Wisata Dunia
Pencinta Alam Wajib Menjajal 7 Jalur Terpanjang di Dunia Ini Jalur terpanjang di dunia. (Foto: Unsplash/Lucas Gao)

JIKA kamu pencinta alam sejati, harus banget menjajal jalur terpanjang di dunia ini. Di dunia ini terdapat jalur-jalur panjang yang dipenuhi pemandangan alam. Mungkin jalur-jalur ini akan menjadi tujuan melancongmu saat pandemi selesai.

Jalur ini banyak digunakan untuk pejalan kaki, pengendara sepeda, dan penunggang kuda. Namun, kamu butuh persiapan yang matang untuk menelusuri seluruh jalur di jalan terpanjang di dunia ini. Tinggal pilih, mau bermodalkan kaki atau menggunakan moda transportasi.

Baca juga:

Ngeri Tapi Seru, 5 Jalur Pendakian Paling Ekstrem di Dunia

Dimuat di mentalfloss.com, tujuh jalur terpanjang di dunia tersebut antara lain:

1. The Great Trail (24.000 Kilometer)

The Great Trail di Kanada menghubungkan ratusan jalur lokal yang terbentang pada kota. Rute yang pertama kali diketahui pada 1992 ini berkelok-kelok melalui 13 provinsi dan wilayah, dari St. John's di Newfoundland sampai ke Vancouver, British Columbia, dengan lingkaran utara termasuk Yukon.

Jalur multi guna secara resmi dibuka pada 2017 dan telah dipuji karena tujuannya untuk menghubungkan masyarakat dan menggabungkan jalur kereta api yang tidak digunakan dengan mengubahnya menjadi jalur biasa.

2. The American Discovery Trail (10.944 Kilometer)

American Discovery Trail adalah jalur pantai ke pantai tidak bermotor pertama dan terpanjang di AS. Kamu akan melintasi wilayah Delaware, Maryland, Virginia Barat, Ohio, Indiana, Illinois, Kentucky, Iowa, Missouri, Nebraska, Kansas, Colorado, Utah, dan Nevada sebelum mencapai California. Jalur ini dibuka secara seremonial pada 2000.

3. The Grand Italian Trail (7.170 Kilometer)

Jika kamu menyukai pendakian jarak jauh, ini adalah tempat yang tepat untuk kamu. Grand Italian Trail, atau Sentiero Italia, memiliki blog makanan pendamping yang menawarkan tarif lokal untuk daerah yang akan kamu lewati. Dijamin, kamu akan puas menelusuri jalan ini sambil menikmati cita rasa terbaik dan hidangan alami yang tersedia di sepanjang jalan.

Jalur ini sebagian besar bergunung dan berkelok-kelok melalui Alpine Arc dan seluruh Apennine Chain sebelum sampai di Sicily dan berakhir di Sardinia.

4. The Great Himalayan Trail (4.585 Kilometer)

Jika trek Nepal yang berat tidak cukup menantang, Great Himalayan Trail mungkin cocok untuk kamu. Rute yang diusulkan membentang sepanjang pegunungan Himalaya, melampaui Pakistan, India, Nepal, Bhutan, dan Tibet. Medan yang keras dan ketinggian yang sangat tinggi akan kamu temukan di sepanjang jalan.

Baca juga:

Ngeri! Inilah 4 Jalanan Paling Ekstrim yang Pernah Dibangun

Titik tertinggi perjalanan di Sherpani Col Pass di Nepal mencapai ketinggian 6.160 meter di atas permukaan laut. Jika "rute ekstrem" ini terdengar terlalu berbahaya, ada juga alternatif jalur bawah yang dikenal sebagai "rute budaya". Kamu akan melintasi perbukitan dan desa-desa kelas menengah di rute ini.

5. Hokkaido Nature Trail (4.585 Kilometer)

Jalur alam terpanjang di Jepang ini akan membawa kamu ke wilayah Hokkaido, pulau paling utara di kepulauan Jepang. Sebagian besar jalur alam di negara ini ditetapkan oleh pemerintah pada 1970.

Jalur ini menggabungkan jalur Hokkaido menjadi satu lingkaran besar. Jalur di jalanan ini cukup menantang. Sebab, masih banyak jalur yang belum dihubungkan. Kurang lebih untuk menyelesaikan perjalanan di Hokkaido Nature Trail memakan waktu 230 hari dengan berjalan kaki.

6. England Coast Path (4.500 Kilometer)

Proyek ambisius ini telah dikerjakan sejak 2014. Jalur England Coast Path akan mengikuti semua garis pantai Inggris dan menjadi jalur pantai terpanjang di dunia. Rute yang terinspirasi dari keberhasilan Wales Coast Path ini melintasi bentangan tebing, tegalan, pantai, pelabuhan, rawa, dan lahan pertanian. Tadinya jalur ini akan dibuka pada 2020, tetapi ditunda karena pandemi.

7. Te Araroa (3.000 Kilometer)

Te Araroa (Jalan Panjang) adalah jalur yang indah tapi menantang. Jalur di jalanan ini membentang di seluruh Selandia Baru baik di Pulau Utara maupun Pulau Selatan. Te Araroa Trust mempertahankan jalur tersebut, yang secara resmi dibuka pada 3 Desember 2011.

Pendakian melalui Te Araroa memakan waktu sekitar enam bulan. Pelancong dapat tinggal di jaringan gubuk yang dikelola oleh Departemen Konservasi Selandia Baru. Caranya dengan menyewa gubuk setiap malam atau mengajukan permohonan izin masuk enam bulan. Pemegang rekor untuk menyelesaikan jalur ini ialah pelari maraton Inggris Jez Bragg. Ia menempuh seluruh jalur di Te Araroa dalam 53 hari pada 2013. (tel)

Baca juga:

7 Olahraga Ekstrem yang Layak untuk Dicoba Sebelum Mati, Berani Coba?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Facebook Gunakan AI untuk Prediksi Penyebaran Virus Corona
Hiburan & Gaya Hidup
Suzuki Jimny Direcall, Ada Apa?
Fun
Suzuki Jimny Direcall, Ada Apa?

Belum lama ini ada sebuah kabar yang cukup mengejutkan. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Jum'at kemarin (17/09) mengumumkan recall atau penarikan kembali Jimny di Indonesia.

Strategi Jitu Dimas Beck Dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner
ShowBiz
Strategi Jitu Dimas Beck Dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner

Dimas Beck memantapkan langkahnya untuk mengembangkan bisnis kuliner.

3 Fakta Tentang Sultan Baabullah, Calon Penerima Gelar Pahlawan Nasional
Fun
3 Fakta Tentang Sultan Baabullah, Calon Penerima Gelar Pahlawan Nasional

Yuk pelajari sejarah untuk menghargai perjuangan pahlawan

MSI Rilis Laptop untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja
Fun
MSI Rilis Laptop untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Kedua laptop terbarunya menang sebagai Best of CES 2021.

Satelit Baru NASA untuk Lacak Kenaikan Air Laut
Fun
Satelit Baru NASA untuk Lacak Kenaikan Air Laut

Satelit ini diharapkan dapat membantu NASA meneliti tentang laut.

‘Ngopi Dulu Lah’ Bareng Vokalis Shaggydog
ShowBiz
‘Ngopi Dulu Lah’ Bareng Vokalis Shaggydog

Lagu ini ditulisnya untuk mengisi hari-hari di rumah, saat pemerintah Indonesia tengah menerapkan PPKM sejak Juli 2021.

Nyemil ala Sultan dengan Kue Bulan Brand Mewah Ini
Fun
Nyemil ala Sultan dengan Kue Bulan Brand Mewah Ini

Sejumlah merek ternama di dunia turut meramaikan Mooncake Festival 2020.

Rayakan French Fries Day dengan Sajian Kentang dari Berbagai Negara
Fun
Rayakan French Fries Day dengan Sajian Kentang dari Berbagai Negara

Berbagai sajian french fries dari berbagai belahan dunia.

Tegang di Leher dan Pundak saat Stres? Lakukan Gerakan ini
Fun
Tegang di Leher dan Pundak saat Stres? Lakukan Gerakan ini

Bisa juga membantu membuatmu lebih rileks