Gibran Pastikan Revitalisasi Keraton Surakarta Pakai Dana APBN Kementerian PUPR

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 07 Februari 2023
Gibran Pastikan Revitalisasi Keraton Surakarta Pakai Dana APBN Kementerian PUPR
Keraton Kasunanan Surakarta. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sumber dana revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akhirnya menemui titik terang. Pemerintah Kota Solo memastikan revitalisasi tersebut dibiayai dana APBN 2023 Kementerian PUPR.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan kepastian soal revitalisasi Keraton Surakarta dari pusat. Kepastian itu salah satunya soal dana revitalisasi bersumber APBN Kementerian PUPR.

"Revitalisasi ini disetujui pusat setelah keluarga Keraton Surakarta sepakat berdamai," kata Gibran di Rumdin Loji Gandrung, Selasa (7/2).

Baca Juga:

Gibran Kaji Ulang Master Plan Revitalisasi Keraton Surakarta

Dia mengatakan, dalam revitalisasi tersebut, ada dua kajian master plan yang pernah diajukan ke Direktur Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Master plan revitalisasi tersebut merupakan tahun 2017 dan 2008.

"Yang jelas angkanya sudah nyantol (APBN). Sekarang kita kerjakan. Kan simpel banget itu. Nanti serah terima setelah jadi," ucap dia.

Baca Juga:

Jokowi Minta Gibran Hati-Hati dengan Konflik Internal Keraton Surakarta

Gibran memastikan revitalisasi Keraton Surakarta tidak dalam wujud uang. Pemkot Solo akan menyerahkan dalam bentuk jadi bangunan yang telah diperbaiki.

"Besaran anggaran revitalisasi rahasia. Untuk prioritas utama saya ikut perintah Sinuhun PB XIII," katanya.

Dia mengatakan, dari banyaknya kerusakan yang paling utama untuk diperbaiki adalah Sangga Buwana. Revitalisasi dilakukan secara bertahap sama dengan Puro Mangkunegaran. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Revitalisasi Keraton Surakarta Tunggu Dana Swasta

#Gibran Rakabuming #Keraton Solo #Kasunanan Surakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan