Tindakan berbeda dilakukan bagi nyang retinanya yang sudah lepas, mereka harus menjalani pembedahan melalui operasi, seperti pneumatic retinopexy, scleral buckling, vitrektomi, dan cryoteraphy.

Untungnya dalam kasus Shownu, agensi dan dokter cepat mengetahui kondisi itu. Saat mengetahui dokter mengatahui adanya ablasi retina, Monsta X langsung menjalani operasi hari yang sama.

shownu
Shownu sebelumnya pernah mengalami dislokasi bahu pada acara 'Real Men 300' (Soompi.com)


Dokter tak mengetahui penyebab kondisi itu. Namun, menurut Klinikmatanusantara, ablasi retina bisa disebabkan berbagai hal, yakni faktor usia, luka pada mata, peradangan, komplikasi setelah operasi mata, katarak, dan rabun jauh yang parah. Bisa juga karena anggota keluarga yang memiliki riwayat sakit yang sama atau keturunan.

Starship Entertainment, agensi yang menanungi Monsta X, akan memberikan informasi lebih lanjut. Untuk saat ini Shownu akan istirahat dari segala aktivitas dan akan mengikuti apa yang menjadi pilihan sang spesialis mata.

Ini bukan kali pertama Shownu membuat fan kaget. Idola K-Pop yang dijuluki 'Papa Bear' ini sebelumnya dia pernah mengalami disklokasi bahu pada acara 'Real Men 300'. Ketika itu, ia berlatih melempar granat.(may)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH