PB XIII Serahkan Master Plan Revitalisasi Keraton Surakarta

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 08 Februari 2023
PB XIII Serahkan Master Plan Revitalisasi Keraton Surakarta
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menunjukan master plan bangunan Keraton Surakarta untuk didahulukan direvitalisasi Pemkot Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sinuhun PB XIII melalui putra mahkota GRM Suryo Aryo Mustiko atau KGPH Purbaya menyerahkan master plan bangunan untuk didahulukan direvitalisasi Pemkot Solo, Jawa Tengah.

Penyerahan master plan bangunan Keraton Surakarta diterima langsung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Usai pertemuan, KGPH Purbaya langsung meninggalkan balai Kota.

Baca Juga:

Gibran Pastikan Revitalisasi Keraton Surakarta Pakai Dana APBN Kementerian PUPR

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan PB XIII meminta pada Pemkot Solo agar bangunan Keraton Surakarta yang rusak tertera pada gambar ini untuk diutamakan direvitalisasi. Ia pun menerima permintaan tersebut dan akan dikomunikasikan pada Kementerian PUPR.

"Beliau (PB XIII) mengajukan permintaan khusus agar bangunan yang ada di gambar ini bisa diutamakan untuk direvitalisasi. Ini perintah raja langsung," ujar Gibran di Balai Kota, Rabu (7/2).

Gibran memastikan revitalisasi Keraton Surakarta dilakukan secara bertahap. Untuk anggaran tahun ini sudah ada dari Kemen PUPR.

"Besaran anggaran tidak perlu saya sebutkan. Yang penting revitalisasi bisa segera dikerjakan," katanya.

Baca Juga:

Gibran Kaji Ulang Master Plan Revitalisasi Keraton Surakarta

Dia mengatakan dari pihak keluarga Keraton Surakarta juga sedang menyelesaikan pembentukan yayasan serta dinotariskan. Dengan hal itu saat revitalisasi selesai akan diserahterimakan pada mereka.

"Dari Pemkot Solo juga ada tim kecil yang didalamnya ada dari Kemen PUPR, Keraton Surakarta serta saya mewakili Pemkot Solo," katanya.

Dia menegaskan dalam revitalisasi Keraton Surakarta akan mengembalikan bangunan seperti semula. Pihak tim kajian Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya juga dilibatkan.

"Kalau ada keributan internal Keraton Surakarta lagi, saya akan mundur melakukan revitalisasi," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jokowi Minta Gibran Hati-Hati dengan Konflik Internal Keraton Surakarta

#Gibran Rakabuming #Keraton Solo #Revitalisasi Keraton
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan