5 Benda yang Rawan Menularkan Virus Corona, Segera Cuci Tangan! Waspada terhadap benda-benda yang berpotensi menularkan Covid-19 (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

BANYAK yang mengatakan virus Corona bisa menular dari benda mati. Tetapi sebagian lagi beranggapan bahwa cairan dari mulut dan hidung bisa berisiko menyebarkan virus ke orang lain.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar kamu lebih berhati-hati dengan beberapa benda yang berisiko bisa menularkan virus Corona atau COVID-19.

Baca juga:

Mpon-Mpon, Olahan Rempah Khas Indonesia Bisa Tangkal Virus Corona?

Nah, apa saja sih benda-benda yang bisa berpotensi menularkan COVID-19?

1. Uang kertas

Uang Kertas media yang baik bagi virus bertahan hidup (Foto: Pexels/Burst)

Menurut WHO, uang bisa menjadi perantara virus Corona. Selain itu, uang kertas merupakan media yang baik bagi virus untuk bertahan hidup.

2. Kartu transaksi keuangan

Hati-hati bertransaksi menggunakan kartu di saat seperti ini (Foto: Pexels/energepic.com)

Perkembanga teknologi membuat hampir semua transaksi keuangan dapat dilakukan menggunakan kartu. Misal, untuk transaksi di ATM, e-money, dan kartu untuk naik transportasi umum. Mesin yang dipakai banyak orang untuk memproses kartu, bisa memungkinkan virus menempel di kartu yang kamu pakai.

3. Pegangan tangga dan eskalator

Rajinlah mencuci tangan setelah memegang pegangan eskalator (Foto: pexels/Phil Male)

Pegangan tangga di tempat umum tentu banyak dipakai orang dan pasti banyak sidik jari yang menempel. Kita tidak pernah apakah tangan setiap orang yang memegang pegangan tersebut bersih atau tidak. Besar kemungkinan terdapat virus di tangan mereka.

Baca juga:

Masker N95 vs Surgical Mask, Mana Lebih Efektif Cegah Penularan Virus Corona?

4. Gawai

Gawai benda yang paling kotor, rajinlah untuk membersihkan dengan tisu basah (Foto: pexels/picjumbo.com)

Selain menjadi kebutuhan, rupanya gawai termasuk salah satu benda paling kotor di dunia. Sebuah riset mengungkapkan gawai bisa 10 kali lebih kotor dibandingkan kloset.

Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan gawai dengan cairan disinfektan atau tisu basah yang beralkohol. Sebaiknya, jangan meminjamkan gadget di masa genting seperti sekarang.

5. Benda di rumah sakit

Rumah sakit rawan terjadinya penularan virus karena tempat berkumpulnya penyakit (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Rumah sakit tempat berkumpulnya orang sakit, kuman, bakteri dan virus. Makanya, disetiap lorong rumah sakit terdapat cairan disinfektan untuk mencegah penularan penyakit pada pengunjung.

Yuk mulai rajin cuci tangan sahabat Merah Putih. Apalagi setelah memegang benda-benda yang berpotensi menularkan virus Corona. Jaga kebersihan tangan dan jangan panik ya! (bfm)

Baca juga:

Cara Efektif untuk Mencegah dan Terhindar dari Virus Corona



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH