hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Penelitian Baru: Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Seafood di Wuhan Pasar Seafood Huanan dikatakan bukan sumber virus corona (Foto: Pixabay/freakwave)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

TERHITUNG kasus virus corona hingga saat ini berjumlah lebih dari 79.731, dan telah merenggut nyawa sedikitnya 2627 korban. Hal tersebut membuat para ilmuwan berlomba untuk belajar tentang sumber penyakit mematikan itu.

Dilansir dari laman express, sebuah studi baru oleh tim ilmuwan Tiongkok menunjukkan virus corona sebenarnya bukan berasal dari pasar seafood di kota Wuhan seperti yang dilaporkan secara luas.

Baca juga:

Cegah Virus Corona, Tiongkok Lakukan Cuci Uang

Para peneliti dari Xishuangbanna Tropical Botanical Garden di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok dan Institut Penelitian Otak Tiongkok telah melaporkan studi barunya.

Penelitian Baru: Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Seafood di Wuhan
Ilustrasi pengambilan sampel (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Tim yang dipimpin oleh Dr Yu Wenbin menganalisis data genomik dari 93 sampel severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang disediakan oleh 12 negara dalam upaya untuk berburu sumber infeksi dan memahami bagaimana itu menyebar.

Baca juga:

Viral! Hindari Virus Corona, Perempuan Ini Gunakan Kostum Jerapah Ke Rumah Sakit

Mereka menemukan virus telah menyebar dengan cepat di Pasar Seafood Huanan di Wuhan, dan menyebar dalam dua ekspansi populasi besar pada 8 Desember 2019 dan 6 Januari 2020. Sedangkan, untuk penularan antarmanusia terjadi di akhir November atau awal Desember 2019.

Menurut penelitian yang diterbitkan di situs institut penyelenggara akhir pekan lalu, analisis menunjukkan virus corona sebenarnya diperkenalkan dari luar pasar.

Penelitian Baru: Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Seafood di Wuhan
Pasar Seafood Huanan di Wuhan ditutup (Foto: Instagram/@radar24rd)

Studi sebelumnya oleh otoritas kesehatan Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim pasien pertama yang diketahui menunjukkan gejalanya yaitu pada 8 Desember.

Mereka juga melaporkan sebagian besar kasus berikutnya memiliki kaitan dengan pasar seafood Huanan yang ditutup pada 1 Januari 2020.

Studi untuk mengetahui apakah benar pasar seafood Huanan di Wuhan menjadi satu-satunya tempat awal kelahiran virus corona dianggap sangat penting untuk menemukan sumber aslinya. Tim peneliti juga perlu menentukan inang perantara agar dapat mengendalikan epidemi dan mencegah penyebarannya lagi. (Arb)

Baca juga:

Peneilitan Terbaru: Virus Corona Dapat Menyebar Cepat Melalui Tinja


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5