Pengidap Diabetes, Kenali Tips Penting Ini Agar Lancar Berpuasa Yuk kenali tips berpuasa bagi para penderita diabetes (Foto: pixabay/isucc)

BERPUASA di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat Islam. Tapi, bagi penderita diabetes, berpuasa bisa menimbulkan komplikasi berbahaya bila tak mendapatkan penaganan yang tepat.

Ketika menjalani puasa, penderita diabetes sendiri lebih berisiko untuk mengalamani kenaikan atau kekurangan kadar gula darah.

Baca Juga:

Ketahui! Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kondisi tersebut tentu bisa membuat pasien diabetes rentan terkena komplikasi seperti hipoglikemia, hiperglikemia, ketoasidosis diabetik serta dehidrasi.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa tips berpuasa bagi para pengidap diabetes, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Pertama-tama konsultasikan pada dokter (Foto: pixabay/mcmurryjulie)

Tips yang pertama yakni konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena dokter bisa memeriksa kondisi tubuh dan kadar gula darah, sekaligus memberikan saran untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Kedua hindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti nasi atau roti tawar. Karena makanan itu bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga bisa meningkatkan risiko hiperglikemia atau peningkatan kadar gula darah.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, tak dianjurkan mengonsumsi makanan berlemak saat berbuka

Tips ketiga yaitu mengurangi aktivitas fisik. Karena melakukan aktivitas fisik secara berlebihan atau kelelahan selama berpuasa, bisa menyebabkan hipoglikemia (Kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal).

Baca Juga:

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial

Tips yang keempat yakni penuhi asupan cairan. Karena pengidap diabetes akan lebih mudah mengalami dehidrasi, karena kadar gula terlalu tinggi dalam darah membuat tubuh kekurangan cairan.

Ketika berpuasa, otomatis tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, sehingga akan memperburuk kondisi tersebut. Karena itu, mencukup asupan cairan ketika berbuka dan sahur bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa.

Namun hindari konsumsi minuman yang terlalu manis serta berkafein. Karena kedua jenis minuman itu berisiko menimbulkan dehidrasi.

Jaga asupan cairan guna menghindari dehidrasi (Foto: pixabay/rawpixel)

Tips kelima ialah waspadai gejala gula darah rendah. Jika kamu merasakan bberapa gejala seperti berkeringat dingin, gemetar dan pusing, maka segera hentikan puasa.

Gejala-gejala itu dapat menjadi pertanda jika tubuh tengah mengalami hipoglikemia. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi makanan serta minuman yang manis yang dapat meningkatkan kadar gula darah, seperti permen, teh manis atau jus buah.

Selain itu, penderita diabetes perlu tetap memonitor kadar gula darah serta menyesuaikan dosis obat diabetes yang kamu gunakan saat menjalani ibadah puasa. (Ryn)

Baca Juga:

Ingin Tetap Sehat Saat #DiRumahAja? Ini Tipsnya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH