Kesehatan
Penelitian: Pilek Memberikan Perlindungan Terhadap COVID-19 Sepertiga dari orang yang tidak tertular ternyata memiliki tingkat sel T memori spesifik yang tinggi. (Foto: unsplash.com/Zahra Wijayanti)

PERTAHANAN alami terhadap pilek atau flu menawarkan perlindungan terhadap COVID-19, demikian menurut penelitian. Dimuat di BBC, studi skala kecil, yang diterbitkan di Nature Communications, melibatkan 52 orang yang tinggal dengan seseorang yang baru saja tertular COVID-19.

Mereka yang telah mengembangkan "bank memori" sel kekebalan spesifik setelah pilek, untuk membantu mencegah serangan di masa depan, tampaknya lebih kecil kemungkinannya untuk terkena COVID-19. Namun, para ahli mengatakan pertahanan ini tidak dapat berdiri sendirian, vaksin tetap menjadi kuncinya.

Baca Juga:

Gejala Sakit Kepala dan Pilek pada Varian Delta

Mereka pun tetap percaya temuan ini dapat memberikan wawasan yang berguna tentang bagaimana sistem pertahanan tubuh melawan virus.

COVID-19 disebabkan oleh sejenis virus corona, dan beberapa pilek disebabkan oleh virus corona jenis lain, jadi para ilmuwan bertanya-tanya apakah kekebalan terhadap yang satu dapat membantu yang lain.

Para ahli memperingatkan akan menjadi "kesalahan besar" untuk berpikir bahwa siapa pun yang baru-baru ini menderita flu secara otomatis terlindungi dari COVID-19.

Temuan ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana sistem pertahanan tubuh melawan virus. (Foto: unsplash.com/Ani Kolleshi)

Pendekatan baru

Penelitian oleh tim Imperial College London, Inggris ini ingin memahami lebih baik mengapa beberapa orang tertular COVID-19 setelah terpapar virus dan yang lainnya tidak. Mereka memfokuskan studi mereka pada bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, sel-T.

Beberapa sel T ini membunuh sel yang terinfeksi oleh ancaman tertentu, misalnya, virus flu. Dan, begitu pilek hilang, beberapa sel T tetap berada di dalam tubuh sebagai bank memori, siap untuk memasang pertahanan saat mereka menghadapi virus berikutnya.

Pada September 2020, para peneliti mempelajari 52 orang yang belum divaksinasi tetapi tinggal bersama orang-orang yang baru saja dinyatakan positif COVID-19. Separuh dari kelompok tersebut kemudian mendapatkan COVID-19 selama masa studi 28 hari dan separuhnya tidak.

Baca Juga:

Selain Virus Corona, Cuci Tangan Melindungimu Dari Batuk dan Pilek

Sepertiga dari orang yang tidak tertular COVID-19 ternyata memiliki tingkat sel T memori spesifik yang tinggi dalam darah mereka. Sel ini kemungkinan telah dibuat ketika tubuh telah terinfeksi dengan coronavirus manusia lain yang terkait erat. Kata mereka, paling sering yaitu pilek atau flu biasa.

Variabel lain

Para peneliti juga menerima variabel lain, seperti ventilasi dan seberapa menular kontak rumah mereka akan menentukan apakah orang tertular virus juga.

Dr Simon Clarke, di University of Reading, Inggris mengatakan meskipun ini adalah penelitian yang relatif kecil, hasilnya menambah pemahaman tentang bagaimana sistem kekebalan tubuh melawan virus dan dapat membantu vaksin di masa depan.

Kesalahan besar untuk berpikir jika baru menderita flu secara otomatis terlindungi dari COVID-19. (Foto: unsplash.com/Mufid Majnun)

Dia menambahkan, "Data ini tidak boleh diinterpretasikan secara berlebihan. Tampaknya tidak mungkin setiap orang yang telah meninggal atau memiliki infeksi yang lebih serius, tidak pernah mengalami pilek yang disebabkan oleh virus corona."

"Dan bisa menjadi kesalahan besar untuk berpikir bahwa siapa pun yang baru-baru ini menderita pilek terlindungi dari COVID-19, karena virus corona hanya menyumbang 10-15 persen dari pilek," dia mengingatkan.

Profesor Ajit Lalvani, penulis senior studi tersebut, setuju bahwa vaksin adalah kunci untuk perlindungan. "Belajar dari apa yang dilakukan tubuh dengan benar dapat membantu menginformasikan desain vaksin baru."

Vaksin saat ini secara khusus menargetkan protein lonjakan yang berada di bagian luar virus, tetapi protein lonjakan tersebut dapat berubah dengan varian baru.

Tetapi sel-T tubuh menargetkan protein virus internal, yang tidak banyak berubah dari varian ke varian, yang berarti vaksin yang memanfaatkan kerja sel-T lebih dekat dapat memberikan perlindungan yang lebih luas dan tahan lama terhadap COVID-19. (aru)

Baca Juga:

5 Benda yang Rawan Menularkan Virus Corona, Segera Cuci Tangan!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Moncer Jinakkan Hamster
Fun
Tips Moncer Jinakkan Hamster

Hamster perlu waktu untuk terbiasa dengan semua pemandangan, suara, dan aroma baru.

Bintang Kelompok Musik 'The Judds' Naomi Judd Tutup Usia
ShowBiz
Bintang Kelompok Musik 'The Judds' Naomi Judd Tutup Usia

Meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Rich Brian dan NIKI Tampil di Coachella 2022
ShowBiz
Rich Brian dan NIKI Tampil di Coachella 2022

CDigelar pada 15 sampai 24 April 2022.

Tas Cantik Yoon Hye-jin di ‘Hometown Cha-Cha-Cha’
ShowBiz
Tas Cantik Yoon Hye-jin di ‘Hometown Cha-Cha-Cha’

Ia tampak selalu membawa tas yang berbeda-beda.

Merawat Anggota Keluarga Pengidap Kanker, Jangan Lewatkan Hal Ini
Fun
Merawat Anggota Keluarga Pengidap Kanker, Jangan Lewatkan Hal Ini

Merawat anggota keluarga penyintas kanker juga harus perhatikan diri sendiri.

Periklindo Electric Vehicle Show Bakal Digelar Akhir Juli 2022
Fun
Periklindo Electric Vehicle Show Bakal Digelar Akhir Juli 2022

Periklindo Electric Vehicle Show akan memamerkan beragaam kendaraan listrik.

Mandi Malam Sebelum Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?
Fun
Mandi Malam Sebelum Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Mandi malam dengan air hangat tidak sebabkan rematik.

Perawatan Tepat Bantu Anggrek Berkembang
Hiburan & Gaya Hidup
Perawatan Tepat Bantu Anggrek Berkembang

Anggrek indah, menawan, dan terasa istimewa.

Apple Music Hadir di PlayStation 5
Fun
Apple Music Hadir di PlayStation 5

Apple Music memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik sambil bermain game.

Masuk Daftar Perempuan Tercantik 2021, Lyodra Lampaui 3 Member Blackpink
ShowBiz
Masuk Daftar Perempuan Tercantik 2021, Lyodra Lampaui 3 Member Blackpink

Lyodra menempati peringkat kedelapan dalam daftar perempuan tercantik 2021 TC Candler.