hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Selain Virus Corona, Cuci Tangan Melindungimu Dari Batuk dan Pilek Pilek akibat penularan virus (Foto: Pixabay/Sweetlouise)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

MENINGKATNYA penderita pilek menjadi kekahawatiran masyarakat Indonesia saat ini. Soalnya penyakit tersebut merupakan gejala virus Corona yang tengah mewabah. Untuk menghindari hal tersebut caranya mudah. Ya, sama seperti untuk menghindari virus Corona, rajinlah cuci tangan!

Beberapa virus dan makhluk kecil yang menyebabkan pilek, dapat hidup di permukaan selama berjam-jam. Mencuci tangan secara teratur adalah strategi terbaik kamu agar virus tersebut tidak masuk ke dalam tubuh kamu. Jika tangan kamu bersih, kamu tidak berpotensi menyebarkan virus penyebab batuk dan pilek itu.

Baca juga:

5 Benda yang Rawan Menularkan Virus Corona, Segera Cuci Tangan!

Melansir Web MD, ada beberapa bukti dibalik ini. Sebuah program bernama Operation Stop Cough dimulai di pusat komando pelatihan rekrutmen militer di Illinois, Amerika Serikat. Sebagai bagian dari program, para partisipan diminta untuk mencuci tangan setidaknya lima kali sehari. Setelah dua tahun, tim partisipan yang cuci tangan melaporkan 45% lebih sedikit kasus penyakit pernafasan, dibandingkan dengan tingkat penyakit di antara anggota baru sebelum program dimulai.

Rajin Cuci Tanganmu (Foto: Pixabay/Ixabalk)

Menjaga tangan tetap bersih melalui kebersihan tangan yang lebih baik adalah salah satu langkah paling penting yang bisa kita ambil untuk menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain. Centre fof Deasease Control (CDC) menyebutkan, jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk membersihkan tangan.

Salah satu praktik terakhir yang membantu mencegah penyebaran penyakit pernapasan adalah menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Jika kamu sakit, kamu harus mencoba menjauhkan diri dari orang lain sehingga Anda tidak menyebarkan kuman. Jarak jauh termasuk tinggal di rumah dari tempat kerja atau sekolah bila memungkinkan.

Baca juga:

Bukan Cuma COVID-19, Menyentuh Wajah Memang Sebabkan Banyak Penyakit

Jangan lupa pakai sabun (Foto: Pexels/Burst)

Menurut Cleveland Clinic, hanya ada beberapa langkah sederhana yang perlu diambil untuk membersihkan tangan secara menyeluruh dan mencegah penyebaran penyakit. Langkah-langkahnya adalah:

1. Basahi tangan kamu dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin).
2. Angkat tangan kamu dengan sabun. Gosok tangan kamu bersama selama setidaknya 20 detik. Jangan lupa untuk mencuci pergelangan tanganmu, bagian belakang tangan, di antara jari-jari dan di bawah kuku mu.
3. Bilas tangan mu dengan air mengalir.
4. Matikan air dengan sikutmu.
5. Keringkan tanganmu dengan handuk bersih atau keringkan dengan tangan.
6. Jika kamu menggunakan handuk untuk mengeringkan tangan, gunakan handuk yang sama untuk membuka pintu kamar mandi agar meninggalkan ruangan.

Yuk rajin cuci tangan sobat Merah Putih! (nic)

Baca Juga:

Daftar Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Lebih Baik


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5