Ingin Tetap Sehat Saat #DiRumahAja? Ini Tipsnya Yuk intip tips agar tubuh tetap sehat selama menjalani WFH (Foto: pixabay/free-photos)

UNTUK mengurangi penyebaran Virus corona, banyak perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Mungkin terdengar menyenangkan bagi beberapa karyawan, tapi bekerja dari rumah bisa jadi perkara yang sulit serta membuat kamu lupa menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga:

Bantu Para Tenaga Medis, Apple Akan Desain dan Produksi Jutaan APD

Jangan jadikan WFH alasan untuk kamu menghabiskan sisa waktu usai bekerja hanya dengan tiduran atau mengonsumsi camilan seraya menonton televisi. Karena selain bisa menurunkan produktivitas, kebiasaan itu dapat memengaruhi kesehatanmu.

Karena itu, alangkah baiknya jika kamu bisa tetap disiplin menerapkan pola hidup sehat. Terlebih lagi jika terjadinya pandemi virus corona seperti saat ini.

Baca Juga:

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial

Seperti yang dilansir dari laman Alodokter, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan selama WFH, agar tubuhmu tetap sehat. Pertama yakni tetap bangun pagi dan jangan lewatkan sarapan.

Jangan lupa untuk tetap bangun pagi (Foto: pixabay/free-photos)

Kamu memang bisa bangun lebih siang dari biasanya saat WFH. Tapi, penting untuk membiasakan diri tetap bangun pagi. Hal itu agar pola tidur kamu tetap teratur dan kesehatan pun lebih terjaga.

Cara kedua yakni berjemur di pagi hari. Selain bangun pagi dan sarapan, disarankan juga untuk berjemur di pagi hari. Kebiasaan ini tak hanya bisa meningkatkan kesehatan tulang, tapi juga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Tentu akan memberikan pengaruh positif pada kinerjamu selama WFH.

Ketiga yakni duduklah dengan posisi yang benar. Meski saat WFH posisi bekerja kamu lebih bebas, tapi sebaiknya kamu tetap bekerja dengan posisi duduk layaknya tengah bekerja di kantor, yakni dengan kursi dan meja.

Kendati awalnya terasa lebih nyaman, bekerja seraya berbaring atau tengkurap terlalu lama, dapat meningkatkan risiko sakit punggung, leher hingga bahu. Karena otot-otot pada bagian itu menjadi kaku.

Selain itu, kamu pun disarankan untuk berdiri dan berjalan atau melakukan peregangan, paling tidak 1 jam sekali. Cara itu berguna untuk mengurangi ketegangan otot-otot yang cukup lama bertahan, pada posisi yang sama.

Cara keempat yakni batasi dan bijak memilih camilan yang dikonsumsi. Selain mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, daging, ikan, susu dan kacang-kacangan, kamu juga perlu memperhatikan camilan yang kamu konsumsi.

Karena, saat WFH, godaan untuk mengonsumsi camilan yang gurih dan manis, memang cendrung lebih besar. Tapi sebaiknya kamu tetap membatasi konsumsi camilan, khususnya yang tinggi kalori serta gula. Hal itu agar berat badan kamu tetap terkontrol.

Memakan camilan seperti keripik kentang, cokelat atau snack ringan, mungkin bisa membuatmu lebih bersemangat untuk sesaat. Tapi, penelitian membuktikan, camilan justru bisa membuatmu mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Hal itu tentunya bisa membuat kegiatan WFH kamu terhambat.

Jangan lupa untuk tetap lakukan olahraga dirumah (Foto: pixabay/keifit)

Apabila kamu merasa lapar di tengah bekerja, pilihlah camilan sehat, seperti buah, kacang-kacangan, yoghurt atau produk olahan susu rendah lemak. Karena selain mengatasi rasa lapar, camilan itu pun bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuhmu.

Cara kelima yakni lakukanlah olahraga rutin. Agar tubuh dan pikiranmu tetap sehat selama WFH, kamu harus tetap luangkan waktu untuk berolahraga. Dalam hal ini ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, dari mulai yoga, push up, senam aerobik, lompat tali, hingga zumba.

Nah itu dia beberapa tips menjaga tubuh tetap sehat selama WFH. Jadi, meskipun WFH kamu harus tetap disiplin, fokus, produktif dan juga sehat ya, semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca Juga:

Virus Corona Bisa Dideteksi Lewat Suara dengan Aplikasi Ini?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Makan Malam Bikin Gendut Cuma Mitos?
Fun
Makan Malam Bikin Gendut Cuma Mitos?

Makan pukul berapapun tidak masalah, asalkan kamu memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Momen Genting Ketika Fanclub K-Pop Memboikot Kelompok Mereka Sendiri
Fun
Momen Genting Ketika Fanclub K-Pop Memboikot Kelompok Mereka Sendiri

Fanclub K-Pop mengganas ketika memboikot kelompoknya.

UNDP Gelar Kompetisi Foto Perempuan dan Energi Bersih
Fun
UNDP Gelar Kompetisi Foto Perempuan dan Energi Bersih

Kompetisi ini digelar untuk menyambut hari lingkungan hidup sedunia.

Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali
Travel
Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali

Produsen Bir Bintang ikut peduli keamanan wisata di Bali.

Hati-Hati, 3 Zodiak ini Paling Gampang Meledak
Fun
Hati-Hati, 3 Zodiak ini Paling Gampang Meledak

Ahli astrologi mengungkapkan zodiak 3 paling mudah marah.

Jabar International Marathon Digelar Virtual, Persyaratannya Lunas Pajak Kendaraan
Fun
Jabar International Marathon Digelar Virtual, Persyaratannya Lunas Pajak Kendaraan

Kategori yang dilombakan kali ini hanya untuk jarak 5 kilometer

Vanessa Bryant Tegur Nike karena Sneakers
ShowBiz
Vanessa Bryant Tegur Nike karena Sneakers

Nike memproduksi desain sneakers sentimental miliknya tanpa persetujuan.

Pandemi COVID-19 Mengubah Layanan Perawatan Mobil Serba dari Rumah
Fun
Pandemi COVID-19 Mengubah Layanan Perawatan Mobil Serba dari Rumah

Sejumlah pelaku industri otomotif khususnya mobil, melakukan berbagai perubahan agar bisnis tetap berjalan

Pilih Jenis Meditasi yang Pas Untukmu
Hiburan & Gaya Hidup
Pilih Jenis Meditasi yang Pas Untukmu

Bukan tentang sebuah keyakinan tertentu.

Lebih Suka Sendiri, 4 Zodiak ini Terkenal Malas Bergaul dengan Orang Lain
Fun